59 views | 2 Likes

Curug Aseupan Parongpong, Air Terjun Cantik yang Instagenic

4 star (from 2 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 17 June 2019, 12:29:42
tiffany
Tourist

Jelajahi salah satu curug cantik dan pastinya paling instagenic se Bandung Raya..

How to Get There

Hai guys, libur lebaran kemaren kemana aja nih? Kalo aing mah, teu kemana-mana jagain Bandung aja. Hahaha.. Sekitar bulan April kemaren aku sempet jalan-jalan ke Curug Dago, nah karena liburan kemaren aku di Bandung aja, akhirnya aku mutusin buat jalan-jalan ke curug atau air terjun lagi. Yaa soalnya di Bandung kawasan pegunungan guys, susah juga kalo pengen pergi ke pantai. Curug yang aku kunjungi kemaren adalah Curug Aseupan. 

Curug Aseupan ini udah lama ada di bucket list aku guys, untungnya juga kemaren cowokku mau nemenin kesana. Lokasinya ada di Bandung Barat, tepatnya di kawasan Curug Tilu Leuwi Opat. Cara menuju kesini gampang banget kok guys, dari kota Bandung, arahkan kendaraan menuju Lembang, bisa lewat Setiabudi atau Dago Atas. Sebelum Tahu Susu Lembang, belok kiri menuju Parongpong. 

Dari Parongpong, ada dua rute yang bisa kalian pilih, pertama masuk lewat villa Istana Bunga, jalan terus ke belakang nanti di sebelah kiri ada jalan kecil yang melewati ladang pertanian dan langsung sampai di pintu masuk Curug Tilu Leuwi Opat. Jalan lainnya adalah terus jalan, ngga usah belok di Villa Istana Bunga, lewat gereja Advent sampe pintu masuk Curug Cimahi. Di deketnya ada Ciwangun Indah Camp. Masuklah dari gerbang itu sampe kira-kira 200 meter.




What to Do

Untuk memasuki area Curug Aseupan ini setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya. Sebenernya di kawasan ini ada beberapa air terjun lainny, yaitu Curug Tilu, Curug Cilaki dan Curug Citulang. Disini juga ada area outboundnya guys.

Sebenernya aku agak kepo kenapa air terjun ini diberi nama Aseupan. Dalam bahasa Sunda Aseuoan berarti kerucut, kukus, kukusan. Diberi nama demikian karena letak air terjun ini berada diantara dua ngarai yang tinggi dan membentuk seupan atau kerucut.

Sejak perjalan menuju ke curug ini pun kami udah disuguhkan dengan pemandangan hijau yang asri. Udaranya pun sejuk khas pegunungan. Meskipun trekking menuju ke air terjun ini masih cukup ringan jalannya, tapi ada juga beberapa medan tanpa pengaman yang membuat kami harus extra hati-hati. 

Pemandangan di sekitar curug ini bener-bener memanjakan guys, kalo kata orang-orang sih breathtaking view. Sayangnya, kami berkunjung saat sedang musim kemarau jadi airnya ngga terlalu banyak. Mungkin next time kalo mau kesini, aku bakal nunggu musim hujan dulu biar airnya makin banyak.

Meskipun airnya ngga lagi banyak tapi ngga mengurangi keindahan air terjun ini guys. Kami bener-bener menikmati keindahannya, meskipun akhirnya kami tetep bermain air di aliran sungainya. Tapi kami tetep menghabiskan waktu untuk foto-foto disini. Keren banget pemandangannya, bener-bener bisa melepas penat.

So guys, kalo kalian ada rencana liburan ke Bandung, jangan lupa untuk memasukkan Curug Aseupan ini ke dalam bucket list kalian ya.

Tips and Trick

Sebelum berangkat, aku ada beberapa tips nih buat kalian. Kalo kalian tahu, kawasan Lembang itu selalu padat apalagi saat weekend dan hari libur, saranku mending kalian bawa motor untuk menuju ke curug ini. Tapi pastikan motor yang kalian gunakan dalam keadaan fit ya guys. Waktu tepat untuk berkunjung kesini adalah saat musim hujan. Pakailah alas kaki yang nyaman, seperti sandal gunung agar memudahkan. Jangan lupa juga bawa kamera untuk mengabadikan moment bareng temen-temen atau keluarga kalian dan pastikan untuk selelu menjaga kebersihan ya guys.

Video by CNN Indonesia

Gallery (6)

Comments (2)