133 views | 1 Likes

Bendungan Kamijoro, Wisata Seru Dipinggir Sungai Progo

3 star (from 1 people)
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 19 June 2019, 12:20:37
lizbeth
Sightseeing

Liburan sambil bersantai di pinggir sungai? Main aja ke Jogja!

How to Get There

Kalo ngomongin soal wisata Jogja kayaknya emang ngga pernah ada habisnya ya guys. Tiap hari selalu aja ada wisata baru yang menarik untuk diulik. Beberapa waktu lalu, aku udah mereview Bukit Klangon, wisata hits di kaki Gunung Merapi, nah kali ini aku mau mengulas wisata yang lumayan baru di Jogja dan ga kalah hits yaitu Bendungan Kamijoro di Bantul.

Awalnya kesini karena ajakan temen yang libur lebaran kemaren pada gabut di Jogja, akhirnya aku pun iyain aja ajakan mereka. Mumpung liburan gini, meskipun cuma di Jogja aja tapi banyak banget tempat yang harus dijelajahi. Kayaknya Jogja emang selalu punya tempat wisata baru tiap harinya ya. Hahaha.. Bendungan ini secara administratif berada di Desa Kamijoro, Kecamatan Pajangan, Bantul. Kalo dari pusat kota Jogja, paling jaraknya sekitar 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sebenernya lokasi bendungan ini ada di perbatasan antara Bantul dengan Kulon Progo. Kalian pun bisa mengambil rute dari Kulon Progo menuju ke bendungan ini.

 

What to Do

Bendungan Kamijoro ini sebenernya program irigasi pemerintah untuk mengairi sawah seluas 2370 hektar di Kabupaten Bantul. Mungkin karena masyarakat yang terlalu kreatif dan antusias, dijadikanlah bendungan ini lebih dari sekedar jaringan irigasi. Tempat ini sekarang menjadi destinasi wisatawan dengan fasilitas lengkap. Meskipun dibukan menjadi tempat wisata, pengunjung masih belum dikenakan harga tiket khusus alias gratis. Pengunjung yang dateng cuma bayar parkir kendaraan aja. Kalo motor Rp 2.000 sementara mobil Rp 5.000.

bendungan kamijoro sungai progo

Bendungan Kamijoro ini punya pemandangan eksotik yang berupa Sungai Progo. Selain itu, disini juga ada jembatan panjang diatas sungainya yang bernama Jembatan Kamijoro. Jembatan ini bisa jadi spot foto menarik lho guys, instagramable pokoknya. Fasilitas lain yang bisa dinikmati di bendungan ini adalah adanya taman bermain yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang membawa anak-anak. Di taman ini tersedia beragam wahana yang pastinya mampu menghibur anak-anak.

bendungan kamijoro sungai progo

playground di bendungan kamijoro sungai progo

Bendungan yang baru selesai dibangun pada akhir tahun 2018 ini memang cukup menarik banyak wisatawan untuk berkunjung, ngga heran kalo bendungan ini sempat viral beberapa waktu lalu. Pengunjung yang dateng pun ngga hanya dari sekitaran Jogja aja tapi juga dari luar Jogja. Biasanya, warga Jogja menghabiskan waktu di bendungan ini untuk berolahraga, jalan-jalan atau sekedar bersantai menghilangkan penat sambil foto-foto. Emang sih, menurut aku tempat ini cocok banget untuk bersantai bareng temen-temen ataupun keluarga sambil menikmati keindahan alam. Bener-bener bisa melepas penat.

bendungan kamijoro sungai progo

Nah, buat kalian yang ada di Jogja atau lagi mau liburan ke Jogja, ngga ada salahnya untuk mampir sejenak di Bendungan Kamijiro ini. Pemandangannya yang eksotis pastinya mampu memanjakan mata dan melepas penat. Kalian yang masih ragu buat berkunjung kesini, ngga usah ragu lagi lah guys soalnya fasilitasnya juga udah memadai untuk ukuran tempat wisata, ada toilet, playground, area parkir yang luas hingga tempat makan. 

bendungan kamijoro sungai progo
bendungan kamijoro sungai progo

Yuk segera agendakan perjalanan kalian ke Jogja!

Video by RN Channel

Tips and Trick

  • Buat kalian yang dateng dari luar Jogja, menuju kesini mending naik kendaraan pribadi. Kalian bisa sewa mobil atau motor di pusta kota Jogja.
  • Kalo kalian datengnya disiang hari, cuacanya cukup terik, jangan lupa pake sunblock dan pelindung kepala.
  • Biar ngga terlalu panas, mending kalian datengnya pas sore hari menuju senja. 
  • Jangan dateng sendirian, ajak temen-temen, keluarga dan orang terdekat kalian.
  • Kalo bawa anak kecil, tetap awasi terus ya.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (2)