190 views | 0 Likes

Pesona Fantasi dan Instagenic di Hutan De Djawatan Banyuwangi

5 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Forest

Posted on 13 May 2019, 15:20:35

Banyuwangi memang menjadi icon the sunrise of java karena letaknya berada di ujung timur pulau jawa ni guys. Namun tak hanya itu banyuwangi juga memiliki spot lain yang sangat instagenic layaknya dunia fantasi yaitu De Djawatan Benculuk.

How to Get There

De Djawatan begitu namanya , yaitu sebuah hutan yang memiliki keindahan dan kemegahan pohon raksasa Trembesi yang tertata rapi dengan memilki nuansa hijau yang rimbun.  Pohon Trembesi tersebut berumur ratusan tahun dengan ukuran yang sangat besar dengan di penuhi oleh benalu atau pakis yang sangat lebat sehingga jika di lihat dari kejauhan benalu tersebut seperti lumut ni guys.sehingga banyak yang beranggapan jika masuk ke kawasan wisata De Djawatan ini seperti berada pada film fantasi The Lord Od The Rings ni guys. Kawasan hutan ini milik perhutani KPH banyuwangi selatan ni guys dengan memiliki luas sekitar 4 hektar. Disini terdapat hampir 50 pohon Trembesi peninggalan Belanda dulu ni guys.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke De Djawatan ini ???

De Djawatan ini berada di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Dari pusat kota banyuwangi berjarak 31 km dan dapat di tempuh selama 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi ataupun umum ni guys karena kawasan wisata ini berada dekat dengan jalan raya jember – banyuwangi ni guys. Dari pusat kota banyuwangi anda tinggal mengikuti jalan raya menuju ke jember ni guys melalui pusat kota – Rogojampi – Srono – Benculuk, nah setelah memasuki desa benculuk sebelum pertigaan Benculuk terdapat papan petunjuk menuju ke kawasan De djawatan ini guys yang tak jauh , hanya berjarak 50 meter saja dari pusat jalan raya tadi. Nah setelah sampai di lokasi kita akan di kenakan retribusi masuk sebesar Rp.5000/orang dan parkir kendaraan motor sebesar Rp.2000/motor dan Rp.5000/Mobil.

hutan de djawatan banyuwangi

What to Do

Lalau apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Setelah memarkirkan kendaraan kita , kita akan di sambut oleh megahnya pohon Trembesi yang tertata rapi di depan kita. Sepanjang mata memandang terdapat hijaunya pepohonan yang di penuhi dengan benalu yang sangat eksotis membuat mata ini menjadi segar memandangnya. Suasana yang asri serta sejuknya udara disini membuat lelahnya perjalanan akan hilang seketika. Di beberapa pohon sudah terdapat beberapa papan di atasnya dan rumah pohon sehingga kita bisa menaiki pohon tersebut dan menikmati indahnya hutan De Djawatan ini dari ketingian ni guys. Terdapat pula beberapa tempat duduk yang terbuat dari kayu di setiap jalan sehingga jika anda capek berkeleiling area De Djawatan ini bisa beristirahat sejenak di bawah pohon yang rindang ini guys.

hutan de djawatan banyuwangihutan de djawatan banyuwangi

hutan de djawatan banyuwangihutan de djawatan banyuwangi
Kegiatan wajib yang bisa kita lakukan disini adalah berburu foto dengan latar belakang pohon Trembesi yang sangat eksotis ini guys. Pastinya anda harus membawa camera andalan kalian ni guys untuk berpose dengan beckground pohon Trembesi ini sehingga kita bisa menghasilkan foto yang sangat epic dan pastinya berasa berada di negeri dongeng ni guys. Setiap sudut hutan ini sangat tertata rapi pohonnya sehingga jika anda berpose disini akan sangat bagus dan isntagenis ni guys.

 

Disini juga terdapat permainan buat anak – anak untuk mengelilingi kawasan hutan De Djawatan ini  seperti ATV , Motor kecil ataupun sepeda ayun ni guys dengan harga sewa yang relatif terjangkau. Terdapat pula kuda yang bisa kita sewa untuk berkeliling ataupun delman ni guys. Berfoto dengan kuda ataupun delman akan menambah kesan yang sangat epic banget ni guys dengan beckground pohon Trembesi ini. Oh ya ni guys disini terdapat pula orang yang menawarkan jasanya untuk berfoto dengan kameranya ni guys dengan harga yang sangat terjangkau pula. Tempat ini selalu ramai akan wisatawan apalagi saat musim liburan bahkan weekend. Di kawasan ini terdapat beberapa kios yang berjualan makanan dan minuman jadi anda jangan khawatir kelaparan saat berkunjung ke kawasan De Djawatan ini guys.

hutan de djawatan banyuwangihutan de djawatanhutan de djawatan

hutan de djawatanhutan de djawatan

Tips and Trick

Tips dan trick saat berkunjung ke De Djawatan :

1.       Bawa kamera andalan  kalian ni guys

2.       Kunjungi saat siang hari jika ingin mendapatkan view yang sangat keren

3.       Pakai lotion anti nyamuk karena banyak sekali  nyamuk disini

4.       Pakai alas kaki yang nyaman

5.       Pakai baju yang nyaman kalau bisa yang lengan panjang

Gallery (10)

Comments (2)