53 views | 2 Likes

Air Terjun Sekumpul Buleleng, Pemandangannya Juara!

5 star (from 2 people)
Buleleng, Bali, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 13 May 2019, 11:06:17
tio
Sightseeing

Tak hanya punya pantai-pantai cantik, Bali juga punya air terjun dengan pemandangan yang tak kalah cantik. Air terjun ini salah satunya..

How to Get There

Holaa, finally berkesempatan main ke Bali lagi bareng kantor. Kali ini, aku nyobain liburan tapi nggak bareng semua temen kantor, hanya ber 3 dengan temen-temen deket aja. Awalnya sih nggak niat cari tempat wisata, tapi pengen maen yang deket aja. Setelah cek maps, ternyata tempat acaraku deket sama suatu wisata yakni Air Terjun Sekumpul Buleleng. Mumpung semua pada belum pernah kesana, jadi kami memutuskan buat nyobain deh. 

Perjalanan menuju ke Air Terjun Sekumpul Buleleng ini kami tempuh dengan menggunakan mobil pribadi. Hanya berbekal maps dan penunjuk jalan, kami ber 3 nekat berangkat demi menghilangkan sindrom kurang piknik wkwk. Lokasi Air Terjun Sekumpul Buleleng emang cukup tersembunyi dan bisa dibilang terpencil, tapi jalanan yang dilalui cukup rame kok. 

Alamatnya ada di daerah Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Perjalanan menuju ke Air Terjun Sekumpul Buleleng cukup mengayikkan. Ada beberapa jalanan yang menanjak dan berkelok tajam, tapi justru disitu keseruannya. Pastikan kendaraan yang kalian gunakan aman dan memadai untuk melewati medan yang terjal ya. Bali ternyata punya jalan keren dan asri pemandangannya, serasa pegunungan, atau mungkin emang pegunungan ya wkwk. Beberapa menit perjalanan yang kami lalui tak terasa, terlewat begitu saja. Akhirnya sampai juga di Air Terjun Sekumpul Buleleng.

Video by : Rizky Sudiantoro

What to Do

Hal pertama yang kita lakukan adalah cari tempat parkir kendaraan. Setelah itu, kami langsung menuju loket untuk membeli tiket masuk, yah seperti wisata pada umumnya. Untuk masuk ke Air Terjun Sekumpul Buleleng, pengunjun dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2000,- per orang untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan asing Rp 5000,- per orang. Masih sangat terjangkau tiket masuknya. 

Dari loket, pengunjung nggak langsung bisa menemukan air terjun lho. Kami harus berjalanan melewati jalan setapak dan anak tangga hingga kurang lebih 300 meteran. Nggak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sungai. Ya, kami juga harus menyebrangi sungai untuk sampai ke Air Terjun Sekumpul Buleleng. Seru nggak? Seru banget! Pastikan kalian menggunakan sandal atau alas kaki yang nggak licin ya, biar nggak bahaya. Perjalanan menuju ke lokasi emang cukup menguras tenaga. Tapi tenang, semua akan terbayar kalau kalian udah ngelihat indahnya Air Terjun Sekumpul Buleleng. 

Suasana yang sejuk dan pemandangan indah akan kalian dapatkan setelah melihat Air Terjun Sekumpul Buleleng. Jatuhnya air dari ketinggian kurang lebih 100 meter ini bisa bikin kalian termanjakan deh. Pemandangannya bener bener indah dan belum pernah aku temui sebelumnya. 

Ada sejarahnya lho kenapa air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Sekumpul. Jadi, kawasan air terjun ini emang terdiri dari 7 iar terjun atau 7 sumber air yang jatuh dari atas. Karena berkumpulnya aliran air tersebut, warga sekitar menyebutnya dengan sebutan Air Terjun Sekumpul. 

Kalau kalian mau bawa makanan atau minuman, boleh kok. Asal jangan membuang sampah sembarangan aja ya. di kawasan Air Terjun Sekumpul Buleleng emang sangat minim penjual makanan dan minuman. Jadi, bawa dari rumah emang sangat disarankan ya.

Membawa camera juga merupakan hal yang wajib menurutku. Pemandangan yang ada di sekitar Air Terjun Sekumpul Buleleng wajib banget diabadikan. Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan tempat berfoto keren. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto ya saat disini. Ntar nyesel kalau pulang ga bawa foto, hehe. 

Bermain atau mandi di sekitar air terjun sangat dibolehkan. Asal kalian harus tetap berhati-hati dan menjaga keamanan diri masing-masing ya. Buat yang mau berenang atau main air, jangan lupa bawa baju ganti ya, barangkali lupa hehe. 

Oh iya, yang unik lagi, wisatawan luar negeri bukan menyebut tempat ini sebagai Air Terjun Sekumpul, tetapi mereka menyebut Seven Points Waterfall.

Tips and Trick

  • Jangan pake alas kaki yang licin
  • Bawa makanan, minuman, camera, baju ganti, dan keperluan pribadi lainnya
  • Pastikan kendaraan tidak rewel
  • Pastikan kondisi tubuh fit

Gallery (5)

Comments (2)