Sumber Sira, Menyegarkan Jiwa & Raga di Sumber Air yang Bening

sumber sira

redjo | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Snorkling
16 May 2017


Sumber Sira, Menyegarkan Jiwa & Raga di Sumber Air yang Bening
Saatnya berlibur !!, kali ini saya akan mengulas tentang “Sumber Sira”, Cocok banget buat melepas penat, panas & gerah ! mau tau gimana serunya ?, ayo lihat pengalaman saya dibawah ini !.

How to Get There

Oke, Setelah mendapat beberapa Saran untuk berangkat pagi, Saya Memulai perjalanan sehabis subuh, saya bersama lima teman saya mengendarai mobil pribadi yang dilengkapi dengan GPS (karena baru pertama kali ketempat tujuan akhirnya kita pasrah pake google maps aja), Tempat Wisata Sumber Sirah ini sendiri terletak di Jalan Sunan Gunung Jati, RT.05 / RW.02, Putukrejo, Gondanglegi, Putukrejo, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur (source by google maps), untuk sampai tempat kita membutuhkan waktu 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 90km.

What to Do

Wah, Akhirnya nyampe juga.. sebelum kita masuk kita diharuskan membayar parkir 3rb utk motor & 5 rb utk mobil, ada juga kotak untuk anda yang mau menyumbang seikhlasnya untuk perawatan tempat wisata, setelah dari tempat parkir kendaraan kita harus berjalan sekitar 100m sebelum masuk ke sumber air.

Sampai di tempat Keliatannya sih biasa aja (memang tempat ini dulunya cuman sekedar sumber air), akan tetapi ketika mendekat kita langsung terpesona dengan beningnya air yang seakan-akan menarik kita untuk bermain, Sumber ini memiliki kedalaman sekitar  80cm – 1,5 mtr cukup aman untuk anda yang mau berenang ataupun menyelam, kalaupun anda tidak bisa berenang atau mau santai saja mengambang diatas air anda bisa menyewa ban dengan biaya 2rb-5rb (waktu sewa bebas sepuasnya),

 

 

Menghiraukan udara yang masih dingin saya dan teman teman menyewa ban dan langsung nyemplung menikmati sumber air yang super jernih, tidak mau menyia-nyiakan waktu kita langsung berfoto ala snorkling ditemani ikan2 kecil dan tumbuhan sejenis ganggang hijau yang indah, sedikit tips untuk mendapatkan foto yang bening, kalian jangan bergerak terlalu liar karena akan membuat air menjadi keruh juga akan merusak tumbuhnya ganggang hijau.

 

Menyusuri arus Sumber Sira kita menemukan arus yang mengairi sawah, disini kita bisa merasakan sensasi ala rafting kecil2an,  tapi jangan sampai jauh terbawa arus cukup jauh karena aliran air Sumber Sira akan sampai ke sumber air selanjutnya (Sumber Maron), yang mana cukup jauh kalau anda menyusuri kembali ke Sumber Sira.

 

 

Menurut pengalaman kami sendiri biaya yang dikeluarkan cukup murah untuk berwisata, untuk tiket masuk, sumbangan & menyewa ban estimasi cuman 15rb saja, anda sudah bisa menikmati sumber air yang bening dan mendapatkan foto2 yang “kece” untuk di upload disosial media.

 

sekarang sudah tersedia toilet, kamar mandi atau tempat ganti baju (konon dulunya ga ada toilet ), cukup banyak juga warung untuk membeli makanan & minuman.

 

Setelah puas bermain air di Sumber Sira, kita dilanda rasa lapar dan akhirnya memutuskan untuk mencari kuliner yang murah di kota malang, mau tau gimana serunya? lihat pengalaman kita berikut > Menikmati Sensasi Makan Murah Di Ayam Goreng Nelongso

(image source by google images & instagram)

Tips and Trick
  1. Datanglah cukup pagi kalau memang menginginkan hasil foto yang extraordinary (memang hawanya cukup dingin, namun masih sepi pengunjung jadi bisa lebih leluasa berfoto ria).
  2. Bawalah Kamera Undewater (ex.GoPro,COOLPIX,dll), minimal cover underwater untuk HP.
  3. Agar lebih leluasa pakailah pakaian renang.
  4. Hati-hati saat berfoto atau menyelam agar tidak merusak tumbuhnya ganggang hijau.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.