76 views | 3 Likes

Pantai Teleng Ria, Tempatnya Bersantai dan Berburu Ikan Laut!

4 star (from 3 people)
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 19 June 2019, 11:13:05

Main di pantai sambil menyantap seafood memang jadi kegiatan menyenangkan saat berlibur..

How to Get There

Oke lanjut cerita dari review sebelumnya ya. Buat kalian yang pengen baca bisa klik link berikut Indahnya Pantai Klayar, Pantai Pasir Putih dari Barat Pacitan! Setelah main-main dan berfoto ria di Pantai Klayar selanjutnya kami check in di hotel yang lokasinya berada di tengah kota Pacitan. Karena udah waktunya jam makan malam kami sekeluaga keluar berkeliling kota Pacitan dan mencari makan malam. Kebetulan hotel kami deket banget sama Alun-alun Kota Pacitan jadinya kami mampir untuk jalan-jalan santai disana. Selesai jalan-jalan dan mencari makan malam barulah kami balik lagi ke hotel untuk tidur.

What to Do

Paginya setelah menikmati sarapan dari hotel kami lanjut untuk jalan-jalan ke Pantai Teleng Ria. Kami kesana sekitar pukul 08:00 pagi karena rencananya mau mencari ikan laut segar disana. Perjalanan dari hotel hanya sekitar 15 menit saja. Begitu sampai disana seperti biasa kami ditarik karcis untuk membayar, pertama agak shock sih kok harganya mahal banget dipatok 110.000 rupiah. Dan ternyata kita bisa nawar. Aneh banget sih tiket masuk bisa di tawar, kenapa nggak langsung kasih harga aslinya aja yak. Akhirnya kita per orang dikenai 20.000 jadi berempat bayar 80.000, lumayan!

Walaupun masih pagi ternyata udah banyak pengunjung lain yang datang. Sebelumnya aku udah pernah beberapa kali ke Pantai Teleng Ria ini sih jadi udah cukup hafal spot-spotnya. Setelah parkir mobil barulah kami main-main di bibir pantai. Nah beda dari pantai sebelumnya, kalau di Pantai Teleng Ria ini pasirnya bukan pasir putih melainkan pasirnya coklat kehitaman jadi airnya nggak bisa sejernih yang di Pantai Klayar. Tapi meskipun begitu tetep asik sih main-main di pantai begini.


Kalau di Pantai Klayar ombaknya besar banget karena laut lepas, beda dengan Pantai Teleng Ria ini ombaknya sedikit landai karena pantai ini merupakan tanjung. Jadi ombaknya nggak langsung menyapu gitu deh. Ada lagi yang beda dari Pantai Teleng Ria ini. Kalau sebelumnya di Pantai Klayar kita bisa naik atv disini kita bisa sewa dokar untuk mengelilingi pantai. Mirip sama yang di parangtritis gitu. Tapi ati-ati ya kalau main di pinggir pantai jadinya harus was-was lihat kanan kiri, takutnya di seruduk kuda kan nggak lucu yak.


Puas main air dan berfoto saatnya duduk-duduk dipinggir pantai sambil makan es krim. Enaknya kalau di Pantai Teleng Ria ini masih banyak pepohonan di tepi pantainya jadi enak banget kalau kalian bawa tikar dan bawa bekal sendiri gitu, terasa lagi piknik banget. Karena aku udah sarapan di hotel ya udah deh nggak bawa bekel Cuma duduk-duduk aja di bawah pohon sambil menikmati angin pantai yang berhembus.


Selanjutnya kami jalan lagi menuju tempat penjual ikan laut. Awalnya kami mau cari ikan laut segar tapi karena cuacanya lagi buruk “katanya” jadi nggak ada nelayan yang melaut. Jadi yang dijual Cuma ikan laut yang udah digoreng gitu. Tapi tenang aja ini ikan juga masih fresh kok karena sistemnya kayak ngestock beku gitu baru digoreng.


Jenis ikan lautnya macam-macam mulai dari ikan merlin, ikan tenggiri, ikan tuna, cumi, udang, dan masih banyak lagi. Tapi diantara semua itu ada satu ikan yang bikin aku kaget dan sedikit iba karena mereka menjual ikan hiu! Iya ikan hiu. Meskipun memang udah biasa tapi kalau aku pribadi rasanya masih nggak tega gitu lo buat lihat ikan hiu dijadikan santapan gini. Selain salah satu ikannya ilegal untuk dimakan ini juga bisa merusak populasinya. Tapi yaaa udah lah ya yang penting kita nggak ikut beli atau makan sama aja udah ikut berpartisipasi #eaakkk



Dari sekian banyak ikan akhirnya kami memilih ikan merlin, cumi tepung, udang, dan ikan tongkol asap untuk dibawa pulang. Kalau untuk harganya aku lupa yang jelas masih terjangkau. Dan sebelum membeli kita bisa mencicipi dulu ikannya, jadi kalau dirasa nggak enak yaudah nggak usah dibeli atau pindah ke toko yang lain.


Selesai berbelanja ikan kami memutuskan untuk pulang kerumah karena sorenya bakal ada kumpul keluarga besar di rumah nenek. Tapi sebelum pulang kami mampir dulu ke toko oleh-oleh khas Kota Pacitan. Karena terkenal banget sama tahu tunanya kami membeli beberapa tahu tuna, otak-otak ikan, scalop, dan juga bakso ikan untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh. Harganya cukup terjangkau sekitar 10.000 – 20.000 saja.

Oke setelah itu baru kami pulang kerumah. Sekian review aku 2 hari satu malam di Pacitan semoga membantu buat kalian yang ingin main ke Pacitan!

Tips and Trick

1. Datang sore atau pagi hari agar bisa menikmati sunset/sunrise

2. Bawa kamera

3. Pakai sandal aja

4. Pakai kacamata hitam dan sunblock!

Gallery (7)

Comments (3)