129 views | 1 Likes

Liburan Singkat ke Curup Maung: Air Terjun Unik Nan Cantik di Lahat

4 star (from 1 people)
Lahat, Sumatera Selatan, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 10 June 2019, 13:33:03
Melanie
Tourist

Temukan kecantikan dibalik menantangnya sebuah perjalanan..

How to Get There

Hai guys, gimana nih libur lebarannya? Aku mau ngucapin minal aidzin wal faidzin ya guys! Aku mau share liburan lebaran kemaren nih, kebetulan aku dan keluarga pergi ke Palemang. Disana beberapa temen kemaren ada yang ngajakin buat pergi jalan-jalan, ngga jauh-jauh sih dari Palembang, yaitu ke Kabupaten Lahat. Di kabupaten ini ada sebuah air terjun cantik yang wajib banget kalian kunjungi bernama Air Terjun Maung atau sering juga disebut sebagai Curup Maung.

Air terjun ini lokasinya ada di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Lahat atau sekitar 220 kilometer dari pusat kota Palembang.

Perjalanan menuju Curup Maung ini ternyata cukup menantang lho guys. Untuk menuju ke lokasinya kalian bisa naik motor ataupun mobil dengan waktu tempuh 45 menit sampe 70 menit dari pusat kota. Setelah sampe di Desa Padang Muaro Duo, kendaraan harus diparkir di lahan parkir yang udah disediakan oleh warga kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang melewati hutan sampe perkebunan kopi milik warga setempat. Perjalanan ini butuh waktu sekitar satu jam dengan medan yang menurun dan kemiringannya 30-45 derajat.

curup maung lahat

What to Do

Pemandangan hijau selama perjalanan menuju ke air terjun ini bener-bener memanjakan mata. Air terjun Maung ini punya ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir sama dengan tingginya. Sepanjang 80 meter air terjun ini alirannya terbagi-bagi oleh dinding jurang dan rerumputan yang hijau, ini dia yang bikin air terjun ini terlihat sangat indah dan memukau. Beda sama air terjun pada umumnya. 

curup maung lahat

Aliran air terjun Maung ini jatuh ke sungai yang mengalir dari daerah Pagar Alam. Jadi, kalo kalian mau menikmati sensasi mandi di bawah guyuran air terjun, harus bener-bener memperhatikan aliran sungainya. Soalnya kalo musim hujan, air sungainya bakal deras banget arusnya dan keruh, meskipun air terjun Maung ini punya aliran air yang sangat jernih. Untungnya, kita dateng pas musim kemarau jadi airnya jernih dan bisa berenang deh. Airnya ngga cuma jernih tapi bener-bener bikin seger guys!

curup maung lahat

curup maung lahat

Pemandangan di air terjun ini memang masih hijau dan alami, inilah yang jadi daya tarik air terjun ini. Banyak wisatawan yang datang berbondong-bondong untuk sekedar melepas penat diantara padatnya rutinitas sehari-hari.

curup maung lahat

Well, berwisata ke Air Terjun Maung ini memang ngga ada salahnya lho guys. Apalagi kalo kalian lagi liburan ke Palembang, wajib banget buat mampir kesini soalnya jaraknya juga ngga terlalu jauh.

Youtube by ibrahim muda official

Tips and Trick

Anyway, sebelum kalian berangkat kesini, aku ada beberapa saran nih buat kalian:

  • Pastikan fisik kalian kuat dan sehat ya guys karena memang medannya cukup menantang.
  • Ngga cuma tubuh yang harus fit, tapi juga kendaraan yang kalian gunakan harus dalam keadaan baik.
  • Untuk masuk kesini sama sekali ngga dikenakan biaya, kalian cukup bayar parkir sebesar Rp 5.000 aja per kendaraan.
  • Bawa bekal yang cukup, apalagi minuman karena perjalanan bakal panjang dan melelahkan.
  • Pake alas kaki yang nyaman, soalnya perjalanan bakal menurun dan cukup curam. 
  • Jangan terlalu banyak bawa barang-barang soalnya bakal jadi beban perjalanan kalian. Cukup bawa baju ganti kalo kalian berencana bermain air disini.
  • Bawa kamera dengan watercase.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jaga selalu kebersihan dan kealamian tempat wisata ini.

Gallery (5)

Comments (1)