310 views | 2 Likes

Sumber Jenon Malang : Snorkeling Murah dan Air Sebening Kaca!!

5 star (from 2 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 03 May 2019, 14:00:16
dino
Sightseeing

Pengen snorkeling dengan harga terjangkau? Dateng aja ke Malang..

How to Get There

Malang memang punya banyak sekali tempat wisata alam maupun buatan. Meskipun udah lama tinggal di Malang, tapi aku juga belum bisa menghabiskan keseluruhan tempat wisata yang ada disini. Kalau wisata kayak Jatim Park dan wisata lainya yang ada di Batu mungkin udah ya, tapi kali ini liburan kira gak ke Batu guys. 

Yang belum tahu Sumber Jenon mana suaranya? Tempat wisata yang satu ini lagi cukup rame diperbincangkan di Malang. Kalau mendengar Sumber Maron atau Sumber Sira mungkin kalian akan cukup familiar ya. Sumber Jenon juga sama, merupakan sumber mata air yang dijadikan tempat wisata di Malang, Jawa Timur. 

Lokasinya ada di Desa Gunung Ronggo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Yang belum tahu lokasinya nggak perlu khawatir, meskipun Sumber Jenon ini jarang diperbincangkan daripada sumber air lainnya, tapi untuk lokasinya adah ada di google maps kok. 

Perjalanan dari pusat Kota Malang hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk sampai di Sumber Jenon. Jalanan yang nggak macet cukup memperlancar perjalanan kami kala itu. Sampai juga di kawasan wisata Sumber Jenon Malang. 

What to Do

Setibanya disana, kami langsung mengarahkan setir menuju ke tempat parkir. Dari sana, pengunjung akan dikenakan biaya parkir Rp 5000,-. Nggak berhenti disitu, kami masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke sumber air. Btw, Sumber Jenon ini juga dikenal bisa menyembuhkan segala penyakit lo, airnya emang seger dan jernih sih. 

Rasnaya ada yang kurang kalo main ke Sumber Jenon tapi nggak nyemplung dan ngerasain kesegaran airnya. Jangan lupa bawa baju ganti buat kalian yang akan berwisata ke Sumber Jenon. Pas siang hari, dasar air Sumber Jenon kelihatan indah. Pantulan sinar matahari lah yang menjadikan air di Sumber Jenon bak sebening kaca. Biasanya sih pengunjung main air disini san bawa camera yang bisa masuk ke air. Tujuannya adalah untuk mengabadikan momen selama di air. Jernih banget, nggak heran kalo banyak yang dateng hanya untuk foto di air. 

sumber jenon malang

sumber jenon malang

sumber jenon malang

Sumber Jenon hanya memiliki kedalaman hingga 4 meter saja. Kalau kalian masuk atau nyemplung, kalian bakal tau deh sensasinya. Banyaknya ikan di sumber ini juga menjadikan kami sangat senang sebagai pengunjung. Bagaimana tidak, kalian bisa melihat ikan secara jelas karena airnya yang jernih, sekaligus bisa berenang bareng ikan, keren! Konon katanya, ikan di Sumber Jenon ini nggak akan habis walau dipancing dan ditangkap terus. Entahlah, menikmati alam memang selalu menyenangkan. 

Nggak perlu risau buat kalian yang takut berenang, ada fasilitas persewaan ban karet yang bisa dimanfaatkan. Untuk ban karet besar Rp 5000,- dan untuk ban karet kecil Rp 3000,-. Dengan itu, pengunjung udah bisa mengelilingi area Sumber Jenon yang cantik ini.

sumber jenon malang

sumber jenon malang

Mengabadikan momen dengan berfoto merupakan hal yang wajib. Pasalnya, Sumber Jenon ini memiliki banyak sekali spot foto mulai dari pemandangan alamnya hingga bawah air. Fasilitas lain seperti kamar mandi, kamar ganti, hingga tempat makan juga udah tersedia. 

Mau snorkeling ala ala, keren, dan murah meriah? Sumber Jenon ini nih jawabannya! Wajib banget mampir kalau liburan ke Malang, biar anti mainstream hehe. Sampe ketemu di review berikutnya!

Tips and Trick

  • Bawa baju ganti tentu
  • Pakai sunblock kalau siang hari
  • Siapkan camera tahan air
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Siapkan ootd keren karena tempatnya keren hehe.
  • Youtube : fixmeproject official

Gallery (5)

Comments (2)