108 views | 1 Likes

Air Terjun Campuhan, Twin Waterfall Buleleng Nih!

5 star (from 2 people)
Buleleng, Bali, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 14 June 2019, 14:36:43
biosel
Tourist

Bosen mantai? Mari jelajahi cantiknya air terjun kembar di Buleleng yang bikin lupa diri ini..

How to Get There

Setelah beranang di alam terbuka di Alam Sambangan kemaren, aku masih kurang puas rasanya haha, gini nih liburan emang bikin nagih. Masih di sekitaran Buleleng Bali, kami main ke tempat yang anti mainstream lainnya nih. Ke Air Terjun. Air Terjun yang kami kunjungi adalah Air Terjun Campuhan. Banyak yang menyebut Air Terjun Campuhan ini dengan sebutan air terjun kembar atau Twin Waterfall Buleleng. 

Air Terjun Campuhan ini beralamat di Daerah Gitgit, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Berhubung dari kemaren aku masih ada di kawasan Buleleng, jadi kali ini liburannya udah nggak start dari Denpasar lagi. Perjalanan kemarin cuma butuh satu sekitar 1 jam perjalanan aja. 

Jalanan yang dilalui emang cukup ekstrim, siapkan kendaraan yang super fit untuk dateng ke Air Terjun Campuhan. Buat yang nggak tahu lokasinya, cek google maps ya. Uadh ada di google kok. Sepanjang perjalanan, kalian akan menikmati udara segar yang khas banget. 

Kalau kalian dateng dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, jarak yang ditempuh kurang lebih 80 kilometer dan butuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, boleh dicoba kalo lagi ke Bali guys. 

What to Do

Untuk masuk ke Air Terjun Campuhan, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orangnya. Hampir sama kayak air terjun lainnya, setibanya disini kalian nggak akan langsung ketemu sama air terjun, melainkan harus jalan kaki dulu. Pengunjung harus melakukan trekking sejauh kurang lebih 300 meter. 

Trekkingnya nggak melelahkan banget kok. Jalan setapak pun udah dibuat dengan anak tangga permanen yang tentu mudah dilalui. Selain itu, kalo kalian dateng di siang hari pun suasananya tetep sejuk. Pepohonan di kanan kiri jalan akan menyejukkan suasana kawasan Air Terjun Campuhan ini. 

air terjun campuhan


 

Capek trekking? Kalian bisa makan atau istirahat dulu di tempat yang udah disediakan. Di kawasan Air Terjun Campuhan ini terdapat fasilitas umum seperti warung makan, toilet, dan beberapa toko oleh oleh. So, nggak perlu khawatir kelaparan ya hihi. 

Sampai juga akhirnya di titik Air Terjun Campuhan, kalau dilihat sekilas emang keren sih, masih tampak alami banget. Ets, pengunjung wajib berhati-hati kalo berkunjung kesini. Alirannya yang begitu deras cukup berbahaya. Kalain bisa melewati jalan yang udah disediakan untuk menuju ke jatuhnya air terjun. 

air terjun campuhan

Air Terjun Campuhan memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Banyak yang menyebut dengan air terjun kembar atau twin waterfall karena emang ada 2 aliran berbeda dan berdekatan. Untuk kolam di kawasan jatuhnya air, dalemnya sekitar kurang lebih 2 meter. Hayooo, kudu ati ati banget ya!

Sebutan Air Terjun Campuhan ini berasal dari bahasa Bali. Campuhan memiliki arti campur. Kan disini ada 2 air terjun, karena itulah tempat ini mendapat sebutan Air Terjun Campuhan. Kalo ada yang menyebut dengan sebutan Air Terjun Gitgit, air terjun ini juga maksudnya. Buleleng punya tempat indah macem ini yaa!

air terjun campuhan

Panorama di kawasan Air Terjun Campuhan emang wajib banget diabadikan. Selain view jalanan dan sekeliling air terjun yang keren, air terjunnya pun juga memiliki bentuk yang indah. Aliran airnya yang jernih bikin betah. Kalo lagi sepi asik nih, kalian bisa foto sepuasnya tanpa ada pengunjung lain dibelakang kalian wkwk.  

Yook lanjut kesini kalo lagi maen ke Buleleng!

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan yang memadai, pastikan mesin ok
  • Berhati hati saat main di kawasan air terjun
  • Jangan lupa bawa pakaian ganti
  • Bawa camera sobb!
  • Youtube : Alfonso Tassi

Gallery (3)

Comments (2)