151 views | 1 Likes

Pura Taman Ayun Mengwi, Pura Indah Penuh Sejarah

5 star (from 2 people)
Badung, Bali, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 14 June 2019, 11:58:44
clarissaputri
Sightseeing

Main ke Bali? Jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu pura indah ini ya..

How to Get There

Selamat lebaran teman-teman. Libur lebaran pada kemana nih? Kalo aku sih masih di Bali aja sih. Ngumpul bareng keluarga yang kebetulan pada main ke Bali plus cowokku masih liburan disini. Karena momentnya pas lagi ngumpul semua, akhirnya aku ngajakin keluarga dan cowokku buat jalan-jalan ke Pura Taman Ayun Mengwi.

Pura Taman Ayun Mengwi ini lokasinya ada di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Karena kemaren kita berangkat dari kawasan Seminyak, jadi kami harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer ke arah Jalan Kerobokan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih.

Kalo kalian ngga bawa kendaraan pribadi, kalian bisa naik angkutan umum jurusan Denpasar - Singaraja atau Denpasar - Bedugul, lalu turun di persimpangan jalan di Desa Mengwi dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan jalan kaki sekitar 250 meter.

What to Do

Dalam Bahasa Bali, Taman Ayun bermakna taman yang cantik. Hal ini dikarenakan taman ini punya pemandangan yang indah. Keindahan ini berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura yang ada di atas lahan seluas 4 hektar. Kalo dilihat dari jauh, kolam tersebut terlihat seperti gelang air, jadi seolah-olah bangunan pura berada diatas permukaan air. Pemandangan ini semakin terlihat indah dengan tumbuhnya rimbunan pohon dan bunga di sekitar bangunan pura. Sekilas tempat ini ingetin aku sama Taman Ujung Water Palace yang ada di Karangasem.

pura taman ayun mengwi bali

Kompleks Pura ini terdiri dari tiga bagiam, yaitu ruang terbuka, bangunan utama dan bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Pada bagian pertama, digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, pengunjung bisa menikmati indahnya susunan meru, pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan Pura di Bali.

pura taman ayun mengwi

Di bagian kedua, kami menjumpai bangunan yang diberi nama Bale Pelik. Bangunan ini dihiasi oleh seni ukir, relief dan patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah.

Daya tarik lain yang kami nikmati disini adalah adanya peninggalan Kerajaan Mengwi yang lokasinya ada sekitar 300 meter dari pura ini. Selain itu, disini jugaada Museum Manusia dimana pengunjung yang datang bisa menyaksikan upacara-upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia, mulai dari dalam kandungan hingga meninggal.

pura taman ayun mengwi bali

Pura Taman Ayun ini udah berusia yang tua banget guys soalnya udah dibangun sekitar tahun 1634 oleh Raja Mengwi. Nilai sejarahnya yang tinggi ini membuat pura ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, terlebih lagi pura ini punya desain arsitektur yang mengagumkan. Selain itu, pura ini juga dikenal punya unsur magis juga nilai seni yang tinggi. Ngga heran kalo tempat ini sering banget dikunjungi untuk spot fotografi.

pura taman ayun mengwi

Fasilitas yang tersedia di pura ini pun cukup lengkap guys. Disini ada toilet, tempat parkir dan juga beberapa warung penjual makanan yang bisa kalian temui di luar area pura. Pokoknya pura ini cocok banget dikunjungi buat saat kalian lagi liburan di Bali dan bosen dengan wisata pantai.

Video by World Travel Guides

Tips and Trick

So, buat kalian yang berencana untuk liburan ke Bali, ngga ada salahnya buat mampir ke Pura Taman Ayun ini. Sebelum itu, aku ada beberapa tips nih buat kalian:

  • Kalo naik kendaraan umum kesini emang agak ribet guys, jadi mending kalian sewa kendaraan aja dari Denpasar.
  • Harga tiket masuk yang dikenakan per orangnya adalah Rp 10.000 untuk wisatawan lokal. Karena cowokku wisatawan asing jadi harga tiketnya Rp 20.000.
  • Jangan lupa bawa kamera yang kualitasnya bagus.
  • Pake pakaian yang sopan.
  • Hormati kegiatan keagamaan yang dilakukan disini.
  • Jaga kebersihan selalu.

Gallery (4)

Comments (1)