118 views | 2 Likes

Curug Tilu Leuwi Opat: Surga Tersembunyi di Bandung!

5 star (from 2 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 22 May 2019, 15:23:12
Victoria
Tourist

air terjun yang wajib kalian kunjungi saat ke Bandung..

How to Get There

Curug Tilu Leuwi Opat. Udah ada yang nggak asing sama tempat wisata yang satu ini? Beberapa orang sekitarku sih belum banyak yang tahu, aku juga. Jadi, kami kemaren pas mau berangkat emang hanya mengandalkan info di Internet. Berhubung salah satu temenku ada yang share tentang Curug Tilu Leuwi Opat dan pemandangannya bagus banget, jadi pengen ikutan kesini deh. 

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parangpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Fyi, lokasi daerah Parangpong ini juga nggak jauh dari Lembang lo sebenernya. Tapi belum banyak yang tahu kan kalian kalo ada wisata sebagus ini? 

Dari Curug Cimahi, kayaknya hanya menempuh jarak 2 km an deh untuk sampai di Curug Tilu Leuwi Opat ini. Perjalanan menuju ke lokasi cukup mengasyikkan. Meskipun jalanan cukup berbahaya dan beberapa ada yang curam baik belokan maupun tanjakannya, tapi seru. Pastikan kendaraan kalian aman untuk medan yang berat menuju ke Curug Tilu Leuwi Opat ya. 

What to Do

Setibanya di Curug Tilu Leuwi Opat, pengunjung diharuskan membeli tiket seharga Rp 10.000,- per orang. Mmm, dari sini jangan harap kalian bisa ketemu langsung sama curug atau air terjunnya ya. Untuk sampai ke kawasan Curug Tilu Leuwi Opat, pengunjung harus menempuh perjalanan yang bisa dibilang lumayan menguras tenaga. Kebanyakan sih trekkingnya cukup ringan, tapi sesekali juga ada jalanan yang menanjak atau menurun dan harus dilalui tanpa pengaman. Jadi harus tetep berhati hati ya. Kalau bisa sih kalian bawa dari rumah sendal atau sepatu yang alasnya nggak licin. Dan satu lagi, jangan dateng pas musim hujan, bahaya beb. 

Menyebrangi sungai dan jembatan kayu juga jadi hal yang harus banget dilalui sebelum sampe ke titik Curug Tilu Leuwi Opat. Untungnya di jalan menuju ke Curug Tilu Leuwi Opat, pengunjung akan dibantu dengan penujuk jalan, jadi nggak akan tersesat meskipun jalannya nggak mudah untuk dilalui. 

Setelah melewati jalanan yang cukup menyeramkan buatku, akhirnya kami sampai juga di titik Curug Tilu Leuwi Opat. Air terjun ini memiliki ketinggian sampe 25 meter. Tapi kalau musim kemarau dan lagi panas panasnya, air di Curug Tilu Leuwi Opat bisa menipis bahkan sampe habis. Tapi kalau mau main di sungainya sih tetep aman kok. 

Pemandangan di Curug Tilu Leuwi Opat cantik banget. Bawa camera menuju kesini memang jadi hal yang tepat. Pengunjung bisa mengabadikan pemandangan sekeliling yang indah sekaligus foto ootd di Curug Tilu Leuwi Opat. Banyak banget spot di kawasan air terjun, dan juga di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini. 

Bermain air di kawasan Curug Tilu Leuwi Opat emang jadi hal yang nggak bisa dilupain. Boleh kok berenang, tapi memang aliran Curug Tilu Leuwi Opat ini cukup deras, jadi kalian wajib berhati hati ya. Jangan lupa bawa baju ganti ya kalau kalian mau main air disini. Keseruannya tiada tanding!

Membawa makanan dan minuman dari rumah sangat disarankan sih. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya juga ya. Kebersihan Curug Tilu Leuwi Opat ini wajib banget dijaga, biar Indonesia masih punya tempat wisata keren dan alami kyk gini guys. 

Curug Tilu Leuwi Opat juga dilengkapi dengan fasilitas outbond, jadi dijamin banyak banget kegiatan positif yang bisa kalian lakukan disini. Seru. Kalau main ke Bandung, jangan lupa mampir ke Curug Tilu Leuwi Opat ya!

Tips and Trick

  • Jangan pake alas kaki yang licin
  • Jangan dateng pas musim hujan
  • Jangan membuang sampah sembarangan ya.

Gallery (6)

Comments (2)