136 views | 0 Likes

Pesona Watu Dodol : Kawasan Wisata Menarik di Banyuwangi

5 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 07 June 2019, 18:36:30
vidya94
Sightseeing

Bukit Watu Dodol Bukit ini merupakan kawasan Perhutani yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Banyuwangi. Hal ini disebabkan karena adanya...

How to Get There

Banyuwangi mungkin dikenal dengan objek wisata Kawah Ijen atau Baluran. Namun tidak banyak orang tahu tentang kawasan Watu Dodol yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo ini. Nama Watu Dodol sendiri merupakan nama dari batu besar. Lokasinya berjarak 5 km dari Pelabuhan Ketapang. Karena dekat dengan pelabuhan ini menandakan bahwa kawasan wisata ini terletak di tepian Selat Bali. Bahkan Pulau Bali pun terlihat dari kawasan ini. Jadi, buat teman-teman yang berencana ke Bali, tidak ada salahnya mampir untuk menikmati keindahan beberapa objek wisata, seperti Pantai Grand  New Watu Dodol, Patung Gandrung, Bukit Watu Dodol, dan masih banyak lainnya.

Liburan lalu, saya berlibur ke Banyuwangi untuk mengunjungi saudara. Kebetulan saudara saya indekos di daerah Kota Banyuwangi, sehingga saya diajak mengunjungi wisata yang dekat dengan kota. Untuk menuju kawasan ini, dibutuhkan waktu sekitar 17 km atau jarak tempuh 30 menit dari pusat Kota Banyuwangi. Jika kalian dari arah pusat Kota Banyuwangi, dapat melalui Jl. Nasional III dan Jl. Raya Pantura sampai Pelabuhan Ketapang. Sepuluh menit dari Pelabuhan Ketapang, melewati Terminal Sri Tanjung dan Pabrik Semen Bdi kiri jalan terdapat Bukit Watu Dodol yang didepannya terdapat Patung Gandrang. Tak jauh dari sana, sekitar 500 meter di sebelah kanan jalan terdapat Pantai Grand Watu Dodol. Jika kalian dari pusat kota Situbondo, kalian dapat melalui Jl. Raya Pantura atau Jl. Situbondo-Banyuwangi.

 

What to Do

Bukit Watu Dodol

Bukit ini merupakan kawasan Perhutani yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Banyuwangi. Hal ini disebabkan karena adanya makam Syekh Maulana Ishaq dan Putri Sekardadu. Keduanya adalah tokoh penting Kerajaan Blambangan. Harga tiket masuk tempat ini sangat terjangkau, yaitu Rp.3.000. Tempat parkirnya sangat luar dan biaya parkirnya hanya Rp.1.000 saja.

Tempat Parkir Bukit Watu Dodol (sumber : banyuwangibagus.com)

Untuk mencapai puncak bukit, saya dan teman saya harus melewati jalan setapak selama 15 menit. Tapi tenang saja, jalanannya tidak terlalu curam dan sudah diberikan akses jalan yang berpaving sehingga sangat aman meskipun sedang musim penghujan. 


Kami sedang berada di perjalanan menuju puncak Bukit Watu Dodol

Setelah sampai di puncak bukit, kalian akan mendapati bangunan dengan corak khas islam dan berpagar yang merupakan  makam Syekh Maulana Ishaq dan Putri Sekardadu. Suasana wisata ini saat itu sangat sepi. Hanya ada dua orang pengunjung lain selain kami. Padahal pihak pengelola sudah melakukan renovasi untuk menarik perhatian pengunjung.


Makam Syekh Maulana Ishaw dan Putri Sekardadu (sumber : travel.kompas.com)

Dari sisi ini, saya dapat melihat pemandangan Pulau Bali dari atas bukit. Selain itu, Patung Gandrung yang terletak di depan bukit ini pun menambah apik pemandangan di depan saya. Kebetulan sudah disediakan kursi sebagai penunjang para pengunjung untuk berfoto atau berselfie dengan latar selat bali dan Patung Gandrung yang menjadi khas Kota Banyuwangi.

Ohya, meski kalian asyik berfoto ria, kalian juga harus berhati-hati mengingat lokasinya yang curam. Pihak pengelola pun sudah memberikan papan dan tali sebagai pembatas. Karena memang kawasan perhutani, di bukit ini masih banyak kami temui monyet-monyet yang bergelantungan dari pohon ke pohon. Oleh sebab itu, menurut saya pribadi diperlukan kewaspadaan dari diri pengunjung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.




Pemandangan Selat Bali dan Patung Gandrung dari atas Bukit Watu Dodol

Saya mendengar bahwa tempat ini sangat cocok dikunjungi saat sunrise atau sunset. Namun sayang sekali kami kesiangan ke sana. Padahal jam operasionalnya wisata ini adalah 24 jam. Jadi kapanpun dan jam berapapun kalian sampai di lokasi, akan dilayani oleh petugas.

Pantai Grand Watu Dodol

Teman-teman pernah mendengar berita tentang pantai yang dinobatkan sebagai pantai terbersih Se-ASEAN yang ramai diberitakan media sosial tahun lalu? Yap, pantai yang dimaksud adalah Pantai Grand Watu Dodol yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Pantai yang terletak di pintu masuk Banyuwangi dari arah Situbondo ini lokasinya juga tidak jauh dari Bukit Watudodol, hanya memerlukan sekitar 5 menit naik motor untuk sampai ke lokasi. 


Pantai Grand Watu Dodol dari depan (sumber : yukepo.com)

Harga tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp.5000 ketika hari biasa dan Rp.7000 ketika hari libur. Pantai ini termasuk objek wisata baru sehingga terus dilakukan pembangunan fasilitas untuk memperindah. Salah satu yang khas dari pantai ini adalah pohon kelapa yang menjulang tinggi berjejer menambah keindahan pantai ini. 

Sesampainya di sana kalian dapat berfoto karena terdapat banyak spot foto yang bagus dan instagramable. Selain berfoto, bagi teman-teman yang senang dengan wisata bawah air dan ingin menikmati keindahan biota laut dapat menjajal wahana snorkeling dan diving yang harganya sangat bersahabat, yaitu Rp.25.000.  Dari pantai ini, para pengunjung dapat menyeberang laut menuju Pulau Tabuhan dan Pulau Menjanan yang juga terkenal dengan wisatanya. Penduduk setempat menyewakan jasa perahu motor yang dapat mengantarkan kalian ke sana. 

Jembatan dek sebagai salah satu spot yang menarik 


Jasa Perahu Motor

Namun, kami memilih menikmati pemandangan di sekitar pantai yang sudah sangat indah. Kami berfoto di atas jembatan dek yang menjadi salah satu spot primadona para pengunjung karena berlatar jejeran pulau kelapa. Setelah itu, kami mulai mendekati pantai dan berfoto di ayunan yang bertuliskan GWD. Pengelola menyediakan banyak sekali gazebo yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk beristirahat sejenak setelah lelah menyusuri pantai. Untuk jam operasional pantai ini juga 24 jam, kecuali ketika libur nasional jam bisa berbeda. 

Saya berfoto di beberapa spot foto

So, saya merekomendasikan Watu Dodol ini sebagai salah satu alternatif kalian untuk liburan karena antar objek wisata jaraknya sangat dekat dan murah. Murah karena tempat bersejarah dan pantai. Jadi gimana temen temen? Apa kalian tertarik kesini? 

 

Tips and Trick

1. Jika ingin berkunjung ke Bukit Watu Dodol, waktu paling cocok untuk ke sana adalah saat sunrise atau sunset. Karena kalian dapat menikmati indahnya Selat Bali berlatar matahari dengan semburat warna jingga. Jadi foto yang kalian ambil pasti keren!

2.  Perhatikan papan instruksi dan pembatas serta selalu waspada dan berhati-hati ketika berfoto di Bukit Watu Dodol mengingat tempatnya yang curam.

3. Siapkan baju ganti apabila tertarik untuk mencoba wahana underwater di Pantai Grand Watu Dodol.

4. Bawalah jas hujan atau payung karena letak tempat parkir dari Bukit Watu Dodol cukup jauh.

5. Siapkan kamera dan memori cadangan.

6. Jangan membuang sampah di sembarang tempat. Ketika di Pantai Grand Watu Dodol mungkin kalian lebih mudah menemukan tempat sampah. Namun ketika di Bukit Watu Dodol, karena area hutan, maka lebih baik siapkan kantong plastik untuk membawa sampah turun ke bawah. 

7. Jangan lupa pakai sunblock karena Pantai Grand Watu Dodol ketika siang hari sangat panas.

8. Susun itinerary ketika berlibur ke sini karena ada banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi dan tempatnya berdekatan. Apalagi jika kalian berencana ke Pulau Bali, nggak ada salahnya mampir dulu ke daerah Watu Dodol. 

 

Where to Stay

Karena Watu Dodol merupakan daerah dengan banyak objek wisata, tentu mencari referensi penginapan bukanlah hal yang sulit. Ada banyak sekali hotel atau homestay di daerah ini, antara lain : Watu Dodol Hotel & Restaurant, Bangsring Breeze, Ketapang Indah Hotel, dan lain-lain.

Gallery (11)

Comments (1)