84 views | 1 Likes

Pekalongan Ngga Cuma Ada Batik, Explore Indahnya Curug Sibedug

3 star (from 1 people)
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 09 May 2019, 14:21:25
zero
Tourist

Dikenal sebagau kota batik yang punya cuaca cenderung panas, ternyata Pekalongan punya air terjun secantik ini..

How to Get There

Kota Pekalongan memang dikenal sebagai kota batik yang punya cuaca terik. Meskipun matahari bersinar cukup terik disini, tapi ternyata lokasi kota ini ada di lereng gunung sehingga udaranya cukup sejuk dan jauh dari polusi udara. Lalu, beberapa waktu lalu aku dan temen-temen memutuskan untuk jalan-jalan ke Pekalongan. Kebetulan salah satu temen aku orang Pekalongan, jadi disana kami menginap dirumah neneknya. Pas udah disana, kebetulan sepupu temenku ini tadi ngajakin buat pergi ke Curug Sibedug yang katanya keren banget.

Keesokan harinya, kami langsung bersiap menuju Curug Sibedug. Untuk menuju kesana, dari kota Pekalongan kami naik bus jurusan Doro dan turun di terminal Pasar Doro. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Petungkriyono dengan angkutan pegunungan pariwisata. Masyarakat setempat kerap menyebutnya sebagai Anggun Paris. 

Anggun Paris adalah angkutan pedesaan bak terbuka yang akan mengantarkan kami menyusuri jalan menuju Curug Sibedug ini. Selama perjalanan dengan menggunakan angkutan ini, kami diajak mneyusuri jalan yang berkelok dengan keindahan hutan pegunungan Petungkriyono. 

What to Do

Curug Sibedug ini memang jadi tempat populer untuk mampir dan beristirahat sejenak pasalnya curug ini lokasinya ada di pinggir jalan. Beda banget sama curug pada umumnya yang lokasinya cukup jauh dan butuh tenaga extra untuk mengunjunginya. Curug ini tergolong mudah dijangkau, bahkan sama sekali ngga ada tempat parkir khusus untuk kendaraan. Cuma ada jembatan yang melintang di atas sungai berbatu yang membawa tumbahan air kolam curug.

Curug Sibedug punya debit air yang ngga terlalu deras, apa karena aku kesananya udah menjelang musim kemarau ya guys? Entahlah. Curug ini punya air terjun kembar yang saat itu sama-sama mengalirkan air yang ngga terlalu deras. Beberapa teman pun mengusulkan untuk langsung mendekat ke curug ini. 

Saat mendekati curug ini, aku melihat adanya jembatan bambu pendek di sisi kiri sungai yang biasa digunakan untuk akses menuju ke kolam dibawah Curug Sibedug. Sementara di sisi sebelah kanan sungainya adalah tempat dimana sepeda motor diparkir yang ada akses menuju kanan curug dan pengunjung bisa dengan mudah menyeberang lewat batuan yang ngga licin di tengah sungai.

Pemandangan Curug Sibedug ini cukup mengesankan menurut aku, dengan air terjun yang bertingkat kecil di latar depan dan di bagian bawah aliran sungainya mengalirkan iar dari kolam curug. Airnya cukup jernih dan segar, khas air dari kawasan hutan pegunungan yang masih asri.

Sebenernya di kawasan ini masih banyak lagi beberapa curug yang ngga kalah cantik dari Curug Sibedug ini. Kami pun pengen langsung explore kesana, mumpung ada disini. Tapi sebelum itu, kami mampir dulu ke warung kopi yang ada disekitar sini.

Jadi emang di dekat Curug Sibedug ini bisa kalian temukan beberapa warung kecil untuk sekedar ngopi atau menikmati makanan ringan. Uniknya, warung kecil ini menyajikan kopi yang jarang banget ditemukan di kawasan kota, melainkan kopi yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat sebagai bagian dari upacaya pelestarian kawasan Hutan Sokokembang yang jadi habitat Owa Jawa. Menurut pemilik warung sih, ada 50 kelompok Owa Jawa yang ada di Hutan Sokokwmbang Petungkriyono.

Gimana? Tertarik buat main kesini? Nah, buat kalian yang libur lebaran ini berencana mudik ke Pekalongan, ngga ada salahnya buat mampir ke Curug Sibedug ini guys. Ngga rugi deh pokoknya!

Video by Official Traveling

Tips and Trick

  • Kalo bisa, mending kalian pake kendaraan pribadi untuk menuju kesini.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Bawa bekal.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Pake baju dan alas kaki yang nyaman.

Gallery (6)

Comments (1)