111 views | 1 Likes

Bukit Holbung: Panorama Bukit Cantik di Pulau Samosir

4 star (from 1 people)
Samosir, Sumatera Utara, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 02 June 2019, 14:03:11
luna
Sightseeing

Ingin menikmati keindahan Danau Toba dari atas? Cobain mendaki bukit cantik ini!

How to Get There

Kebetulan lebaran kali ini aku dan keluarga berkumpul di Medan, jadinya aku ngga keluar kota deh. Untungnya, Medan punya sejuta tempat wisata yang menawan untuk dikunjungi. Ceritanya beberapa sodaraku ngajakin buat jalan-jalan ke Samosir, aku ngajakin mereka ke beberapa tempat sepeti Museum Huta Bolon Simanindo, Huta Siallagan dan yang baru-baru ini hits Bukit Holbung.

Bukit Holbung ini lokasinya di Samosir dan untuk menuju kesini memang butuh persiapan segalanya. Untuk mencapai bukit ini, ada dua pilihan rute, pertama dari Medan ke Tele dimana selama perjalanan kalian bisa melewati Kebanjahe. Rute lain adalah lewat Siantar, Parapat dan Samosir. Kalo kalian pake rute kedua, kalian harus lewat Pelabuhan Tiga Raja untuk mencapai Tomok di Pulau Samosir.

What to Do

Daya tarik Pulau Samosir adalah panorama alamnya yang memukau. Pulau yang ada di tengah Danau Toba ini belakangan menjadi perhatian karena punya sebuah wisata keren yaitu Bukit Holbung. Bukit ini juga merupakan sebuah desa tua yang usianya mencapai 200 tahun. Dari atas Bukit Holbung ini kalian bisa menikmati panorama alam dari ketinggian dan juga bisa melihat lebih dekat kehidupan masyarakat setempat.

Sebelum melakukan pendakian ke bukit, kalian bisa mengunjungi sebuah desa dimana ada sekitar 500 orang disana. Untuk mendaki Bukit Holbung ini butuh waktu yang ngga terlalu lama kok guys, yaitu sekitar 10 sampe 15 menit aja. Ngga usah khawatir guys, soalnya udah ada jalan setapaknya. Cuma agak ngos-ngosan sih dan lumayan panas.

Bukit ini sekilas mengingatkan aku sama Bukit Teletubbies dan emang penduduk sekitar menyebutnya sebagai Bukit Teletubbies. Soalnya emang mirip dan indahnya juga sama persis dengan Bukit Teletubbies. Bukit ini ngga hanya menyajikan pemandangan yang indah, tapi juga ada suasana tenang dan udara yang segar. Berada disini bisa melepas penat akan rutinitas sehari-hari. Tenang dan seger banget!

Kami juga sempat bertemu dengan beberapa orang yang sedang camping disini. Kami pun langsung mengeluarkan kamera dan mulai mengabadikan momen. Angin diatas bukit saat itu berhembus cukup kencang dan matahari bersinar terik. Untungnya kami semua udah pake pelindung kepala, jadi ngga berasa panas-panas banget.

Dari atas Bukit Holbung ini, kalian bisa melihat Pusuk Buhit yang megah dan juga Danau Toba. Semua ini menjadi pemandangan alam yang cantik dan menakjubkan. Kami bener-bener dibuat kagum, Indonesia emang indah ya guys. Pemandangan diatas bukit ini bisa jadi background foto yang epik.

Setelah puas foto-foto, kami beristirahat sejenak sambil menikmati makan siang. Kami tadi sempet bawa perbekalan dari rumah soalnya disini jarang ada warung makan. Mungkin next time kalo kesini lagi enaknya camping ya guys. Jadi bisa menikmati matahari terbenam atau matahari terbit disini.

Saat matahari makin tinggi, akhirnya kami segera turun bukit untuk kembali dan bersiap menuju ke destinasi berikutnya! Yuk, segera agendakan perjalanan kalian ke Bukit Holbung ini!

Video by arie marmata

Tips and Trick

  1. Buat kalian yang mau mengunjungi bukit ini, jangan lupa bawa kamera yang bagus ya.
  2. Pake alas kaki yang nyaman juga, buat cewek-cewek jangan pake heels.
  3. Pake baju yang nyaman juga.
  4. Kalo kalian datengnya siang-siang, jangan lupa pake penutup kepala dan sunscreen.
  5. Bawa perbekalan sendiri.
  6. Jangan dateng sendirian, ajak temen-temen dan keluarga kalian.
  7. Jangan lupa buat bawa turun lagi sampah kalian, biar bukit ini tetap terjaga kebersihannya.

 

Gallery (5)

Comments (1)