90 views | 2 Likes

Telaga Biru Semin. Surga ini Ada di Gunung Kidul Lho!

5 star (from 2 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 16 May 2019, 13:15:12
sisil
Traveler

Jogja memang surganya tempat wisata yang keren-keren dan seru-seru. Belakangan ini, ada sebuah wisata bekas galian yang cukup instagramable di Joga. Penasaran?

How to Get There

Daerah Istimewa Yogyakarta nggak pernah kehabisan cara untuk memamerkan tempat wisata yang dimilikinya. Terlebih daerah Gunung Kidul. Daerah yang satu ini memang memiliki banyak wisata, terutama pantai. Siapa sih yang ngak tau pantai pantai terkenal di Gunung Kidul? Masih sekitaran Gunung Kidul, kali ini kami bakal jalan jalan menuju ke tempat wisata juga, tapi bukan pantai, cari yang anti mainstream dong. 

Tujuan kami adalahhh, Telaga Biru Semin. Yak, banyak yang menyebut dengan sebutan Telaga Biru Semin, ada juga yang menyebut hanya Telaga Biru saja. Alamatnya ada di daerah Sukoharjo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena lokasinya yang berada di daerah Semin, jadi banyak yang nyebut Telaga Biru Semin deh. Biar nggak ketuket sama Telaga Biru yang lain, karena banyak lho wisata yang namanya 'Telaga Biru'.

Youtube : Dunia wisata

Dengan bekal google maps aja, kami bisa sampai denga selamat dan nggak nyasar kok menuju ke tempat wisata yang satu ini. Di sepanjang jalan juga banyak terdapat penunjuk jalan yang tentunya akan memudahkan perjalanan kalian travelers!

Antusias banget liburan ke Telaga Biru Semin kali ini. Kami udah berangkat dari pagi. Ets, pastikan perut terisi sebelum berangkat ya. Biar nggak masuk angin dan tetep fit selama perjalanan.

What to Do

Perjalanan menuju Telaga Biru Semin udah terlalui dengan baik. Jalanan yang mulus dan nggak ada hambatan sudah kami lalui. Finally tiba juga di kawasan tempat parkir kendaraan. Tiket mausk menuju ke Telaga Biru Semin ini FREE alias ga usah bayar. Telaga Biru Semin memang masih termasuk wisata baru, mungkin hak itulah yang menjadikan tempat ini belum berbayar. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir seharga 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil, cukup ctandard pula kok harga parkirnya nggak mahal. 

Bukan telaga biasa. Telaga Biru Semin memiliki panorama yang sangat mengagumkan. Kalau telaga pada umumnya hanya genangan air saja, tapi Telaga Biru Semin lebih dari itu lho. Genangan air dikelilingi dengan bebatuan cantik. Nggak hanya itu. Ada beberapa tebing di sekitar Telaga Biru Semin yang menjulang ke atas. Serasa di Raja Ampat. Indahnya genangan air dengan warna biru kehijauan ditambah dengan bebatuan dan tebing merupakan perpaduan yang pas. 

Nggak hanya bebatuan dan tebing, pepohonan dan sawah juga cukup menyegarkan mata kami kala itu. Pemandangan yang indah ditambah dengan angin yang sejuk rasanya bikin kami betah disini. Nggak cukup waktu 1 jam uatau 2 jam untuk memuaskan wisata kami kali ini. 

Langsung ambil camera dan jeprett. Pemandangan di kawasan Telaga Biru Semin nggak perlu diragukan lagi. Buat berfoto apalagi, kalian akan mendapatkan gambar yang estetik jika berfoto di kawasan Telaga Biru Semin. Ada juga beberapa fotografer yang datang untuk mengambil gambar alamnya yang indah. 

Katanya sih menikmati sunrise dan sunset di Telaga Biru Semin merupakan hal yang mengasyikkan, tapi kalau yang satu ini aku belum mencobanya. Telaga Biru Semin mempunyai satu titik lagi yang bisa kalian nikmati yakni Watu Payung. Watu Payung tuh bentuknay kayak tebing gitu. Di puncak watu payung, terdapat batu yang menyerupai bentuk payung. Itulah mengapa dinalai puncak Watu Payung. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya Yogyakarta saat naik kesini. Karena di atas puncak watu payung terdapat gazebo dan gardu pandang. Makin menarik bukan? 

Yang bikin mengagumkan lagi, sebenernya Telaga Biru Semin ini bukan telaga asli dari alam. Telaga Biru Semin adalah lubang bekas galian yang kini menjadi tempat wisata indah. Karena bukan murni telaga yang asli dari alam, pengelolaan Telaga Biru Semin belum maksimal hingga saat ini. 

Kalau kesini, jangan lupa bawa camera kalian dan berfotolah yang banyaaak!

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa camera
  • Pakai sunblock ya kalau kesini siang hari

Gallery (3)

Comments (2)