248 views | 1 Likes

Megahnya Masjid Agung Jawa Tengah

5 star (from 2 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 13 May 2019, 10:04:44
gizeline
Tourist

Semarang dikenal sebagai ibukota Jawa Tengah yang memiliki beragam wisata religi, masjid ini salah satunya..

How to Get There

Bulan Ramadhan gini masih bingung mau traveling kemana? Cobain berwisata religi ke Masjid Agung Jawa Tengah yuk guys. Kebetulan nih, beberapa waktu lalu aku sempet main ke Semarang. Jadi, selain ada Klenteng Sam Poo Kong yang jadi wisata religi paling terkenal, di Semarang juga ada wisata religi Muslim yang ngga boleh kalian lewatkan, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah ini.

Masjid Agung Jawa Tengah ini berlokasi di Jalan Gajah Raya, Kota Semarang. Ngga susah kok guys untuk menuju kesininya, kalian kalo ngga mau bingung bisa langsung order ojek online aja. Tapi karena kebetulan kemaren aku bawa kendaraan sendiri, jadi inilah rute yang aku ambil. Dari pusat kota Semarang atau kawasan Simpang Lima, arahkan kendaraan menuju Purwodadi atau Terminal Penggaron. Ikuti jalan hingga menemukan perempatan setelah Lotte Mart di kiri jalan. Nah dari perempatan ini belok kiri dan ikuti terus jalannya sampe tiba di Masjid Agung Jawa Tengah ini.

masjid agung jawa tengah

What to Do

Masjid Agung Jawa Tengah ini juga sering disebut sebagai Masjid Agung Semarang. Masjid ini juga dikenal sebagai salah satu masjid termegah di Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai di tahun 2006. Saking besarnya nih guys, masjid ini bisa lho menampung hingga 15.000 jamaah. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga dijadikan sebagai salah satu wisata religi yang cukup populer di Semarang. 

masjid agung jawa tengah

Arsitektur bangunan Masjid Agung Jawa Tengah ini cukup unik guys, soalnya merupakan perpaduan antara budaya lokal dan budaya Arab. Hal ini dibuktikan dengan adanya 6 buah payung hidrolik raksasa yang mirip dengan payung di Masjid Nabawi. Payung-payung raksasa ini biasanya dibuka saat Sholat Jumat, Idul Fitri atau Idul Adha dengan catatan kekuatan angin ngga lebih dari 200 knot. Sayangnya, kemaren pas aku kesana payung-payung raksasa ini lagi ngga dibuka. Padahal udah excited banget pengen lihat.

masjid agung jawa tengah

masjid agung jawa tengah

Oiya, saat pertama kali masuk ke kawasan masjid ini pun aku udah disambut dengan sebuah menara yang menjulang tinggi. Menara ini bernama Menara Asmaul Husna. Sesuai dengan namanya, menara ini punya ketinggian 99 meter. Pengunjung pun bisa naik ke atas menara tersebut untuk melihat megahnya Masjid Agung Semarang ini dari ketinggian. Ngga cuma itu guys, kalian juga bisa lihat pemandangan Kota Semarang dan lautan dengan menggunakan teropong.

masjid agung jawa tengah

Terlepas dari bangunan utama masjid ini, di sebelah kanan masjid ada auditorium besar yang mampu menampung kurang lebih 2000 orang. Auditorium ini juga biasa digunakan untuk pameran atau acara pernikahan. Sementara di sisi kiri masjid, ada ruang perpustakaan dan ruang perkantoran yang disewakan untuk umum. 

masjid agung jawa tengah

Spot lain yang ngga boleh kalian lewatkan kalo berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah ini adalah Al-Quran raksasa. Al-Quran ini merupakan tulisan tangan karya Drs. Hayat yang merupakan seorang penulis kaligrafi dari Wonosobo. Selain itu, disini juga ada replika bedug raksasa yang dibuat oleh santri dari Pesantren Al-falah Mangunsari, Banyumas.

masjid agung jawa tengah
masjid agung jawa tengah

Tak lama setelah berkeliling dan mengabadikan momen di sekitar masjid ini, adzan Dhuhur pun berkumandang. Aku kan beberapa jamaah lainnya bergegas pergi mengambil wudhu untuk kemudian menunaikan sholat Dhuhur.

masjid agung jawa tengah

masjid agung jawa tengah

So, guys kalo kalian main ke Semarang pastikan untuk mengunjungi masjid ini ya. Yuk agendakan perjalanan kalian ke ke Kota Lumpia ini.

Video by khairul Leon

Tips and Trick

  • Pengunjung ngga dikenakan tiket masuk. Hanya biaya parkir kendaraan aja.
  • Untuk menuju ke atas Menara Asmaul Husna, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 3.000/orang (jam 8 pagi – 5.30 sore) dan Rp 4.000/orang (jam 5.30 sore – 9 malam).
  • Jangan lupa bawa peralatan sholat.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Gunakan pakaian yang sopan.
  • Bawa kamera.

Gallery (10)

Comments (2)