166 views | 1 Likes

One Day Escape ke Curug Putri Kencana: Wisata Alam yang Deket Jakarta nih!

4 star (from 1 people)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 17 May 2019, 10:56:06
Victoria
Tourist

Suntuk dengan Jakarta? Berwisata ke air terjun ini bisa sedikit melepas penat kalian lho guys!

How to Get There

Pengen melepas penat meskipun cuma waktu singkat? Bisa banget guys! Ini pengalaman aku waktu weekend lalu pengen banget traveling karena suntuk dengan kerjaan, tapi juga ngga punya banyak waktu buat pergi jauh-jauh, akhirnya salah satu temen aku ngajakin One Day Escape ke Sentul, Bogor untuk mengunjungi Curug Putri Kencana.

Curug Putri Kencana berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Kalo kalian berangkat dari Jakarta, kalian tinggal arahkan kendaraan menuju Bogor via Tol Jagorawi. Setelah keluar di gerbang Tol Sentul City, belok kiri untuk memasuki jalan utama menuju Jungle Land. Sebelum sampe di wisata tersebut, belok ke kanan lewat sebuah jalan kampung. Setelah itu kalian akan ketemu pertigaan, belok lah ke kiri dan ikuti jalan sampe ketemu petunjuk ke Curug Putri Kencana.

Dari pertigaan tadi sampe ke area parkir curug kira-kira 30 menitan dan sepanjang perjalanan ini kalian akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang menyegarkan. Kalian pun bisa berhenti sejenak dan foto-foto disini.

curug putri kencana


What to Do

Dalam bahasa Sunda, Curug punya arti Air Terjun dan Curug Putri Kencana ini punya pemandangan cantik yang berupa gerojokan alami dan aliran sungai yang jernih dan berbatu. Alam di sekitar Curug Putri Kencana ini masih asri dan terjaga kelestariannya. Banyak pepohonan tumbuh dengan rimbun dan suasana pedesaan sangat kental terasa disini. 

curug putri kencana

Curug Putri Kencana emang kecil dan ngga terlalu tinggi guys, kedalaman kolam alaminya pun mencapai 5 meter. Jadi, kalo kalian ngga bisa renang, mending main di pinggirannya aja. Daripada nanti tenggelam. Kolam-kolam alami ini terbentuk dari sususan bebatuan dengan beraga, ukuran. Aliran airnya pun berwarna tosca, sangat jernih dan dingin banget pastinya. Kalian bisa berenang atau menikmati sensasi melompat dari atas jembatan bambu dan bebatuan yang ada di deket kolam alami tersbeut. Tinggi loncatannya bisa mencapai 10 meter.

curug putri kencana

Curug cantik ini menawarkan beragam outdoor activity yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Mulai dari yang biasa aja sampe yang mampu memacu adrenalin. Contohnya aja kayak body rafting. Aktivitas ini cukup menantang karena kalian akan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Atau juga ada paket adventure camp yang ngga kalah serunya.

curug putri kencana

Dibalik keindahan dan keasrian wisata curug ini, pastinya ada sejarah dan kisah mistisnya dong. Menurut warga sekitar, setiap malam Jumat mereka sering mendengar suara wanita disana bahkan ngga jarang mereka melihat seorang wanita berbusana ala kerajaan lengkap dengan perhiasannya. Inilah yang jadi asal usul kenapa curug ini diberi nama Curug Putri Kencana.

curug putri kencana

Ngga cuma itu, warga setempat juga sering melihat penampakan noni Belanda di sekitar curug. Konon katanya sih, none Belanda ini meninggal secara ngga wajar di kawasan ini.

Video by Bang Choky Simatupang

Meskipun banyak sekali cerita mistis yang beredar disini, ngga ada salahnya kalian datang kesini untuk menikmati langsung kesegaran berenang di kolam alami Curug Putri Kencana ini. Curug ini bisa jadi alternatif wisata singkat buat kalian yang pengen melepas penat tapi ngga punya banyak waktu libur karena lokasinya yang cukup dekat dengan Jakarta. So, selamat berlibur :)

curug putri kencana


Tips and Trick

  • Harga tiket masuk yang dipatok per orang Rp 15.000.
  • Jangan lupa bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Pake alas kaki yang nyaman karena kalian bakal jalan kaki menyusuri air terjun ini.
  • Bawa bekal.
  • Bawa kamera anti air.
  • Jaga kebersihan.
  • Jaga sikap dan tetap berhati-hati.

Gallery (6)

Comments (1)