75 views | 1 Likes

Seharian Explore Air Terjun Umbalan Probolinggo

4 star (from 1 people)
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 18 June 2019, 13:58:05
chiwing
Sightseeing

Selain Madakaripura, Probolinggo juga punya air terjun yang ngga kalah cantik dari Madakaripura..

How to Get There

Probolinggo lagi. Setelah beberapa waktu nggak main ke Probolinggo, akhirnya kali ini dapet kesempatan kesana lagi. Udah kangen liburan disana yang deket banget sama Bromo. Kali ini aku nggak akan liburan ke Bromo tapi mau ke air terjun yang katanya punya trek lumayan ekstrim. 

Kami berangkat dari Surabaya, cukup jauh memang. Waktu yang kami butuhkan kurang lebih 3 jam perjalanan untuk sampai ke tujuan. Tujuan kali ini adalah ke Air Terjun Umbulan. Perjalanan dari Surabaya nggak bergitu terasa karena kami lewat tol yang tentu amat sangat mulus wkwk.

Selanjutnya, pas udah mau sampe, jalanan mulai curam dan berkelok. Tapi its oke, untung kami berangkat bareng driver handal pagi ini wkwk. Iya, kami berangkat pagi dari Surabaya Jawa Timur, tujuannya sih buar bisa main lama di Probolinggo nanti. 

Segala persiapan udah kami bawa mulai dari baju ganti, camera, beberapa makanan dan minuman, serta obat obatan pribadi yang sekitanya dibutuhin pas liburan. 

jalan menuju air terjun umbalan probolinggo

What to Do

Dari rumah emang udah persiapan fisik yang fit, karena kalau lihat di internet treknya cukup curam. Ada yang menuruni tangga gitu deh, bukan anak tangga ya, tapi macem tangga lipatnya pak tukang itu lho. Oh iya, lokasi Air Terjun Umbulan emang deket sama air terjun Madakaripura hanya 15 menitan aja. 

Perjuangan untuk sampe ke Air Terjun Umbulan emang nggak mudah ternyata, selain ngelewatin tangga besi, kalian juga harus ngelewatin jembatan dan beberapa jalan ekstrim. Cukup dag dig dug apalagi buat aku yang hampir nggak pernah nemu tempat se ekstrim ini. 

pemandangan di air terjun umbalan probolinggo

Cukup banyak pengunjung yang dateng ke Air Terjun Umbulan pas aku kesana kemaren. Baik dari Probolinggo sendiri maupun dari luar kota. Air Terjun Umbulan ini emang nggak disarankan buat pengujung yang lanjut usia ataupun anak anak. Treknya bener bener bahaya sih menurutku. Kalau lagi musim hujan, trek tentu harus dilalui dalam keadaan licin. So, wajib ekstra hati hati. Kalau dateng kesini sih aku saranin buat dateng sama temen yang seumuran dan seru. Karena jalanannya yang begitu susah dan rasanya kurang pas kalo ngajakin keluarga gitu. 

Perjalanan yang cukup mengeluarkan keringat akhirnya selesai juga. Semua lelah dan dag dig dug akan berhenti pas kalian tiba di indahnya Air Terjun Umbulan ini. Suasana yang masih sangat alami akan menyambut kalian disini. Langsung nggak sabar buat menyentuh air di aliran Air Terjun Umbulan.

air terjun umbalan probolinggo

air terjun umbalan probolinggo

Karena udah lumayan masuk musim kemarau, air di aliran Air Terjun Umbulan ini nggak begitu keruh. Kalau dilihat mata sih bisa memuaskan mata. Langsung keluarin camera pocket untuk ambil gambar yang cantik disini, sama sesekali foto pake hp juga. Nggak cuma pemandangan air terjun aja yang cantik, tapi tebing di sekelilingnya juga keren.

Aku sengaja bawa baju ganti dari rumah, karena pengen berenang di jernihnya Air Terjun Umbulan. Air Terjun Umbulan airnya seger banget. Buat mandi juga wenak, nggak lengket di badan. Kalian wajib coba mandi disini juga. Lumayan bisa ngilangin pegel pas perjalanan tadi. 

air terjun umbalan probolinggo

Di Air Terjun Umbulan pengujung masih bisa nemuin warung dan tempat makan. Kalau laper kalian bisa isi perut sebelum melakukan trekking disini ya. Pulangnya, jangan lupa bawa pulang banyak foto untuk kenang kenangan.

Tips and Trick

  • Berhari-hati saat melakukan trekking
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman
  • Video : James Rochman

Gallery (5)

Comments (1)