201 views | 1 Likes

Pura Segara Ulun Danu Batur, Alternatif Wisata Bali Selain Pantai

3 star (from 1 people)
Bangli, Bali, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 10 May 2019, 11:36:36
biosel
Tourist

Salah satu pura terpenting di Bali dengan pemandangan menawan..

How to Get There

Hai guys, sebelumnya aku mau nucapin selamat menunaikan ibadah puasa ya buat kalian yang lagi menjalankan. Puasa-puasa gini kalian tetep traveling ngga? Kalo bisa sih tetep traveling ya guys. Hehehe.. Ohya, beberapa waktu lalu aku sempet share pengalaman liburan bareng temen-temenku ke Desa Pinggan. Nah, kali ini aku mau share pengalaman liburan bareng ke Pura Ulun Danu Batur yang lokasinya masih di Kintamani juga.

Masih barengan sama temen-temen aku yang dari Jakarta itu, kami pun langsung berangkat ke Pura Ulun Danu Batur yang ada di Kintamani. Rute untuk menuju kesini sebenernya gampang banget guys soalnya akses jalan dan lokasinya strategis. Kalo kalian berangkat dari Denpasar, butuh waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak 50 km. 

What to Do

Pura Ulun Danu Batur ini bisa jadi alternatif wisata kalian selama di Bali kalo udah bosen pergi ke pantai atau bosen dengan kepadatan kota Denpasar. Dari dulu emang kawasan Kintamani ini dikenal dengan keindahan alamnya yang eksotis dan udara yang sejuk. Nah, pura ini juga menjadi pura kedua yang paling penting di Bali setelah Pura Besakih. Ngga heran kalo sampe sekarang cukup banyak upacara keagamaan Hindu yang dilakukan di pura ini.

Pura yang udah berdiri sejak tahun 1926 ini lokasinya tepat di Gunung Batur. Ngga heran kalo pemandangannya indah banget karena dekat dengan Danau Batur yang menawan dan lagi udaranya cukup sejuk dan seger banget. 

Sedikit cerita tentang sejarah adanya pura ini, kalo dari arti namanya, Ulun Danu berarti Dewi Danau. Masyarakat setempat emang percaya kalo sejarah pura ini erat kaitannya dengan dewi air danau yang dikenal sebagai Dewi Danu. Fungsi utama didirikannya pura ini adalah untuk persembahan kepada Dewi Danu sebab masyarakat Bali merasa sangat bersyukur akan aliran air kaya mineral dari Danau Batur yang kemudian mengaliri sawah-sawah mereka.

Selain menikmati keindahan Pura Ulun ini, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Danau Batur. Meskipun lokasinya ngga di tepi danau, tapi pengunjung juga masih bisa menikmati keindahan danau dari lokasi pura ini. 

Keunikan lain dari pura ini adalah dimana kalian juga bisa melihat megahnya Candi Bentar yang menjulang tinggi. Ngga cuma itu sih, ada juga beragam candi yang berdiri gagah dan beragam meru dengan tingkat yang berbeda-beda. Pokoknya kalo main ke Pura Ulun ini, siapin untuk banyak mengabadikan momen.




Tips and Trick

So guys, kalian yang pengen berwisata budaya ataupun religi di Bali, ngga ada salahnya buat masukin Pura Ulun Danu Batur ini ke list destinasi kalian selama di Bali. Nah, buat yang udah berencana mau kesini ada beberapa hal yang kalian mesti perhatikan juga ya, seperti peraturan yang harus dipatuhi saat memasuki pura ini yaitu setiap pengunjung harus mengenakan sebuah rok panjang, kalian juga wajib mengenakan pakaian yang sopan. Lalu, kalian juga ngga boleh mengganggu adanya upacara atau prosesi sembahyang disini. 

Buat kalian yang mau berkunjung, pura ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 18.00 WITA dengan entrance fee sebesar Rp 35.000 per orangnya. Kalo berkunjung kesini juga kalian harap tetap jaga ketertiban dan ngga buang sampah sembarangan ya guys, mengingat ini adalah tempat ibadah. Siapkan juga kamera yang bagus untuk mengabadikan momen. Jangan lupa ajak keluarga dan temen-temen kalian ya guys buat liburan ke Bali :)

Youtube by Christoper Tan

Gallery (5)

Comments (2)