76 views | 0 Likes

Bukit Klangon, Spot Foto Instagramable di Lereng Merapi

0 star (from 0 people)
Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 01 June 2019, 14:24:47
lizbeth
Sightseeing

Salah satu wisata Jogja yang hits berkat sosial media..

How to Get There

Liburan Lebaran gini kemana nih guys? Ada yang main ke Jogja ngga? Buat kalian yang libur lebaran ini berencana pergi ke Jogja atau kalian mau mudik ke Jogja, aku mau share nih sebuah tempat wisata yang wajib banget kalian kunjungi saat liburan. Wisata yang cukup belakangan ini cukup hits karena keindahannya tapi juga lumayan bahaya sih. Kira-kira dimana ya? Yups, Bukit Klangon Merapi.

Secara adminitratif, Bukit Klangon ini berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Kenapa aku bilang lumayan bahaya? Soalnya lokasi bukit ini ada di daerah Kawasan Rawan Bencana III. Lokasinya cukup deket sih sama Merapi, makanya kalo sewaktu-waktu Merapi lagi erupsi, kalian pertimbangkan lagi untuk pergi kesini.

Butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan untuk menuju ke Bukit Klangon ini. Dari Kota Jogja, kalian tinggal arahkan kendaraan menuju Kaliurang sampe di pertigaan arah ke Kaliadem/cangkringan, belok kanan. Lalu ada pertigaan lagi menuju merapi Golf atau The Lost World Castle, belok kanan dan lurus ke timur sampe ketemu pertigaan lagi, belok kiri dan lurus terus. Dari sana udah banyak petunjuk jalan menuju Bukit Klangon.




What to Do

Berawal dari sosial media Instagram, nama Bukit Klangon ini akhirnya mulai banyak dikenal oleh wisatawan. Aku pun tahunya juga lewat instagram, gegara salah satu temen post abis dari sana dan ternyata aku kepo, ngga lama aku pun langsung kesana bareng temen-temenku lainnya. Dan ternyata, Bukit Klangon ini merupakan nama sebutan oleh pengguna sosial media, nama aslinya adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo. Meskipun baru-baru ini hits, tapi ternyata wisata ini udah dibuka untuk umum sejak tahun 2011.

Bukit Klangon ini punya sebuah gardu pandang dengan background Gunung Merapi yang nampak gagah dan besar. Soalnya bukit ini lokasinya ngga jauh dari Gunung Merapi guys, sekitar 4 km aja. Jadi kalian ngga perlu capek-capek mendaki puncaknya, cukup berkunjung ke Bukit Klangon aja udah bisa menikmati pemandangan epik Gunung Merapi ini.

Gardu Pandang yang ada di Bukit Klangon ini punya ketinggian sekitar 5 meter yang berdiri kokoh. Buat kalian yang hobi naik sepeda gunung, ngga ada salahnya juga buat cobain bersepeda di bukit ini. Bukit Klangon ini dikenal sebagai tempat downhill dan dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung. Di Bukit Klangon ini juga sering diadakan acara balapan untuk sepeda tingkat regional hingga nasional. Untuk saat ini sih, Bukit Klangon jadi satu-satunya lintasan sirkuit downhill terbaik di Jogja.

Di Bukit Klangon ini ada track sepanjang 20 km dengan medan yang cukup memicu adrenalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya butuh waktu 1,5 jam. Nah, ngga ada salahnya buat kalian yang suka naik sepeda gunung buat cobain langsung track di Bukit Klangon ini.

Menurut aku, wisata Bukit Klangon ini cocok banget buat kalian yang pengen menghilangkan penat dengan santai-santai menikmati alam. Kalian bisa menikmati hangatnya pagi di lereng Merapi. Atau buat kalian yang adrenaline junkie, wisata ini juga cocok banget untuk dikunjungi.



Video by Dwi Ahart Channel

Tips and Trick

  • Buat kalian yang mau kesini, baiknya sewa kendaraan dari Jogja.
  • Pastikan juga kendaraan yang kalian pake dalam keadaan fit soalnya jalannya lumayan susah.
  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus.
  • Pake baju hangat atau jaket.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jaga selalu kebersihan.

Gallery (7)

Comments (2)