39 views | 1 Likes

Curug Putri Palutungan: Edisi Main Jauh Nih!

4 star (from 1 people)
Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 08 June 2019, 12:00:05
iqbal
Sightseeing

Sejenak pengen banget liburan yang agak jauh dari rumah dan berujung ke curug cantik satu ini..

How to Get There

Main jauh uyy. Kalo udah keluar Jawa Timur, aku udah nganggep main jauh dah pokoknya haha. Kali ini liburan bareng temen kampung, menuju ke Kuningan Jawa Barat. Ada temen juga sih disana, jadi kami udah nggak perlu repot soal penginapan. Perjalanan dimulai dari Surabaya. Kami menggunakan kendaraan umum bis untuk sampai di tempat wisata kali ini. 

Tujuan kami adalah menuju ke Curug Putri Palutungan. Tepatnya ada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Berangkat langsungan subuh dari Surabaya, sampai sana langsung deh istirhaat di rumah temen, nggak perlu nyewa hotel wkwk. Buat kalian yang mungkin dateng dari luar kota, kalian bisa memanfaatkan hotel maupun hostel untuk menginap. 

Kami berangkat jam 7 pagi dengan menggunakan mobil. Jalanan menuju ke Curug Putri Palutungan udah cukup memadai, lansgung buka google maps dan review google lainnya buat kalian yang pengen tahu lebih jauh tentang Curug Putri Palutungan. 

What to Do

Suasana di kawasan Curug Putri Palutungan seger banget. Sebelum tiba di kawasan air terjun, kalian bisa memanfaatkan banyak sekali spot foto dan pemandangan yang indah untuk bersantai. Kawasan Curug Putri Palutungan ini nggk cuma ir terjun doang lho. Ada spot foto sun flowers, wing sky, bambu sky, rumah hobbit, sarang burung, dan tower bambu. Jangan lpa bawa camera untuk foto ootd disini!

Curug Putri Palutungan ini memiliki banyak sekali sebutan. Ada yang menyebutnya dengan sebutan Curug Ciputri, Siputri, tapi banyak yang nyebut dengan sebutan Curug Putri Palutungan. Palutungan diambil dari kata 'lutung' yang artinya monyet. Dulunya, tempat ini dipercaya punya monyet yang menjadi penguhi tetap Curug Putri Palutungan.

Pemandangan yang ada di Curug Putri Palutungan emang nggak bisa diragukan lagi. Sekeliling air terjun emag dilindungi dengan pepohonan yang rindang. Suara burung sangat mendukung rindangnya suasana di Curug Putri Palutungan. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Bentuk air terjunnya agak menjorok ke dalam. Tapi kalo kalian foto disini udah dijamin bagus sih. 

Kalau dilihat sekilas, air yang jatuh di Curug Putri Palutungan ini emang menyerupai putri. Hihi lumayan serem ya wkwk. Bentuknya kayak seorang putri yang pake gaun gitu deh. Tapi gapapa, nggak misterius banget kok. Pengunjung wajib menjaga sopan santun kalau di Curug Putri Palutungan ini. Oh iya, kalau mau ngelihat jelas bagaimana bentuk air terjun yang menyerupai putri yang memakai gau, kalian bisa sedikit menjauh dan mengamatinya ya. 

Curug Putri Palutungan juga membolehkan pengunjungnya berenang ataupun mendekati air terjun. Bawa baju ganti memang sangat disarankan sob. sayang banget kan kalo jauh jauh kesini tapi nggak nyemplung sekalian. Berfoto di bawah turunan air terjun juga jadi hal yang asyik. Ets, siap siap lensa kamera kalian berembun wkwk. 

Banyak mitos atau cerita tentang Curug Putri Palutungan ini. Salah satu ceritanya adalah warga percaya bahwa Curug Putri Palutungan dulunya digunakan sebagai pemandian bidadari kahyangan. Hingga saat ini, amsih banyak yang percaya bahwa dengan mandi di Curug Putri Palutungan, kalian bisa didekatkan dengan jodoh. Nggak hanya itu, katanya sih bisa menghilangkan berbagai penyakit. Dan yang tak kalah penting, kataya kalo cewek mandi atau membasih muka di Curug Putri Palutungan bakal terlihat lebih cantik. Kapan cobain nih para cewee?

Suka ngecamp? Di kawasan wisata Curug Putri Palutungan juga teerdapat camping ground yang biasa digunakan pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda. Jangan lupa bawa peralatan camp sendiri ya kalo mau bermalam disini.

Tips and Trick

  • Tetap berhati hati dimanapun berada

Gallery (4)

Comments (1)