4 star (from 1 people)
22 views | 1 Likes
Kedung Gandu, Wisata Alam Dengan Pemandangan Memikat
Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
Category: Waterfall


Posted on 11 June 2019, 12:50:40
nur
Sightseeing
Location on Google Maps
Air Terjun Kedung Pedut
Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55674, Indonesi
How to Get There

Masih seputaran libur lebaran nih guys! Sebelumnya aku mau ngucapin mohon maaf lahir batin ya guys. So, gimana cerita liburan kalian? Ada yang liburan atau mudik ke Jogja? Well, sebelumnya aku sempet share cerita liburanku di Taman Glugut Jogja bareng keluarga. Selain liburan kesana, aku sempet diajakin sama cowokku nih buat ngetrip ke Kulon Progo, dia bilang sih ada air terjun keren bernama Kedung Gandu.

Aku pun sempet denger soal air terjun ini, tapi lupa dan belum berencana buat kesana dalam waktu dekat dan ternyata malah diajakin doi kesana. Hehehe.. lumayan lah! Anyway, Kedung Gandu ini lokasinya ada di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya kalo dari pusat kota Jogja sekitar 34,5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.

Rute untuk menuju kesana ngga rumit-rumit banget kok guys, kalian bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Godean lalu menuju perempatan Nanggulan sampe ke Pasar Jonggrangan. Lurus terus sampe MTsN Jatimulyo belok kanan sampe ketemu pertigaan Sabrang Kidul lurus terus. Setelah ketemu pertigaan SDN Tegalsari belok kanan lagi sampe di pertigaan Masjid At-Taqwa Darul Ariqin belok kiri. Ikuti terus jalanan beraspal ini sampe perempatan lurus terus, setelah ketemu pertigaan belok kiri. Kalian bakal ketemu sama gedung PAUD di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari. Dari gedung PAUD ini tadi kalian bisa parkir kendaraan kalian dan melanjutkannya dengan jalan kaki menuju ke air terjun ini.




 

What to Do

Sebelum menuju ke Kedung Gandu, kita harus berjalan melalu jalan setapak yang udah disediakan oleh warga. Selama perjalanan menuju Kedung Gandu, kita menjumpai beberapa air terjun yang ngga kalah keren. Pertama ada Curug Glimpang. Air terjun ini bentuknya cukup unik karena kemiringan tebingnya. Nuansa alami bener-bener terasa selama berada di sekitar Curug Glimpang ini.

Puas menikmati Curug Glimpang ini, perjalanan dilanjutkan lagi ke air terjun kedua yaitu Kedung Ratmi. Butuh waktu sekitar 10 menit untuk mencapai ke air terjun ini dengan medan yang ngga kalah terjal. Spot air terjun kedua ini ngga terlalu tinggi alirannya dan cenderung landai. Meskipun lokasinya ngga terlalu luas, tapi keindahannya ngga kalah memikat. Disini kalian bisa istirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam disekitar air terjunnya.

Lanjut ke air terjun yang ketiga, yaitu Kedung Bendo. Untuk menuju kesini hanya butuh waktu 5 menit aja. Disini kita disuguhi oleh panorama alam yang begitu sejuk dengan kolam yang cukup luas. Di kolam ini kalian bisa bermain air hingga berenang, tapi harus tetap hati-hati soalnya kolam ini cukup dalam. 

Next adalah Kedung Gandu. Untuk menuju kesini butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan yang juga menyusuri sungai. Cukup menantang sih guys, tapi sepanjang perjalanan kita bisa menikmati keindahan alam yang begitu mengagumkan, bahkan ada beberapa air terjun kecil yang ngga kalah indah di sekitarnya. 

Kedung Gandu merupakan sebuah kedung atau danau kecil yang ada air terjunnya. Suara gemericik air dan hembusan angin disini begitu sejuk dan mampu memberikan efek rileks dan mengangkat segala penat. Aliran air yang cukup deras ini menciptakan warna putih yang lembut, terlihat kontras dengan lingkungan sekitar yang cenderung berwarna hijau. Disini kita langsung bermain air sepuasnya, airnya yang jernih dan bener-bener terasa seger di badan. 

Liburan ke Kedung Gandu ini bener-bener bisa melepas penat akan rutinitas sehari-hari. Lumayan lah, ngga perlu jauh-jauh keluar Yogyakarta udah banyak banget wisata yang bisa dikunjungi. Yuk main ke Jogja!

Video by yasuspade

Tips and Trick

Nah, buat kalian yang berencana pergi ke Kedung Gandu, aku ada beberapa saran nih:

  • Karena kebanyakan jalan yang dilewati cukup sempit dan berliku juga naik turun, aku saranin mending naik motor aja yang kuat nanjak.
  • Siapkan stamina yang fit.
  • Kedung Gandu ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampe jam 4 sore.
  • Pengunjung yang dateng ngga dikenakan tarif khusus alias sukarela.
  • Bawa perbekalan yang cukup dari rumah.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Bawa kamera anti air.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Fasilitas disini cukup terbatas guys karena tempatnya juga masih alami.
  • Bawa baju ganti kalo pengen main air.
Gallery (5)
Comments (1)