164 views | 1 Likes

Mengenal Museum Uang Sumatera: Koleksi Uangnya Unik Lho!

3 star (from 1 people)
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Category: Museum

Posted on 28 May 2019, 10:37:36
marthagaul
Tourist

Yuk kunjungi salah satu museum unik di Sumatera Utara ini..

How to Get There

Akhir-akhir ini review gue kebanyakan soal throwback liburan colongan ke Riau sih, seperti mengunjungi Candi Muara Takus, menyusuri Sungai Subayang hingga melihat kemegahan Istana Siak, lalu Minggu kemaren gue kepikiran buat jalan-jalan disekitaran kota Medan aja. Salah satu wisata yang paling bisa dijangkau adalah Museum Uang Sumatera.

Sebenernya gue udah beberapa kali kesini, apalagi pas jaman gue kuliah, maklum lah gue kan dulunya sekolah finance jadi kudu paham soal sejarah uang juga. Museum ini lokasinya ada di Jalan Pemuda no 13 A U R, Kota Medan. Jaraknya ngga jauh dari pusat kota Medan, mungkin jaralnya sekitar 4 km aja dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. 

Rute yang bisa kalian gunakan bisa lewat PT Laju Seirama di Jalan Guru Petimpus, sampe di pertigaan satu arah belok kiri ke Jalan KL Yos Sudarso. Ada pertigaan ketiga belok kanan ke Jalan Putri Hijau. Terus ada pertigaan lagi belok kanan lurus terus sampe ketemu bundaran perempatan belok ke arah kanan, sampai di perempatan Alianz Jati belok kanan lagi ke arah Jalan Gaharu - Jalan Jawa - Jalan Irian Barat sampe ke Jalan Cirebon ada perempatan tepat di rumah makan bahagia ke arah kiri ke Jalan Pandu. Di perempatan UD Rezeki Baru, ambil ke utara lalu sampe deh di Museum Uang Sumatera.

museum uang sumatera


What to Do

Bisa dibilang, Museum Uang Sumatera ini cukup unik guys soalnya uang yang dipamerkan bukan uang yang diproduksi Bank Indonesia pada umumnya, melainkan mata uang yang digunakan masyarakat pada jaman revolusi Sumatera Utara silam. Walaupun tergolong wisata baru, karena baru aja diresmikan sekitar tahun 2017, tapi museum ini menjadi satu-satunya tujuan wisata museum kolektor uang pertama di Sumatera bahkan di Indonesia. Wisatawan milenial pasti bakal dibuat takjub dengan koleksi super komplit uang Sumatera yang hanya ada di Museum Uang ini.

museum uang sumatera

Dulunya, uang Sumatera ngga cuma jadi alat tukar yang sah untuk beli sebuah barang, melainkan juga sebagai kode khusus melawan penjajahan Belanda. Kok bisa? Iya soalnya di setiap uang Sumatera ada kode-kode unik dimana arti kode itu punya makna memasuki suatu daerah tapi juga sebagai alat transaksi barter yang sah saat itu. Uang Sumatera ini dulunya dibuat langsung oleh pemerintah daerah setempat.

museum uang sumatera

Sang pencipta yang juga merupakan kolektor uang Sumatera adalah Bapak Bistok Siregar. Beberapa hasil karya uang beliau sekarang ada di museum ini, seperti Uang Palembang, Uang Banten, Uang Bukit Tinggi dan Uang Jambi.

museum uang medan

Museum ini punya dua lantai guys, dimana lantai pertama museum kalian bisa menemukan uang kertas mata uang rupiah. Mata uang kertas ini tersedia dalam berbagai nominal mulai dari 2.5 rupiah, 10 rupiah hingga 25 rupiah. Selain uang kertas, disini juga ada uang jenis logam.

museum uang medan

Disini juga ada alat transaksi berupa bon beras yang mana saat itu juga diunakan sebagai alat barter yang sah dan sebagai kode dalam melawan penjajah. Kalian juga akan disuguhkan dengan mesin pencetak uang beserta alat potong uang pada jaman itu. Wah, ternyata bon itu udah ada sejak jaman dulu ya guys.. hahaha..

museum uang medan

Naik ke lantai dua, disini terdapat uang logam berbagai bentuk dan ada juga uang logam yang terbuat dari emas asli. Semua jenis mata uang yang ada disini digunakan di jaman VOC hingga jaman penjajahan Jepang, semuanya ada di Museum Uang Sumatera ini.

museum uang medan
museum uang medan

Gimana guys? Menarik banget kan Museum Uang ini? Kalian yang ada di Medan atau berencana liburan ke Medan, jangan lupa buat mampir ke Museum Uang ini ya guys. Kalian bisa upgrade ilmu pengetahuan kalian soal uang dan juga menambah wawasan soal sejarahnya. So, happy traveling!

Video by Bingkai Sumatera

Tips and Trick

  • Museum ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampe 5 sore. Kecuali hari Minggu, buka jam 10 pagi.
  • Masuk kesini sama sekali ngga dikenakan tiket masuk alias gratis.
  • Bawa kamera.
  • Ajak teman-teman dan keluarga kalian.
  • Jaga kebersihan.
  • Jangan rusak benda-benda bersejarah disini.

Gallery (8)

Comments (1)