112 views | 1 Likes

Pesona Keindahan Pantai Teluk Ijo yang Masih Perawan

4 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 14 May 2019, 14:19:15

Pesona pantai banyuwangi memang menjadi sorotan para wisatawan dari manapun ni guys , karena pantainya sangat menggoda untuk di kunjungi dan salah satunya yang terletak di Taman Nasional Meruberiti adalah Pantai Teluk Ijo.

How to Get There

Pantai teluk ijo ini adalah sebuah pantai yang memiliki keindahan pantai yang sangat eksotis dan alami. Pantai ini terletak di balik sebuah bukit kecil dan terdapat pada kawasan Taman Nasional Meruberiti. Sehingga tak di ragukan lagi ni guys akan keasrian yang di miliki oleh pantai teluk ijo ini. Pantainya begitu bersih dan memiliki pasir pantai yang sangat lembut dan berwana putih . Dan pastinya sesuai namanya pantai ini memiliki warna air kehijauan dengan memiliki ombak yang tak terlalu besar. Warna hijau tersebut berasal dari tanaman alga yang tumbuh di dasar laut dan memantulkan warnanya ke permukaan sehinga mengakibatkan airnya berwarna kehijauan.


Lalau bagaimana cara untuk menuju ke teluk ijo ???

 

Pantai teluk ijo ini berada pada kawasan Taman Nasional Meruberiti tepatnya di Dusun Krajan , Sarongan , Pesanggaran , Banyuwangi. Letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota yakni 90 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi ataupun motor selama 2.5 jam perjalanan ni guys. Dari pusat kota anda tinggal mengambil arah ke pantai Rejewegsi ni guys karena pantai tersebut yang dekat dengan pantai teluk ijo. Oh ya ni guys saya sarankan jika berkunjung ke teluk ijo kondisi kendaraan harus benar-benar fit karena setelah memasuki kawasan perkebunan PTPN XII jalan berubah menjadi makadam dan jika membawa mobil pribadi jangan yang city car. Nah setelah memasuki kawasan Taman Nasional Meruberiti kita akan di kenakan retribusi masuk sebesar Rp.7500/orang dan Rp.5000/motor serta Rp.10.000/mobil. Dari loket masuk tadi kita masih melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 2 km melalui Desa Krajan hingga sampai di parkiran ni guys. Namun untuk mobil pribadi di parkirkan di area dekat dengan pantai Rejewegsi ni guys dan di lanjutkan dengan naik ojek lokal dengan tarif sebesar Rp.20.000 untuk satu kali jalan. Namun bagi yang membawa motor pribadi bisa di parkirkan dekan dengan jalur tracking menuju ke green bay ni guys. Oh ya sebenarnya ada 2 jalur untuk bisa menuju ke green bay ini yakni jalur laut dengan menyewa perahu nelayan atau via darat ini guys dengan menuruni bukit melalui anak tangga yang sudah tersusun rapi dan safety.

What to Do

 

Lalau apa saja yang bisa kita lakukan di teluk ijo ini ???

Nah setelah saya memarkirkan motor , selanjutnya saya melanjutkan tracking menuju ke bawah untuk sampai di teluk ijo ini guys. Kita harus tracking sepanjang 1 km melalui jalan setapak tepatnya di area bukit taman nasional meruberiti ini guys. Suasanya sangat asri dan sejuk jadi kita tak akan terasa capek saat menuruni anak tangga ini hingga sampai di bibir pantai. Membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam dengan berjalan santai sembari menikmati hawa sejuk yang menemani kita sepanjang perjalanan ini guys. Sesampai di bawah kita akan di sambut oleh pantai pertama yakni pantai batu , dinamakan pantai batu karena disini terdapat banyak sekali batu-batu yang beraneka ragam bentuk serta ukurannya di sepanjang bibir pantai. Ombak di pantai batu ini cukub besar dan tak disarankan untuk berenang atau bermain air di pantai ini guys. Karena ombaknya begitu besar mengingat pantai ini merupakan pantai selatan jawa. Namun suasana disini begitu tenang dan asri hanya suara burung dari di dalam hutan membuat kita seolah berada di surga yang tersembunyi ni guys. Nah dari pantai batu kita masih melanjutkan perjalanan ke arah barat untuk sampai di teluk ijo melewati bukit kecil yang sangat rimbun.



Nah sesampai di bibir pantai teluk ijo kita akan di sambut oleh suara gemuruh ombak yang saling bekerjaran dengan landai serta indahnya bebukitan megah di sekeliling membuat lelahnya perjalanan tadi akan hilang seketika. Pasir yang lembut berwarna putih , ombak yang tenang serta rimbunnya suasana sekiat membuat kita berasa di pulau bak surga ini guys. Menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sembari menikmati sejuknya air laut yang sangat jernih di tambah lagi bebatuan karang yang sangat indah di sekeliling akan membuat hati berasa bahagia disini. Kegiatan yang bisa kita lakukan disini adalah menyatu dengan air dengan cara berenang ataupun bersnorkling di area pantai teluk ijo ini guys. Ombak disini tak terlalu besar sehingga aman untuk bermain air disini meskipun pantai teluk ijo ini berada di kawasan pantai selatan jawa. Jernihnya air memang akan membuat siapapun tergoda untuk menceburkan diri di pantai ini guys. Oh ya ni guys karena pantai ini berada di Taman Nasional maka anda jangan heran jika disini akan menemukan hewan primata seperti monyet yang berkeliaran di sekitar pantai , anda harus selalu waspada dengan barang bawaan anda karena terkadang monyet tersebut bisa saja mengambil barang-barang kita guys. Oh ya ni guys di pantai teluk ijo ini tak terdapat fasilitas umum seperti warung ataupun toilet. Disini hanya terdapat pancuran air terjun kecil di sisi barat pantai teluk ijo ini yang bisa kita gunakan untuk membilas kaki ataupun tanagn setelah bermain di area pantai teluk ijo ini guys.







 

Tips and Trick

Tips & Trick saat berkunjung ke pantai Teluk Ijo :

1.       Pakailkah sunblock jika tak ingin hitam karena cuaca juga panas disini

2.       Bawa makan dan minuman sendiri karena tak adawarung yang berjualan di area pantai

3.       Datang di pagi hari jika ingin menjelajah area teluk ijo

4.       Segera kembali sebelum jam 5 sore karena hewan liar biasanya turun di sore hari speerti babi hutan

5.       Bawa baju ganti karena disini kita akan bermain air

6.       Sewa perahu jika tak ingin capek tracking menuju ke teluk ijo

7.       Bawa kamera andalan kalian karena view disini sangatlah keren

8.       Pakai alas kaki yang nyaman saat tracking karena jalan bisa licin

9.       Hati-hati dengan monyet di sekitar pantai

10.   Jangan bermain ke atas tebing karena sangat berbahaya

Gallery (13)

Comments (2)