44 views | 1 Likes

Air Terjun Banyumala, Satu Lagi Primadona Wisata Bali!

4 star (from 1 people)
Buleleng, Bali, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 26 April 2019, 14:55:08
tio
Sightseeing

Wisata air terjun di Bali memang jadi primadona belakangan ini, salah satunya adalah Air Terjun Banyumala..

How to Get There

Bali. Memang masih menjadi pulau yang kaya banget sama wisata alamnya. Kalau bicara soal pantai di Bali, kalian pasti pernah dan bingung nyebutin, banyak banget sih pantainya. Btw nggak cuma pantai, Bali punya banyak sekali wisata yang harus dieksplor.

Kali ini air terjun masih menjadi sasaran kami. Setelah main ke Air Terjun yang sebelumnya, kini kami beranjak ke Air Terjun Banyumala. Kayaknya emang air terjun menjadi salahsatu wisata yang kurang dikunjungi di Bali. Kebanyakan paket tur dari Jawa juga tidak mengikutsertakan air terjun ke list tujuan mereka. Maka dari itu, mumpung nggak bareng rombongan, kali ini saya dan temen bakal eksplor sampe puas si Air Terjun Banyumala ini. 

Air Terjun Banyumala beralamat di Banjar Asah Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Belum lama dibuka, Air Terjun Banyumala baru resmi menjadi tempat wisata di bukan Juli 2015. Meskipun begitu, jalanan menuju ke Air Terjun Banyumala ini cukup mudah dilalui. Dari Denpasar, pengunjung hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Air Terjun Banyumala ini. 

Pemandangan di kanan kiri jalan yang kalian lalui cukup memiliki pemandangan yang indah. Di bulan Juli sampai Agustus, kalian akan disuguhkan dengan aroma khas kopi dan cengkeh di sepanjang jalan. Karena di bulan bulan itu adala saat yang pas untuk panen dan aromanya khasss!

What to Do

Perjalanan menuju ke Air Terjun Banyumala telah kita lalui. Dengan bekal maps sekaligus tanya tanya ke warga setempat akhirnya kami sampai di Air Terjun Banyumala. Cukup menguras tenaga, tapi bikin bahagia juga setelah melihat viewnya yang super keren.

Yang membedakan Air Terjun Banyumala dengan air terjun lainnya adalah adanya lumut yang tumbuh di bebatuan. Adanya lumut lumut hijau yang tumbuh di tebing air terjun ini emang bikin seakan akan air terjunnya terpecah gitu. Keren juga ya, cocok banget nih buat kalian yang lagi cari spot foto bagus, kalian bisa main ke wisata alam Air Terjun Banyumala. 

Suasana Air Terjun Banyumala tenang banget. Suara air yang turun dari tebing juga menjadikan suasana adem, tenang dan asri akan kalian rasakan di wisata alam yang satu ini. Aliran air yang jatuh bener bener jernih dan bersih banget. Pengunjung juga diperbolehkan main di sekitar kawasan aliran air lho. Buat kalian yang main air, pastikan tetap berhati hati dan waspada ya. 

Air Terjun Banyumala ini memiliki 3 sumber air terjun. Yang ada di kanan kiri cenderung lebih kecil dan terkesan mengapit satu air terjun besar yang ada di tengahnya. Di tengah, ada air terjun besar yang membentang sekitar 20 meter. Gimana viewnya nggak keren coba? Di bawah, kalian akan menemukan kolam air besar, tepat dibawah jatuhnya air terjun. Siapa sih yang nggak kegoda buat main air? hihihi. Di kolam ini, nggak jarang juga ada pelangi yang mebentang di atas kolam. Keren dah. 

Nggak bisa berenang? Tenaaang, bebatuan yang ada di Air Terjun Banyumala cukup menjadikan kalian puas kok. Pemandangannya yang keren serta bebatuan yang masih sangat alami bisa banget kalau sekedar digunakan untuk duduk duduk dan berfoto. Bawa camera juga gengs!

Liburan kali ini kami memutuskan ngecamp. Yak, di Air Terjun Banyumala ini pengunjung bisa ngecamp lho. Ets asalkan bawa peralatan dan kebutuhan sendiri ya. Karena pengen liburan dengan tenang, maka dari itu kami udah siap dari mulai alat camp seperti tenda, matras, dll. 

Cari tempat liburan di Bali yang anti mainstream? Bisa banget dateng ke Air Terjun Banyumala.

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa alat camp kalau mau bersantai di Air Terjun Banyumala..

https://www.youtube.com/watch?v=OR-NGWxnHLc

Gallery (6)

Comments (1)