Pulau Sempu, Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Kota Malang

pulau sampu

ranisubagio | Traveler
Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
31 Aug 2016


Pulau Sempu, Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Kota Malang
Anda bosan dengan keramaian kota? Nahh di sini saya ada tempat yang menarik untuk anda kunjungi saat anda berada di Jawa Timur yaitu "Pulau Sempu" tempat ini memiliki ke indahan yang sangat luar biasa

How to Get There

Untuk menuju ke Pulau Sempu dengan menggunakan transportasi umum, dari kota Surabaya (Jawa Timur). Perjalanan dimulai dari Terminal Bungurasih Surabaya, dari Surabaya perjalanan menuju Malang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 15 menit dengan jarak tempuh sekitar 81.3 km dengan menggunakan Bus antar Kota (Surabaya-Malang) ke Terminal Arjosari Malang, Sampai diterminal Arjosari, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menaiki angkutan (Bemo) untuk menuju ke terminal gadang, dari terminal gadang dilanjut dengan bis menuju ke Turen, dari Turen, naik angkutan menuju Sendang Biru.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi anda lebih menghemat waktu menuju ke pulau sempu karena tidak perlu menunggu angkutan umum dan transit di beberapa tempat menggunakan angkutan umum. Biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih murah karena hanya perlu mengeluarkan biaya bensin, kecuali jika anda menyewa motor atau mobil pasti lebih mahal hehhe.

Jika anda berangkat Dari Surabaya maka anda harus menuju ke Porong (Lumpur Lapindo) melalui Sidoarjo, melewati Pandaan, Purwosari, kemudian anda akan melalui Kebun Raya Purwodadi, setelah itu  anda akan melalui kota Lawang, Singosari dan tiba di Kota Malang. Di kota Malang ini anda harus menuju ke Gadang, dari Gadang jalan terus aja dan beloklah ke kiri melewati Pabrik Gula Krebet, kemudian ikuti papan petunjuk yang ada dijalan menuju ke arah sendang biru, akan ada papan petunjuk jalan yang memudahkan perjalanan anda, sampai di pabrik Pindad beloklah ke kiri dan ikuti papan petunjuk jalan menuju sendang biru hingga tiba di Turen. Dari Turen lurus saja mengikuti jalan yang menanjak menikung dan berliku2 melalui daerah perbukitan kurang lebih 30 Km di sumbermanjing, setelah anda keluar dari jalan perbukitan dan memasuki daerah pedesaan sumbermanjing maka anda akan masuk lagi ke daerah perbukitan sepanjang kurang lebih 14 Km dan tiba di Pantai Sendang Biru.

Dari surabaya ke Pulau Sempu memakan waktu sekitar 3 jam 55 menit dan jarak yang di tempuh dari Surabaya-Malang sekitar 166 km.

Untuk akses ke Objek wisata Pulau Sempu sangat mudah, mobil, motor dan kendaraan lainya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini. 

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Pulau Sempu Malang.

What to Do

Pulau sempu memiliki nama yang cukup unik, nama Sempu sendiri diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu sendiri, namun saat ini pohon tersebut sudah hampir sulit ditemukan di pulau ini.

Daya tarik utama pulau kecil yang cantik ini adalah Laguna Segara Anakan yang terletak sekira 2,5 km arah selatan pulau. Tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis yang lebat, laguna seluas sekira 4 hektar tersebut merupakan tempat yang menawan dan membuat anda kagum akan kecantikannya.

Sebagai cagar alam, Pulau Sempu terlarang dikunjungi untuk tujuan wisata . Tetapi kenyataannya, Pulau Sempu masih saja diperbolehkan untuk kegiatan wisata oleh pihak pengelola yang tentunya bertolak belakang dengan status Pulau Sempu.

Pulau Sempu ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Pulau Sempu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Indonesia di sisi selatan, Timur dan Barat. Selain itu, Pulau Sempu juga memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau.

Pulau Sempu merupakan cagar alam Indonesia yang harus di jaga keindahanya.Pulau sempu  Berbatasan dengan selat sempu (Sendang Biru). Banyak orang yang pernah ke Phi Phi island di Thailand (lokasi syuting film The Beach) mengatakan bahwa lebih indah pulau Sempu di Indonesia dari pada Phi Phi, hanya saja fasilitas dan akses menuju pulau Sempu masih terlalu minim untuk para pengunjung. Pulau Sempu adalah salah satu dari surga panorama wisata Indonesia. Daya tarik Pulau ini ialah sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah pulaunya.

Danau ini terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah-celah tebing pembatas di pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Selain itu, pasir yang terdapat di Pulau Sempu sangatlah bersih, lembut, dan di Pulau Sempu ini masih terjaga keasriannya.

Pantai Sendang Biru biasanya menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

 

 

Di sini juga ada Pangkalan Perahu yang bisa mengantarkan Anda Menyeberang Atau Berkeliling di Pulau Sempu untuk menikmati pemandangan yang eksotis dan indah di Pulau Sempu. Di sini ada Jalur Setapak Menuju "Blue Lagoon Sempu"yang berlumpu jadi bagi anda yang melalui jalur setapak berhati-hati karna banyak lumpu dan bebatuan di area sini yang lumayan berbahaya untuk anda lewati, Jalan Setapak Ini Juga Dipenuhi Batu Karang besar-besar yang indah.

Untuk menuju Pulau ini, diperlukan Stamina yang fit untuk melalui medan yang cukup berat dan menghabiskan tenaga yang cukup banyak , Jadi jika anda ingin ke Pulau ini maka beristirahatlah dahulu setelah stamina terisi penuh baru lanjutkan perjalanan ke Pulau ini.

Akhirnya Setelah perjalanan yang cukup melelahkan, anda akan melihat laguna biru yang sangat memukau, membuat rasa lelah perjalanan terbayar dengan pemandangan laguna biru yang sangat indah ini.

Orang-orang yang datang ke sini dengan banyak alasan yaitu seperti, Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus , merayakan Tahun Baru , Valentine Day , liburan , atau melakukan sebuah pengamatan.


Karena pulau ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi , hal-hal yang harus kita lakukan adalah Menjaga pulau ini agar tetap bersih dan jangan membuang sampah sembarangan ya...

Jika anda disini pada siang hari, air pun semakin pasang dan danau ini makin penuh oleh air. Melihat air pasang tak sabar rasanya untuk bermain-main dengan air dan mandi di telaga yang bagaikan surga dunia ini.

Pemandangan dari sini sungguh sangat luar biasa , beristirahat sejenak, menantikan barisan lumba-lumpa yang membuat anda kagum dengan pemandangan di sini.

Ayo!!! Coba pengalaman baru berkunjung dan berlibur ke Pulau Sempu dengan teman, keluarga, dan orang-orang tersayang. Pasti seru bukan?

    

Tips and Trick
  1. Anda suka bermain pasir di pantai, entah itu hanya berjalan-jalan, berjemur, atau membuat kastil dari pasir? Tapi, Anda tak ingin kan pasir-pasir yang melekat di kaki mengotori mobil Anda? Triknya, taburkan bedak bayi di kulit Anda dan semua pasir akan rontok.
  2. Ketika wisata keluarga dan anak-anak kecil ikut, mereka pasti juga akan tergoda bermain di air. Triknya, bawalah kolam khusus anak dan pompa kemudian tempatkan kolam ini di tempat yang aman dan dalam pengawasan.
  3. Pasti menyebalkan ketika sedang di pantai dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  4. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari. Bawalah air minum Anda sendiri dan makanan . Tidak ada penjual dan tidak ada air tawar di dalam pulau ini.
  5. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  6. Membawa ponsel Anda untuk berkomunikasi dengan teman dan pemilik perahu ( Anda hanya akan menemukan sinyal di teluk dan laguna )
  7. Tidak ada listrik disini, jadi bawalah senter.
  8. Jika Anda memutuskan untuk tinggal , bawalah barang-barang berkemah ( kantong tidur , kasur , tenda )
  9. Semoga tips and trick yang saya berikan berguna bagi anda yang berlibur di Palau Sempu Malang.

    Disini saya ada video mengenai “Pulau Sempu Malang” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    check this out -> 

                                  

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY