85 views | 3 Likes

Menyusuri Keindahan Danau Sentarum: Danau Unik yang Hanya ada di Musim Hujan

4 star (from 3 people)
Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia
Category: lake

Posted on 03 May 2019, 11:39:14
icha123
Tourist

Di Kalimantan, ada sebuah danau cantik yang hanya ada saat musim hujan..

How to Get There

Hai guys, long time no traveling nih. Beberapa bulan lalu aku udah share pengalaman liburan ke Jogja untuk menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal. Beberapa minggu lalu, aku diajak sama beberapa temen buat jalan-jalan ke Kalimantan, tepatnya ke Pontianak untuk mengunjungi Taman Nasional Danau Sentarum.

Bisa dibilang, perjalanan untuk menuju ke danau ini cukup panjang guys. Kebetulan aku dan teman-teman kemaren berangkat dari Kota Pontianak lewat jalur darat dan jalur air selama kurang lebih 14 jam. Ini gila banget sih guys lamanya, tapi kita bikin fun aja selama perjalanan ini biar ngga suntuk. Rute yang kita ambil adalah lewat Pontianak-Sintang-Semitau. Dari Semitau menuju lokasi kami naik perahu motor jurusan Lanjak.

Anyway, pilihan lain selain lewat darat kalian juga bisa lewat jalur udara dari Pontianak menuju Putussibau yang butuh waktu sekitar 2 jam lalu dilanjutkan dari Putussibau menuju Nanga Suhaid dengan menggunakan longboat yang butuh waktu perjalanan sekitar 7 jam. Lumayan menghemat 7 jam perjalanan lho guys, tapi yaa gitu cost nya bakal jadi lebih mahal.

What to Do

Danau Sentarum dikenal sebagai danau musiman yang unik guys. Soalnya danau ini akan dipenuhi air selama sepuluh bulan di tiap tahunnya dan akan mengering di dua bulan sisanya. Saat Danau Sentarum ini mulai menyusut airnya, maka danau akan membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil. Untungnya, kmai datang saat musim hujan dimana air danau ini lagi penuh-penuhnya.

danau sentarum

Danau yang berlokasi di Kapuas Hulu ini ternyata luas banget guys, sekitar lebih dari 1 juta hektar dan sebagian area danau atau skeitar 127 ribu hektarnya ada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Karena saking luasnya, kalian yang mau menyusuri danau ini harus extra hati-hati agar tidak tersesat.

danau sentarum

Danau Sentarum ini terletak di di tengah-tengah pegunungan sehingga menjadikannya sebagai daerah tangkapan air. Air yang menggenang di danau ini pun ngga cuma berasal dari air hujan guys, tapi juga dari aliran air yang berasal dari bukit-bukit disekelilingnya dan luapan Sungai Kapuas. Dalamnya bisa mencapai 14 meter lho guys.

danau sentarum

Selain menyusuri danau ini dengan menggunakan speedboat, kalian juga bisa menikmati keindahan danau ini dari sebuah bukit yang bernama Bukit Terkenang. Dengan mendaki bukit ini kalian bisa menikmati panorama Danau Sentarum dari ketinggian. Bisa jadi backgound foto yang keren juga pemandangan dari atas sini.

danau sentarum

Buat kalian yang suka mancing, kegiatan seru ini ngga boleh kalian lewatkan saat sedang menyusuri danau ini. Yah meskipun kebanyakan warga sekitar memilih untuk memanen ikan-ikan disini saat air danau mulai surut dimana ikan-ikan akan bermunculan dan dengan mudahnya ditangkap.

danau sentarum

Di sekitar Taman Nasional Danau Sentarum ini emang hidup beberapa jenis hewan. Termasuk orangutan, bekantan, kera ekor panjang, elang bondol dan beragam jenis ikan yang hidup di dalam danau. Selain itu ada juga beberapa tumbuhan unik seperti anggrek dan kantong semar.

danau sentarum

Keunikan danau ini pastinya mampu membius siapapun untuk berlama-lama ada disini ya guys. Nah, kalian yang berencana liburan ke Pontianak, jangan lupa untuk berkunjung ke Danau Sentarum ini ya.

Video by Netmediatama

Tips and Trick

  • Siapkan fisik dan mental untuk melakukan perjalanan kesini. Soalnya perjalanannya cukup jauh.
  • Saranku, mending kalian dateng saat musim penghujan dimana air danau cukup tergenang.
  • Jangan buang sampah ke dalam danau.
  • Siapkan kamera yang bagus.
  • Ajak temen-teman dna keluarga.

Gallery (6)

Comments (2)