119 views | 1 Likes

Berpetualang ke Air Terjun Saka Dua: Indahnya Mampu Melepas Lelah

4 star (from 1 people)
Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 08 May 2019, 11:37:15
renitanaka
Tourist

Main ke Kalimantan, pastikan kalian berpetualang ke air terjun cantik ini ya guys..

How to Get There

Udah lumayan lama juga ya ngga jalan-jalan, terakhir aku pergi ke Malang dan mengunjungi Objek Wisata Coban Talun. Nah, beberapa waktu lalu sebelum puasa, beberapa temen ngajakin aku buat explore salah satu air terjun yang unik dan indah di Kalimantan Barat bernama Air Terjun Saka Dua.

Sebenernya aku bukan tipikal adventure person, tapi rasanya ngga ada salahnya buat sekali-kali aja menjelajah begini. Tapi dengan persiapan yang matang pastinya. 

Air Terjun Saka Dua ini berada di kawasan hutan lindung yang masih alami dan asri, tepatnya ada di Dusun Kayu Tunu, Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas. Dari kota Pontianak, aku dan teman-teman berangkat rame-rame naik mobil menuju Kota Sanggau yang butuh waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Dari Kota Sanggau, perjalanan masih berlanjut menuju ke Desa Sungai Muntik yang butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dan dilanjutkan perjalanan air dengan menggunakan perahu air selama 30 menit. Setelah naik perahu air, kami diharuskan untuk berjalanan kaki lagi melintasi hutan belantara selama sekitar 40 menitan. Capek banget guys, tapi seru!




What to Do

Setelah melewati perjalanan panjang ini, akhirnya aku dan rombongan teman-temanku sampe juga di Air Terjun Saka Dua ini. Duh, rasanya kaki mau copot saking capenya jalan kaki. Tapi setelah sampe disana, rasanya semua lelah langsung terangkat karena melihat keindahan yang tersaji didepan mata.

Karena lokasinya yang ada di dalam hutan lindung, sehingga keasrian dan kealamian air terjun ini benar-benar terjaga. Udaranya pun cukup sejuk dan segar karena memang dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Suasana di sekitar air terjun ini pun cukup tenang, cocok banget buat santai sambil melepas penat.

Air terjun ini diberi nama Saka Dua karena punya dua aliran air yang terjun jatuh berdampingan. Air terjun ini pun punya keunikan tersendiri, yaitu warna airnya yang merah kehitaman. Kami pun langsung ngga sabar untuk segera menceburkan diri ke kolam alami di bawah air terjun ini. Brrrrrr... Rasanya seger banget guys. Bener-bener bisa menghilangkan rasa lelah selama perjalanan tadi. Semua lelah rasanya langsung berganting dengan rasa senang dan tenang. Bener-bener momen yang tak terlupakan.

Capek berenang, kami beristirahat sejenak untuk menikmati perbekalan yang sudah kami bawa dari rumah tadi. Setelah jalan jauh, berenang pastinya kami laper dong ya. Akhirnya kami menghabiskan perbekalan kami lalu foto-foto. Beberapa dari temen-temenku juga masih kembali berenang.

Perjalanan menuju Air Terjun Saka Dua kali ini bener-bener tak terlupakan guys. Meskipun ini baru yang pertama kalinya, tapi aku bener-bener menikmati perjalanan penuh petualangan ini. Untuk itu, aku merekomendasikan wisata air terjun ini buat kalian singgahi saat kalian berwisata ke Kalimantan Barat. Dijamin ngga rugi deh!




Tips and Trick

Sebelum berangkat kesana, aku punya beberapa saran nih buat kalian perhatikan. Karena perjalanannya yang super jauh dan melelahkan, baiknya kalian menyiapkan stamina tubuh yang fit dan perbekalan yang cukup untuk melakukan perjalan jauh. Siapkan juga obat-obatan pribadi buat jaga-jaga. Jangan lupa buat bawa baju ganti guys, kalo kalian pengen berenang di skeitar air terjun ini. Kalo bisa pake alas kaki yang nyaman untuk melakukan trekking. Pake juga baju yang mudah menyerap keringat. Saran aku lagi sih, kalo bisa kalian dateng kesininya pas musim kemarau biar track nya ngga terlalu susah. Terakhir, jaga selalu kebersihan ya guys.

Video by Eno Chang

Gallery (6)

Comments (1)