72 views | 0 Likes

Taman Glugut, Alternatif Wisata Keluarga di Yogyakarta

0 star (from 0 people)
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 30 May 2019, 09:54:57
nur
Sightseeing

Berlebaran bersama keluarga di Jogja? Taman wisata ini bisa jadi tujuan kalian guys..

How to Get There

Selamat liburan teman-teman. Libur lebaran ini kalian pada kemana nih? Aku sih lebaran kali ini ngga kemana-mana, gimana lagi karna emang keluarga aku orang Jogja asli, jadi kalo lebaran aku jarang banget pergi-pergi, biasanya malah keluarga dari luar Jogja yang main kesini. Nah, karena semuanya pada ngumpul disini, aku dan keluarga pun mutusin buat jalan-jalan sekitaran Jogja, yaitu ke Taman Glugut.

Taman Glugut ini berada di Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Menariknya, lokasi wisata ini ada di pinggir Sungai Opak. Untuk menuju kesini, dari kota Jogja, kmai lewat terminal Giwangan dan setelah sampe sana arahkan kendaraan menuju selatan lewat Jalan Imogiri Timur, kemudian melewati perempatan Jejeran. Dari lokasi ini jalan taerus sampe ketemu pertigaan, kemudian belok kiri dan temukan Taman Glugut tak jauh dari sana.

 

What to Do

Memasuki Taman Glugut ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Tapi kalo kalian pengen menyebrang sungai dengan menggunakan kapal, kalian juga bisa memberikan upah seikhlasnya kepada pemilik perahu. Nah, yang dikenakan biaya adalah kalo kalian pengen menyusuri Sungai Opak, maka per orang akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 aja. Murah banget kan? Karena ngga ada yang mahal di Jogja itu guys! Hahaha..

Wisata Taman Glugut ini baru dibuka sekitar awal tahun 2018 dan bisa dibilang wisata baru. Meskipun begitu, banyak sekali pengunjung yang antusias untuk mengunjungi wisata ini. Menurut aku sih wisata ini emang cocok banget buat dikunjungi bareng keluarga ataupun rame-rame bareng teman-teman. Soalnya, selain pemandangan sungai, Taman Glugut juga punya beragam spot foto keren yang digemari anak muda jaman now.

Tapi kalo aku pribadi sih lebih tertarik untuk menyusuri indahnya Sungai Opak ini dengan menggunakan perahu mesin. Saat menyusuri sungai, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan deretan pohon rindang yang menjadikan suasananya mirip Sungai Amazon (kayak udah pernah ke Amazon aja! Hahaha..)

Wisatawan yang naik perahu mesin ini bisa menikmati pesona alam sekitar yang hijau dan indah, bener-bener nyegerin mata. Kami diajak menyusuri kawasan Wonokromo satu hingga Karangwuni. Setiap pengunjung yang naik perahu mesini ini diwajibkan mengenakan pelampung sebagai pengaman tambahan.

Selain naik perahu, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air di sungai ini lho guys. Ngga cuma bermain air, kalian juga diperbolehkan untuk berenang di sungai ini lho. Banyak banget pengunjung yang menikmati kesegaran air sungai ini. Nah, kalo kalian rindu masa kecil yang suka mandi di sungai, bisa banget nih nostalgia disini. Arus sungai ini ngga terlalu deras kok guys, jadi masih aman aja kalo buat berenang, tapi harus tetep pake pelampung ya guys.

Taman Glugut ini punya luas sekitar 1 hektar dimana disana tumbuh banyak pohon bambu. Jadi selain menyusuri sungai atau berenang di sungai, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah mencoba beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti playground, gazebo untuk bersantai dan bambu cafe untuk tempat bersantai sambil menikmati hidangan.

Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini aku pikir Taman Glugut bisa jadi alternatif wisata untuk kalian yang ingin menghabiskan libur lebaran di Jogja bareng keluarga.

Video by Mahira Melody

Tips and Trick

  • Siapkan kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Ajak keluarga dan teman-teman kalian.
  • Bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Bawa bekal.
  • Jaga selalu kebersihan.

Gallery (6)

Comments (0)