4 star (from 1 people)
38 views | 1 Likes
Berpetualang ke Curug Cikanteh, Keindahannya Bagaikan Surga
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall


Posted on 29 April 2019, 13:29:29
sandal
Tourist
Location on Google Maps
CURUG CIKANTEH - CILETUH
Ciemas, Sukabumi, West Java 43177, Indonesia
How to Get There

Awal bulan kemaren aku sempet jalan-jalan ke Curug Ciastana di Cianjur. Minggu lalu, kebetulan aku diajakin keluarga jalan-jalan ke Sukabumi. Mumpung ada di Sukabumi, rasanya ngga afdol kalo cuma diem di rumah nenek aja ya guys. Hahaha.. Akhirnya aku ngajakin salah satu sepupuku buat jalan-jalan ke Curug Cikanteh.

Curug Cikanteh ini ada di daerah Ciemas, tepatnya di Dusun Cikanteh Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Curug ini merupakan salah satu curug yang terindah yang ada di kawasan Geopark Ciletuh. Untuk menuju kesini, dari Sukabumi kalian tinggal menuju ke kecamatan Ciemas dengan melewati cimanggu kemudian jalan terus hingga Dusun Cikanteh.

Sepanjang jalanan Ciemas sebenernya gampang banget guys, tapi agak sempit. Kendaraan yang kalian gunakan juga harus dalam keadaan prima soalnya kalian bakal diajak naik turun gunung dengan jalanan yang berliku.

Pas udah sampe di lokasi dan kami pun langsung parkir kendaraan kami di tempat parkir. Dari tempat parkir ini, kami harus jalan lagi alias trekking sekitar 30 menitan untuk menuju ke air terjunnya. Trekkingnya lumayan menguras tenaga juga sih guys. Kami harus melewati bebatuan, sungai yang dalam dan curam juga hutan tropis. Selama trekking ini, kami ditemani dengan suara gemericik dari air sungai Cikanteh.




What to Do

Curug Cikanteh ini memang punya pesona yang luar biasa. Bener-bener bisa membayar semua lelah selama perjalanan menuju kesini. Curug ini punya ketinggian sekitar 60 meter dengan air yang cukup jernih dan dingin pastinya. Tempat wisata ini emang cocok banget buat dijadikan tempat camping ataupun foto-foto. Air yang turun melewati tebing batu pegunungan ini emang cukup curam guys, kami pun ngga mau ketinggalan untuk mengabadikan momen disini. 



Sebenernya kami pengen banget mandi di sungai ini, tapi mengingat saat itu abis ujan dan airnya ngga jernih-jernih banget, jadinya kami mengurungkan niat untuk mandi disini. Jadi cuma main air dan foto-foto aja guys.

Meskipun Curug Cikanteh ini udah jadi objek wisata yang terkenal, tapi tempat ini masih dikelola oleh warga sekitar. Meskipun begitu, wisata ini cukup bersih dari sampah dan fasilitasnya juga cukup lengkap. Ada lahan parkir yang cukup luas, kamar mandi yang bersih, mushola dan warung-warung kecil di sekitar sini. Jadi kalo kalian ngga bawa bekal dari rumah, kalian bisa beli makanan dan minuman di warung-warung ini.

Anyway, Curug Cikanteh ini cocok banget buat kalian doyan banget berpetualang di alam maupun buat kalian yang pemula dalam adventure di alam, tempat ini cocok banget buat kalian datengi saat weekend untuk sekedar penat dari rutinitas sehari-hari. So, kalo main ke Sukabumi jangan lupa buat mampir ke Curug Cikanteh ya guys.

Tips and Trick
  • Curug ini buka setiap hari selama 24 jam, tapi aku saranin sih kalian buat dateng dari pagi sampe sore aja. Kecuali kalo kalian mau camping disini, tapi ngga mungkin dong ya kalo malem-malem bakal main ke air terjun. 
  • Trus, kalo kalian berencana bawa kendaraan bermotor sendiri, pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang fit.
  • Ngga cuma kendaraan aja yang fit, tubuh kalian juga harus fit guys. Soalnya kalian bakal trekking yang lumayan menguras tenaga.
  • Jangan lupa bawa makanan ringan dan air mineral.
  • Jangan buang sampah sembarang ya guys, apalagi sampe buang sampah ke sungai. 
  • Pake baju yang nyaman.
  • Pake alas kaki yang nyaman. Kalo bisa sih pake sandal gunung, soalnya kalian bakal ngelewatin jalanan yang terjal dan sungai.
  • Bawa kamera buat foto-foto.

Video by MRA Channel Adv

 

Gallery (6)
Comments (3)