3 star (from 1 people)
54 views | 1 Likes
Mengenali Museum Kretek Kudus Hingga Berenang di Waterboomnya!
Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip


Posted on 06 June 2019, 09:59:03
tio
Sightseeing
Location on Google Maps
Kretek Museum
Jl. Getas Pejaten No.155, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59343, Indon
How to Get There

Udah lamaa banget nggak main ke Kudus. Mumpung berkesempatan ke Kudus, jadi nggak ada salahnya kan kalo sekalian explore. Barangkali ada tempat wisata yang cukup seru yakaan? Rencananya sih menuju ke museum sama sodara yang asli Kudus, jadi nggak perlu khawatir soal jalanan deh. 

Kebetulan kami ada di Kudus untuk sekitar kurang lebih 3 hari, jadi masih ada waktu untuk explore atau main tipis tipis lah ya. Karena banyak anak kecil atau sodara kecil, perjalanan pertama kami memutuskan menuju ke sebuah museum yang ada di Kudus. Mungkin warga Kudus udah tau tetang museum rokok yang satu ini. 

Video oleh youtube : Hadi Prayitno

Tempatnya terkenal dengan sebutan Museum Kretek Kudus. Banyak yang tahu pasti, terlebih jika kalian orang Kudus asli wkwk. Sebagai pendatang, aku baru tahu juga kalau Kudus ternyata memiliki sebutan Kota Kretek hehe. Nanti deh kita cari tahu lebih banyak tentang rokok kalo udah di nyampe di Museum Kretek. 

Museum Kretek berlokasi di Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kudus. Nggak jauh dari gerbang Kudus arah Semarang. Pengunjung juga bisa menggunakan bantuan google maps untuk sampai di Museum Kretek Kudus ini. Cukup deket kalo dari rumah sodaraku, hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit aja, udah sampe. 

What to Do

Setibanya di kawasan Museum Kretek, kami angsung cari tempat parkir. Setelahnya, bergegas deh masuk menuju ke Museum Kretek. Museum Kretek buka tiap hari mulai dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore. Biaya yang diperlukan untuk membeli tiket pun nggak mahal, hanya dibandrol dengan harga Rp 3000,- aja per orang. Cukup murah kan? 

Di Museum Kretek pengunjung bisa ngelihat tuh proses pembuatan rokok, bahannya, hingga replika orang atau pegawainya juga. Bener bener berasa ada di tengah pabrik rokok. Museum Kretek dibangun guna mengingat jasa para pahlawan kretek. Yap, dulunya nama Kudus cukup besar karena rokoknya yang mendunia. Buat kalian yang pengen tahu tampilan rokok jaman dulu, ada juga kok disini. 

Perlatan yang ada pun juga masih tersimpan rapi. Ada alat giling cengkeh, alat perajang tembakau, dan gambar gambar dokumentasi yang menunjukan foto jaman dulu. Jadi banyak tahu tentang rokok beserta alat-alatnya. Nggak hanya itu, bioskop mini juga ada buat kalian para pengunjung Museum Kretek. Di Museum Kretek ini, pengunjung bisa ngeliat video atau cuplikan sejarah kretek di Kabupaten Kudus sendiri. Jadi nambah wawasan, terlebih buat aku yang bukan asli warga Kudus. 

Keluar dari Museum Kretek, pengunjung bisa melihat megahnya rumah adat Kudus. Meskipun cuma replika, tapi keren. Oh iya, kalian bisa mengambil beberapa jepret gambar disini, lumayan buat kenang kenangan hihi. Luasnya kawasan Museum Kretek cukup bikin puas sih waktu itu. 

Nggak ada salahnya kalian mengajak anka anak karena di kawasan Museum Kretek ini juga terdapat waterboom. Untuk masuk ke waterboom, pengunjung perlu bayar lagi nih. Untuk anak anak Rp 10.000,- dan dewasa Rp 15.000,-. Menurutku, wajib banget sih cobain waterboomnya, mumpung satu lokasi hehe. 

Waterboomnya juga cukup keren kok, ada seluncuran dan airnya bersih juga. Jangan lupa bawa baju ganti kalian ya! Selamat nyoabin guys!!!

Tips and Trick

- Paling enak berkunjung di pagi atau sore hari

- Siapkan peralatan pribadi

- Jangan mengotori kawasan museum

 

Gallery (8)
Comments (1)