107 views | 1 Likes

Eksotika Bukit Tuamese, Ngga Kalah Cantik dari Raja Ampat

4 star (from 1 people)
Kab Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 07 May 2019, 11:16:43
Sophia
Tourist

Bukit Cantik di perbatasan Indonesia, Mirip Raja Ampat?

How to Get There

Udah lama banget aku pengen jalan-jalan ke Atambua bareng temen-temen. Maklum sih, udah lama juga kita ngga traveling bareng setelah kemarennya pergi ke Desa Todo. Sebelum masuk bulan Ramadhan kemaren, kami sempet jalan-jalan ke Atambua nih guys dan pergi ke Bukit Tuamese.

Perjalanan dari Kupang menuju Atambua bisa dilakukan dengan jalur darat ataupun udara. Kalo lewat darat, butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan, sementara kalo pake pesawat cuma 45 menit aja udah mendarat di Atambua. Karena kami kemaren ngga punya terlalu banyak waktu libur, jadinya kami putusin buat naek pesawat ke Atambua.

Dari Atambua menuju Bukit Tuamese ini jaraknya ngga terlalu jauh guys, sekitar 1 jam perjalanan aja. Bukit ini berlokasi di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara. Bisa dibilang bukit ini berbatasan dengan negara tetangga, yaitu Timor Leste. Lokasi bukit ini emang istimewa banget guys, soalnya sebelum sampe kesana kita akan lewat pantai yang indah dan bersih yang juga penuh deretan pepohonan yang instagramable.

bukit tuamese

 

What to Do

Bukit Tuamese ini emang menyajikan pemandangan yang super menawan. Meskipun kita harus mendaki sekitar 200 meter keatas bukit dengan jalur pendakian yang curam dan berpasir. Ngga heran, kalo banyak yang bilang kalo bukit ini mirip sama Wayag nya Raja Ampat dan Pulau Padarnya Labuan Bajo. Bahkan, buat ngga ngapa-ngapain disini aja aku pun betah lama-lama tinggal. Hahaha..

bukit tuamese

Dari atas bukit ini, kita bisa lihat hamparan tambak yang terlihat seperti danau. Sementara di sisi sebelah barat, kita bisa melihat birunya laut yang membentang sejauh mata memandang plus hijaunya pepohonan lontar yang berjejer di pesisir pantai. Bener-bener bisa jadi background foto yang super kece guys.

bukit tuamese

Ohya, untuk memasuki bukit ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya. Soalnya emang lokasinya yang ada di alam terbuka, jadi kalian yang pengen kesini juga tinggal dateng aja. Emang sih bukit ini masih belum terlalu hits di kalangan traveler kalo dibandingkan dengan Wayag dan Padar. Tapi ternyata cukup banyak lho orang-orang yang menjadikan bukit ini sebagai spot foto pre-wedding bahkan lokasi ini juga pernah digunakan untuk syuting film lho.

bukit tuamese

Berada diatas Bukit Tuamese ini emang ngga banyak hal yang bisa dilakuin selain foto-foto dan menikmati keindahannya. Aku dan temen-temen memilih untuk beristirahat sejenak sambil menikmati perbekalan yang kami bawa tadi. Sambil santai, pastinya kami menikmati keindahan pemandangan yang belum tentu bisa kita lihat tiap hari.

bukit tuamese

Setelah lelah sedikit menghilang dan kami puas foto-foto, kami pun langsung segera berkemas untuk turun bukit dan melanjutkan perjalan kami di Atambua. Kira-kira kita kemana lagi ya guys? Simak terus yah :)

bukit tuamese


Tips and Trick

Gimana nih guys? Pasti pengen dong untuk mendaki Bukit Tuamese ini? Buruan segera agendakan perjalanan kamu menuju Atambua. Dijamin ngga bakal nyesel deh! Tapi sebelumnya, aku punya beberapa tips buat kalian simak :)

  • Kalian yang dari luar kota, bisa naik pesawat menuju Atambua. Atau kalo mau lebih hemat, kalian bisa naik pesawat ke Kupang dan lanjut dengan perjalanan darat menuju Atambua.
  • Untuk mendaki bukit, jangan lupa pake alas kaki yang nyaman.
  • Pake sunblock dan pelindung kepala.
  • Bawa bekal, seperti makanan ringan dan minuman.
  • Bawa kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Jangan datang sendirian, ajak temen-temen kalian.
  • Jangan kotori bukit ini, bawa turun lagi sampah kalian.

Video by NyongEdo CHANEL

Gallery (6)

Comments (2)