99 views | 1 Likes

Menjelajahi Nagari Tuo Pariangan, Desa Tertua di Minangkabau

5 star (from 1 people)
Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 24 May 2019, 11:55:50

Salah satu desa terindah di dunia ternyata ada di Indonesia

How to Get There

Throwback liburan ke Sumatera Barat lagi nih guys! Kemaren-kemarennya gue emnag sempet share cerita pengalaman selama disana, mulai dari mengunjungi Danau Singkarak, Danau Diateh, Istana Bung Hatta hingga mencicipi lezatnya Itiak Lado Mudo. Nah, kali ini gue mau share pengalaman gue jalan-jalan ke salah satu Desa Terindah di Dunia yaitu Nagari Tuo Pariangan.

Awalnya gue bingung juga, masa ada desa terindah disini soalnya setahu gue desa terindah ada di Bali, tapi di Sumbar juga ada guys dan emang indah sekali. Menuju ke Nagari Tuo Pariangan ini gampang banget guys, kalo dari bandara Minangkabau kalian bisa langsung naik taxi ataupun rental mobil. Tapi kemaren gue berangkat dari Kabupaten Tanah Datar, tinggal naik minibus atau ojek motor kesananya. Soalnya ngga jauh-jauh banget sih.




What to Do

Nagari Tuo Pariangan pernah dinobatkan jadi sebua desa terindah oleh majalah pariwisata internasional terbitan New York, yaitu Budget Travel pada tahun 2012. Dalam bahasa Minang, Nagari punya arti Desa, lokasi dari desa indah ini ada di lereng Gunung Marapi yang masih aktif di Kabupaten Tanah Datar. 

Saat pertama kali gue sampe sini, gue langsung disuguhi panorama alam berupa sawah hijau yang menyejukkan mata. Jalanannya pun berkelok-kelok jadi makin mengasyikkan. Udaranya yang sejuk khas pegunungan bikin paru-paru gue berasa seger. Maklum, keseringan menghirup udara kota yang penuh polusi. Hahaha

Nagari Pariangan ini dikenal sebagai nagari tertua di Sumatera Barat karena Kebudataan Minangkabau lahir dari desa ini. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya berbagai macam bukti sejarah, seperti menhir, batu tigo luak, prasasti dan masih banyak lagi lainnya. Kebudayaan dan arsitektur bangunan punya ciri khas yang unik dan ngga dimiliki oleh daerah lainnya. Smeuanya masih tetap dipertahannya hingga saat ini lho guys.

Kegiatan apa aja yang bisa dilakukan di Magari Tuo Pariangan ini?

1.Mengunjungi dan beribadah di Masjid Ishlah

Masjid Ishlah ini merupakan masjid unik yang umurnya udah ratusan tahun. Di bangun sekitar abad ke 19 oleh Syekh Burhanuddin. Masjid ini punya atap seperti atap limas segi empat bertingkat. Katanya sih arsitektur masjid ini terinpirasi dari gaya arsitektur Dongson dari Negeri Tibet.

2.Mencoba Pemandian air panas

Keunikan dari desa ini adalah adanya pemandian air panas alami yang berasal dari Gunung Marapi. Berendam di pemandian air panas ini punya khasiat lho guys, yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Pemandian air panas ini dijuluki Tapian Mandi dan lokasinya ada di dekat Masjid Ishlah.

3.Mengunjungi Cagar Budaya

Disini ada sebuah cagar budaya berupa sawah yang dibuat oleh Dt Tantajo Garhano yang merupakan salah satu leluhur masyarakat Minang. Sawah ini diberi nama Sawah Gadang Satampang Baniah dan merupakan sawah pertama yang dibuat di Nagari Pariangan.

4.Melihat Rumah Gadang Nagari Pariangan

Saat pertama kali masuk Nagari Pariangan, kalian bakal melihat Rumah Gadang bernuansa Minang. Rumah-rumah Gadang ini udah cukup tua, terlihat dari kayu yang digunakan.

Gimana guys? Keren banget kan desa ini? Makanya, kalo kalian berencana main ke Sumatera Barat jangan lupa untuk memasukkan Nagari Tuo Pariangan ini sebagai destinasi kalian ya!

Video by nusantara minangkabau

Tips and Trick

  • Untuk berkeliling di Sumbar, baiknya kalian sewa kendaraan aja di pusat kota Padang. Biar lebih hemat waktu dan biaya.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Ajak temen-temen kalian.
  • Jaga selalu kelestarian dan kebersihan tempat ini.

 

Gallery (6)

Comments (1)