245 views | 2 Likes

Candi Muara Takus, Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang Misterius

4 star (from 2 people)
Kampar, Riau, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 02 May 2019, 14:19:20
marthagaul
Tourist

Di Kampar, ada sebuah candi peninggalan kerajaan yang masih misterius..

How to Get There

Throwback to business trip gue pas ke Riau beberapa bulan lalu. Udah lama sih emang, cuma gue belum share semua perjalanan gue kesana. Jadi, gue sempet ‘mencuri waktu’ disela-sela business trip gue ke Riau buat pergi ke Kampar untuk menyusuri Sungai Subayang yang indahnya bikin gue ngga bisa move on sampe hari ini. Gue sampe berharap, dalam waktu dekat bakal dapet tugas kantor ke Riau lagi biar gue bisa menyusuri sungai yang menawan itu. Hahaha.. Anyway, selain menyusuri Sungai Subayang, gue juga sempet jalan-jalan ke wisata sejarah yang ada di Kampar, yaitu Candi Muara Takus.

Awalnya gue ngga ngeh kalo ternyata di Riau ada peninggalan sejarah sekeren ini. Gue kira candi-candi begini adanya cuma di Jawa aja, ternyata di Riau juga ada dan ngga kalah keren sama candi-candi yang ada di Jawa.

Candi Muara Takus ini ada di Desa Muara Takus, Kecamatan Tigabelas Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Jaraknya sekitar 128 km dari Pekanbaru guys, kalian bisa lewat jalur darat dengan rute dari kota Pekanbaru ke arah Bukittinggi sampe di Muara Mahat. Lalu dari Muara Mahat lewat jalan kecil menuju ke Desa Muara Takus. Komplek Candi Muara Takus ini adalah satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau lho guys.

candi muara takus


What to Do

Saat memasuki kawasan candi ini, mulai terlihat stupa berwarna kuning dengan jelas. Ada yang tinggi ada juga yang agak pendek ada juga bangunan rata yang ngga ada stupanya lagi. Kawasan candi ini punya luas sekitar 74x74 meter dan dikelilingi oleh pagar besi. Dalam komplek Candi Muara Takus ini ada juga beberapa candi, yaitu Candi Sulung, Candi Bungsu, Palangka dan Mahligai Stupa.

candi muara takus

Sebenernya masih belum diketahui guys kira-kira tahun berapa candi ini dibangun, soalnya beberapa ahli sejarah menyatakan hal-hal yang berbeda, ada yang bilang dibangun di abad ke-4, ada juga yang bilang kalo candi ini dibangun di abad ke-7, ke-9 dan ke-11. Tapi, bisa diperkirakan kalo candi ini dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya dan jadi saksi kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada masa itu. Komplek candi ini juga udah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia guys.

candi muara takus

Candi Muara Takus ini dikenal sebagai candi Budha tertua di Indonesia yang pernah ditemukan di Pulau Sumatera yang punya nuansa Budha. Hal ini dikarenakan salah satu bangunannya punya bentuk menyerupai stupa, dimana stupa sendiri adalah lambang dari Budha Gautama. Candi ini juga diperkirakan sebagai bangunan dengan perpaduan Budha dan Syiwa dimana arsitektur bangunan candinya menyerupai candi-candi yang ada di Myanmar.

candi muara takus

Beberapa candi yang ada di kawasan ini antara lain Candi Tua. Candi ini juga sering disebut sebagai Candi Sulung yang merupakan bangunan terbesar di kompleks ini. Candi ini terdiri dari tiga bagian yaitu atap, badan dan kaki. Uniknya, candi ini dibangun dengan menggunakan batu pasir dan batu bata cetakan. 

candi muara takus

Candi kedua yang bisa kalian kunjungi disini ada Candi Mahligai. Candi ini juga dikenal sebagai Stupa Mahligai dimana candi ini punya bangunan yang paling utuh dibandingkan candi-candi lain di kawasan ini. Candi setinggi 14 meter ini punya 28 sisi yang berada di sekitar bangunan utama candi.

candi muara takus

Candi ketiga adalah Candi Bungsu. Candi ini punya bentuk yang mirip dengan Candi Tua, bedanya ukurannya lebih kecil. Di bagian timur candi ada sebuah tangga yang dibuat dari batu putih dan ada juga stupa dengan ukuran kecil.

candi muara takus

Candi yang terakhir adalah Candi Palangka yang punya tinggi skeitar 2 meter. Candi ini lokasinya ada di sebelah timur Candi Mahligai dan seluruh bangunannya dibuat dari batu bata. Jaman dulu, diperkirakan candi ini digunakan sebagai Altar.

candi muara takus

Puas berkeliling kompleks Candi Muara Takus ini, gue pun bergegas kembali pulang. Ngga lupa juga gue mengabadikan momen-momen selama ada disini. Wisata sejarah tanpa rencana ini pun menurut gue cukup berkesan ya guys, gue jadi tahu banyak tentang candi yang jadi situs warisan dunia ini plus sejarahnya. Jadi upgrade knowledge juga pokoknya.

So guys, kalo kalian main ke Kampar, jangan lupa buat mampir ke Candi Muara Takus ini ya guys.

Video by CNN Indonesia

Tips and Trick

  • Bawa kamera dengan kualitas bagus.
  • Jaga kelestarian budaya disini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Cuaca disini cukup terik, jangan lupa pake penutup kepala.
  • Ajak temen-temen atau keluarga kalian.

Gallery (8)

Comments (2)