93 views | 1 Likes

Berkeliling di Waduk Keuliling, Pesonanya Bikin Enggan Berpaling

4 star (from 2 people)
Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
Category: lake

Posted on 13 June 2019, 14:08:11

Aceh tak hanya ada pantai-pantai yang indah, tapi juga ada waduk dengan pemandangan paling cantik..

How to Get There

Liburan lebaran di Aceh memang menjadi pilihan tepat, jelas dong karena emang aku orang Aceh asli dan lebaran ngga mudik kemana-mana, hahaha.. Jadi nih guys kemarennya aku sempet mengulas soal kuliner khas Aceh yaitu Rumah Makan Aditya Jaya, nah kali ini aku mau cerita soal tempat wisata yang baru aja aku kunjungi waktu libur lebaran kemaren, yaitu Waduk Keuliling.

Waduk Keuliling ini lokasinya ada di Kecamatan Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Kalo dari Banda Aceh jaraknya sekitar 35 km dan butuh waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Untuk menuju kesini, rute yang bisa kalian tempuh adalah melalui jalan nasional Banda Aceh - Medan. Lurus aja sampe ketemu tulisan ‘Makam Tgk Chik Pante Kulu’ di kiri jalan yang kemudian akan menjadi petunjuk ke lokasi. Belok kiri dan ikuti jalan hingga tiba di gapura bertuliskan ‘Bendungan Keuliling’.

Sebelum memasuki waduk ini, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orangnya. Harga tiket yang cukup terjangkau untuk menikmati keindahan waduk ini.

What to Do

Waduk Keuliling ini sering juga disebut sebagai Waduk Indrapuri, hal ini karena waduk ini dulunya masuk dalam kecamatan Indrapuri. Tapi semenjak ada pemekaran wilayah, waduk ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Cot Glie. Pemandangan alam yang disuguhkan bener-bener memanjakan mata lho guys, cantik banget.

waduk keuliling aceh besar

Nama Keuliling ini diambil dari bahasa lokal yang berarti keliling. Pemberian nama ini dikarenakan untuk melihat waduk ini secara utuh pengunjung harus mengitarinya dengan berkendara. Sebenenrya, fungsi utama dari waduk ini adalah sebagai irigasi untuk mengairi lahan sawah disekitar Krueng, Aceh yang luasnya mencapai 4000 hektar. Waduk seluas 228 hektar ini mulai dibangun pada tahun 2000 dan selesai pada tahun 2008.

Video by Aiqa Brago

Pada jalanan masuk waduk tadi, aku bisa melihat batu-batu alam di pinggir jalan yang disusun secara rapi. Di sekitar waduk juga ada gazebo-gazebo sederhana yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati udara segar dan hembusan angin sepoi-sepoi dari waduk. Di sekeliling waduk juga dihiasi dengan rerumputan hijau yang membuat pemandangan ini semakin asri.

waduk keuliling aceh besar

Disini kalian juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa gugusan pegunungan yang nampak berjejer dari kejauhan. Yang unik dari waduk ini adalah adanya pulau di tengah waduk yang dipenuhi tumbuhan hijau sehingga tampak alami serta enak dipandang. Pastinya bisa jadi background foto yang kece juga guys.

waduk keuliling

Sayangnya, waduk ini ngga boleh dibuat berenang karena di beberapa titik, waduk ini punya kedalaman mencapai puluhan meter yang pastinya bisa membahayakan keselamatan wisatawan, terlebih lagi disini ngga ada petugas keamanan yang menjaga waduk.

waduk keuliling aceh

Di dalam waduk ini hidup berbagai jenis ikan yang biasanya jadi tempat mancing warga sekitar. Beberapa jenis ikan tawar yang bisa dijumpai disini adalah ikan mujair, ikan nila dan masih banyak lagi lainnya. Kalian yang hobi mancing, bisa banget bawa alat pancing kemudian bebas memancing tanpa dipungut biaya dan ikannya bisa dibawa pulang untuk diolah.

waduk keuliling aceh

Sebenernya fasilitas di waduk ini cukup lengkap, seperti lahan parkir, toilet hingga mushola. Disini juga ada warung-warung penjual makanan, kalau-kalau kalian dateng kesini ngga bawa bekal. 

Menurut aku, wisata ini cocok banget untuk dikunjungi keluarga yang ingin menghabiskan akhir pekan sambil bersantai menikmati pemandangan alam. Yuk segera agendakan kunjungan kalian kesini guys.

waduk keuliling

Tips and Trick

  • Kalian yang hobi mancing, bawalah alat pancing dan umpan.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Dilarang kerasa berenang di waduk.
  • Jaga kebersihan waduk dengan ngga buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (1)