3 star (from 4 people)
1,440 views | 5 Likes
Surga tersembunyi “Gili Labak”
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Surga tersembunyi di Sumenep ini membuat siapa pun yang datang ke sini kagum akan keindahannya yang sangat luar biasa, anda penasaran dengan tempat ini ayo ajak teman, keluarga, maupun orang tersayang berkubnjung ke tempat ini.

Posted on 03 December 2016, 18:59:58
Effendy
Sightseeing
How to Get There

Perjalanan saya kali ini bersama Gotravelly ke Pulau Gili labak yang berlokasi di Desa Kombang, Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Saya dan rombongan lainnya menggunakan Bus yang kami sewa bersama yang menuju Sumenep Madura. Rute di mulai dari kertajaya menuju Kabupaten Sumenep sekitar 184 km atau 4 jam 14 menit perjalanan untuk sampai ke Kabupaten Sumenep.

Nah bagi anda yang ingin menggunakan bus umum rute di mulai dari terminal Pubaya menuju Kabupaten Sumenep Sekitar 195 km atau 4 jam 49 menit untuk sampai ke lokasi dan anda akan di kenakan tarif  untuk 1 tiket sekitar Rp. 60.000,- perorang. Perjalanan dari Terminal Pubaya ke Sumenep Madura.

Perjalan selanjutnya dari Sumenep ke Pelabuhan Kalianget setelah sampai ke Pelabuhan Kalianget kita menyewa kapal dari Kalianget- Gili Labak, Untuk menyewa kapal anda di kenakan tarif 1 kapal yang berisi  15-18 orang Rp.350.000 hingga Rp.400.000,-. Maka dari itu jika anda ke Pulau Gili Labak maka usahakan dengan Rombongan agar menghemat biaya untuk menyewa kapal waktu itu saya bersama teman-teman saya ikut rombongan di kenakan biaya Rp.220.000,- per orang ini udah termasuk sewa bis, makan 3x, sewa pelampung, sewa kacamata snorkeling, sewa kapal untuk menyeberang ke Gili Labak dan dengan berlibur bersama Rombongan membuat perjalanan anda lebih seru bukan entah dengan teman, keluarga dan orang tersayang.

Semoga Informasi di atas berguna bagi anda yang ingin berlibur ke Pulau Gili Labak.

What to Do

Saat mendengar kata Madura pasti terlintas di pikiran anda adalah Jembatan Suramadu, Namun di balik itu semua ternyata di Madura ini terdapat Wisata yang sangat indah atau surga tersembunyi di Madura Nama tempat tersebut adalah Pulau Gili Labak yang terletak di di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini dulunya memiliki julukan Pulau Tikus yang memiliki luas sekitar 5 hektar di huni sekitar 150 penduduk.

Nah kembali lagi ke perjalanan bersama Gotravelly, setelah perjalan dari Surabaya jam 12.00 malam sampai lah ke Sumenep pada jam 04.30 pagi, lalu di lanjut menyeberang menggunakan kapal jam 05.30 pagi yang memakan waktu sekitar 90 menit.

Setelah sampai ke Pulau Gili Labak saya merasa  cukup lelah, namun pemandangan di sini sangat luar biasa membuat yang awalnya lelah karena perjalanan menjadi semangat karena pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

Bentangan pasir putih dan lautan biru dengan ombak yang landai menjadikan tempat yang satu ini sangat layak untuk anda kunjungi Dan di sini Gotravelly disambut dengan beningya air laut yang membuat saya dan teman-teman tak sabar untuk melihat keindahan terumbu karang yang beranekaragam dan cantik-cantik.

 

Tanpa menunggu lama setelah puas berfoto-foto bersama teman-teman saya lanjutkan Snorkeling, sungguh pemandangan bawah laut yang ada di Pulau Gili Labak ini membuat saya kagum dan takjub akan keindahan terumbu karang yang beranekaragam dan saat saya snorkeling di sini saya mendapati bintang laut yang unik dan indah sekali…. Nahh bagi anda yang berkunjung ke tempat ini jangan lewat kan ya untuk melakukan aktifitas Snorkeling karena Gili Labak ini terkenal akan keindahan bawah lautnya yang menawan.
 

 

Aktifitas apa aja si yang bisa di lakukan saat berada di Pulau Gili labak? di sini anda bisa berenang, berjemur, bersantai di pinggir pantai menikmati pemandangan, ataupun berjalan jalan di pinggir pantai. Oh ya bagi para anda yang ingin melakukan aktifitas diving atau snorkeling diharapkan untuk membawa peralatan sendiri dikarenakan di Pulau Gili Labak tidak ada tempat persewaannya.

 

Setelah puas snorkeling saya lanjut menyusuri Pulau Gili Labak sambil berfoto dengan teman-teman, jadi untuk anda yang ke tempat ini jangan lupa ya bawa kamera karena tempat ini harus di abadikan dan pastinya untuk menjepret keindahan Pulau Gili Labak dan simpan moment liburan anda dengan teman, keluarga maupun orang tersayang.

 

 

 

Setelah itu makan siang, di lanjut lagi jam 01.30 siang naik perahu, mandi-mandi, terus naik bis lanjut ke toko oleh-oleh, terakhir makan malam di Bebek sampai perjalanan sekitar 11.30 malam.  

Di Pulau Gili Labak juga belum ada penginapan dan warung makan. Jadi jika anda ingin berlibur kesini, sebaiknya membawa bekal yang memadai. Nah bagi anda yang ingin menginap, maka anda bisa menginap dirumah warga atau juga mendirikan tenda di pinggir pantai.

Untuk fasilitas penunjang di Pulau Gili Labak sendiri masih tergolong kurang. Di sini tidak ada sumber air tawar, sehingga kebutuhan air bersih masih sangat terbatas. Selain itu listrik juga hanya nyala pada malam hari saja. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau Gili Labak ini harus menyiapkan persiapan yang matang ya… laughing

 

Ayo!!!! ajak teman, keluarga maupun orang tersayang untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di Pulau Gili Labak yang membuat liburan anda lebih berkesan dan susah untuk di lupakan.

 

 

Tips and Trick
  1. Bawalah Camera, kacamata, baju renang, baju ganti, sun block ,sepatu/sandal, dan obat-obatan pribadi anda.
  2. bawalah air di botol karena anda akan mudah terkena dehidrasi saat berpaparan dengan sinar matahari.
  3. jagalah kebersihan saat berada di tempat ini.
  4. jika membawa anak-anak maka jangan lah lepaskan pengawasan anda terhadap mereka.
  5. bawalah tenda jika anda ingin berkunjung dan beristirahat di Pulau Gili Labak.
  6. Pastinya jika anda memiliki hobby snorkelin & diving di pastikan untuk membawa peralatan sendiri ya.
  7. bawa makanan untuk di Pulau Gili Labak secukupnya karena di tempat ini belum anda warung makan.

 

Disini saya ada video mengenai “Pulau Gili Labak” yang membuat anda penasaran dengan pemandangannya dan harus anda kunjungi, Anda penasaran???

 

 

 

Klik disini -> 

Gallery (20)
Comments (4)