215 views | 1 Likes

Cantiknya Fenomena Alam di Pantai Jonggring Saloko Malang

4 star (from 1 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 26 April 2019, 12:48:33

Pantai memang menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk menikmati liburan ni guys, banyak pantai di indonesia yang memiliki keunikan serta keindahan yang beraneka ragam , salah satunya yang terletak di Malang yaitu Pantai Jonggring saloko.

How to Get There

Pantai jonggring saloko ini tergolong masih prawan ni guys dan jarang terjamah oleh siapapun. Panti jonggring saloko ini terletak di Desa Mentraman kecamatan Donomulyo kabupaten Malang. Pantai ini sangatlah unik dan berbeda dengan pantai lainnya ni guys , karena pantai jonggring saloko ini memiliki dua fenomena alam yang sangat menawan ni guys. Pantainya sangat bersih dan pastinya memiliki ombak yang lumayan besar ni guys . karena pantai jonggring saloko ini terletak di area pantai selatan jawa ni guys.

lalu bagaimana cara untuk menuju ke pantai jonggring saloko ini ???

Untuk menuju ke pantai jonggring saloko ini membutuhkan waktu selama 2-2.5 jam dari pusat kota malang ni guys. Berjarak sekitar 68 km dari pusat kota Malang dan perjalanan di mulai dari Malang – Gadang – Kepanjen – Pagak – Donomulyo terakhir memasuki desa mentraman dengan kondisi jalan yang bagus. Namun setelah memasuki akhir Desa Mentraman kondisi jalan yang mulus tadi berubah menjadi makadam bebatuan serta kita akan memasuki area hutan yang di dominasi oleh pohon jati ni guys. Butuh tenaga serta kendaraan yang fit untuk menuju ke pantai jonggring saloko ini guys, jalannya luamayan terjal dan butuh tenaga ekstra untuk melaluinya , bebatuan besar di sepanjang perjalanan selama 4 km di area hutan ini siap menjadi teman kalian ni guys hingga sampai di pantai. Sesampai 500 meter sebelum sampai di bibir pantai kita akan menemukan loket masuk yang sudah tak di gunakan lagi ni guys , nah setelah itu kita akan menemukan beberapa rumah nelayan yang hanya bisa di hitung dengan jari ni guys. Nah disitulah kita bisa menitipkan motor kita kepada warga lokal yang berprofesi sebgai nelayan dengan hanya memberi uang parkir sekitar Rp.10.000 ni guys. Warganya sangat ramah dan wellcome kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai jonggring saloko ini guys.

 

What to Do

 

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan di pantai jonggring saloko ini ???

Setelah memarkirkan motor kita tadi guys , kita akan di sambut oleh pantai yang memiliki gelombang air yang lumayan besar menuju ke bibir pantai dan saling berkejaran. Yang namanya pantai selatan pasti anda akan menemukan pantai dengan ombak yang tergolong besar ni guys. Pantai ini berpasir putih dengan memiliki sebuah pulau kecil di tengahnya yang menghiasi pantai jonggring saloko ini guys. Lelah setelah melewati jalur yang lumayan jalur yang terbilang susah tadi akan terbayar lunas di pantai ini , semilir angin  hembusan ombak serta yang pastinya asri dan sepinya pengunjung membuat kita seolah berada di pantai pribadi ni guys. Bermain di tepian pantai sembari menikmati halusnya pasir pantai membuat suasana rilex akan kita dapatkan disini. Oh ya ni guys karena ombak yang besar disini tidak disarankan untuk berenang krena sangat berbahaya. Oh ya ni guys selain menikmati indahnya area pantai jonggring saloko yang sunyi ini , disini kita akan di suguhkan oleh dua fenomena alam yang sangat keren dan siap membuat anda terkagum akan fenomena tersebut ni guys. Anda hanya tingga menuju ke tebing bagian kanan pantai atau ke arah barat sekitar 200 meter melalui jalan setapak ni guys.

A.      Fenomena Cob Belut

Fenomena cob Belut adalah sebuah fenomena alam dimana ombak yang datang akan terhisab oleh sebuah lubang di bawah tebing dan tak lama kemudian lubang tersebut memuntahkan airnya kembali dan muntahan air tersebut akan membentuk seperti jamur raksasa. Fenomena cob belut ini hanay bisa di nikamti dari atas tebing untuk bisa melihat keindahannya. Namun anda harus selalu waspada karena tebingnya begitu curam dan tinggi.

 

B.      Fenomena Batu Ngebros

Dinamakan Batu ngebros karena terdapat sebuah tebing yang memiliki lubang diatasnya yang lumayan besar dan bisa menghasilkan air yang keluar dari lubang tersebut setinggi 5 hinga 10 meter ni guys. Semburan air tersebut berasal dari hantaman ombak besar yang datang menuju ke tebing karang tersebut dan air memasuki celah lubang sehingga muncullah semburan air yang lumayan tinggi dari lubang tersebut disertai dengan bunyi khasnya “ bross” nah dari fenomena tersebut akhirnya tempat ini di juluki sebagai batu ngebross. Oh ya ni guys untuk bisa menikmati batu ngebros yang istimewa ini saat pagi hari karena sat itu ombak sedang besar-besarnya , jika sudah mulai sinag fenomena tersebut bisa terlihat tapi hanya sangat kecil air yang keluar dari lubang tersebut.

Oh ya ni guys sedikit saran jika kalian  sedang berada di tebing yang terdapat dua fenomena ini , kalian harus waspada dan berhati-hati , karena tempatnya sangat curam dan ombak besar bisa datang tiba-tiba , carilah tempat yang aman dan jangan sampai membahayakan diri kita sendiri ni guys. Setelah puas menikmati indahnya fenomena di area pantai jonggring slaoko ini , pastinya kita capek dan lapar , tenang ni guys di area pantai ini terdapat warung yang terdapat di rumah warga tadi , mereka menjual makanan ringan dan minuman dan yang pastinya disini di sediakan buah kelapa segar yang siap menyegarkan tenggorokan kita setelah dehidrasi mengeksplor kawasan pantai jonggring saloko ini guys.


 

Tips and Trick

Tips & trick saat berkunjung ke pantai jonggring saloko :

1.       Siapkan kendaraan yang fit karena kita akan melalui jalan yang ekstreem

2.       Bawa pelindung kepala karena cuaca disini sangat panas

3.       Pakailah sunblock jika tak ingin hitam selama bermain di pantai ini

4.       Bawa air mineral yang cukup karena cuaca panas bisa membuat kita dehidrasi disini

5.       Datang di pagi hari jika ingin menikamti fenomena batu ngebross

6.       Jangan berenang di laut karena ombak sangat besar

7.       Bawa kamera andalan kalian karena tempatnya sangat keren dan isntagenic

8.       Bawa baju ganti karena disini akan basah-basahan

Gallery (9)

Comments (2)