250 views | 3 Likes

Bukit Batas Waduk Riam Kanan: Raja Ampat-nya Kalimantan

4 star (from 3 people)
Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 20 May 2019, 11:17:58
redjo
Tourist

Belum bisa main ke Raja Ampat, jadinya main ke KW nya dulu guys.. hehehe..

How to Get There

Setelah bulan lalu aku dan saudara-saudara jalan-jalan ke Bontang Kuala untuk mengunjungi 3 Pulau Cantik disana, Minggu kemaren saya sempet jalan-jalan lagi nih guys. Kali ini ngga jauh-jauh dari Banjarmasin kok, tepatnya di Martapura. Jadi, disini ada sebuah bukit cantik bernama Bukit Batas yang punya view langsung ke Waduk Riam Kanan. Bukit Batas ini berlokasi di Desa Bukit Batas, Kabupaten Banjar. Posisinya di seberang Waduk Riam Kanan.

Untuk menuju kesana, dari kota Banjarmasin saya dan beberapa teman-teman berangkat menuju Dermaga Riam Kanan dengan kendaraan pribadi. Perjalanan ini butuh waktu sekitar satu jam perjalanan. Setelah sampai di dermaga, kami harus memarkir kendaraan di dekat dermaga ini dengan biaya sekitar Rp 10.000 per mobil. 

bukit batas waduk riam kanan

Dari dermaga ini, perjalanan harus dilanjutkan dengan menggunakan transportasi air yang udah disediakan oleh warga setempat, transportasi ini bernama kelotok. Tarif kelotok untuk pulang pergi sekitar Rp 400.000. 

bukit batas waduk riam kanan


What to Do

Setibanya di Desa Bukit Batas, barulah kami mulai mendaki bukit ini. Bukitnya lumayan tinggi guys, kemarin saya butuh waktu sekitar 1 jam untuk mendaki hingga tiba di puncak. Itu pun kami mendakinya saat bulan puasa pula dan di siang hari. Bisa dibayangin dong gimana capeknya dan panasnya saat itu. Tapi seru banget lho guys, soalnya perjalanan kami melewati pedesaan dan hutan yang masih asri.

bukit batas waduk riam kanan

Sebelum berangkat, kami sudah menyiapkan perbekalan untuk di makan saat buka puasa diatas bukit nanti. Kami sudah semangat sekali pengen buka puasa diatas bukit sambil menikmati pemandangan yang super menawan ini plus bonus pemandangan matahari terbenam alias sunset.

Pemandangan dari atas Bukit Batas ini sekilas mengingatkan kami dengan pemandangan di Raja Ampat. Meskipun tak seindah pemandangan Pulau Wayag di Raja Ampat sih, tapi banyak pengunjung yang menyebut gugusan pulau kecil di Waduk Riam Kanan yang terlihat dari atas Bukit Batas ini bagaikan Raja Ampat.

bukit batas waduk riam kanan

Apalagi saat cuaca cerah seperti kemarin, kami jadi bisa melihat pemandangan matahari terbenam. Atau kalo kalian pengen camping disini, kalian bisa melihat pemandangan matahari terbit juga lho. Di bukit ini emang masih belum ada penginapan, jadi kalian kalau pengen bermalam, bisa bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Untuk toilet juga udah disediakan kok guys, meskipun cuma kecil dan ala kadarnya, tapi bisa dipake buat buang air kecil ataupun air besar.

raja ampat nya kalimantan
raja ampat nya kalimantan

Sementara kalo keperluan airnya, kalian bisa turun sebentar untuk mengambil air di sungai. Biasanya sih pengunjung yang camping diatas bukit ini juga menggunakan sungai itu untuk mandi, baru setelah tiba di Dermaga Riam Kanan ada kamar mandi dan bisa bilas badan dan ganti baju disana.

Video by Trisebud Travel

Suasana alam yang asri dan udara yang segar dari puncak bukit ini memang bener-bener bisa bikin refresh. Rasanya segala lelah selama perjalanan dan kepenatan akan rutinitas sehari-hari langsung menguap. Menurut saya sih, tempat ini cocok banget untuk alternatif wisata akhir pekan karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari Banjarmasin.

raja ampat nya kalimantan

Nah, buat kalian yang pengen berwisata ala ala Raja Ampat tapi masih belum bisa kesana, ngga ada salahnya buat maen dulu ke Bukit Batas ini. Pemandangannya mirip banget deh!

raja ampat nya kalimantan

Tips and Trick

  • Buat kalian yang datang dari luar kota Banjarmasin, untuk menuju ke Bukit Batas ini bisa sewa kendaraan dari pusat kota Banjarmasin. Soalnya lebih hemat.
  • Wajib banget buat camping disini, bawa perlatan camping sendiri ya guys.
  • Bawa perbekalan dan air mineral.
  • Bawa obat-obatan pribadi.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (6)