73 views | 1 Likes

Curug Dago, Air Terjun Cantik Di Tengah Kota tapi Tersembunyi

3 star (from 1 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 25 April 2019, 11:00:09
tiffany
Tourist

surga tersembunyi ini wajib banget kalian kunjungi

How to Get There

Hai guys, long weekend kemaren pada kemana nih? Kalo aku sih masih tetep di Bandung aja tapi bukan berarti ngga kemana-mana guys. Anyway, aku sempet bingung mau ngisi long weekend kemana. Beberapa waktu lalu aku udah pergi ke Perkebunan Teh Cukul yang indah itu, dan sempet pengen explore Lembang lagi. Tapi udah pasti bakal macet banget, akhirnya aku pun mutusin buat pergi ke sekitaran kawasan Dago, tepatnya ke Curug Dago.

Kalo kalian orang Bandung asli atau kalian udah lama tinggal di Bandung, pasti udah ngga asing lagi sama wisata yang satu ini. Soalnya wisata ini cukup terkenal dan lokasinya ngga jauh-jauh banget dari pusat kota Bandung. Curug Dago ada di Desa Dago yang jaraknya dari pusat kota Bandung hanya 8 km aja. 

curug dago

Untuk menuju kesini, kalian bisa lewat jalur yang ada di seberang Terminal Dago atau lewat Taman Budaya Ganesha Dago. Bisa juga lewat Dago Tea House yang lokasinya ngga jauh dari wisata ini. Sayangnya, salah satu jalur ini cuma bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 atau jalan kaki.

curug dago


What to Do

Tiket masuk yang dikenakan untuk setiap pengunjung yang datang kesini cukup terjangkau, yaitu sekitar 10 ribu sampe 15 ribuan per orangnya. Kenapa terjangkau? Soalnya bener-bener sebanding dengan pemandangan yang bakal kita dapetin. Anyway, Curug Dago ini buka setiap hari mulai pagi sampe sore aja guys. Soalnya kalo mau malem-malem pergi ke air terjun ya serem juga ya.

curug dago

Curug Dago ini berada di ketinggian 800 mdpl dengan tinggi mencapai 12 meter. Aliran airnya lumayan deras lho guys dan berasal dari sungai Cikapundung dan Maribaya sebelum akhirnya mengalir ke Kota Bandung. Lokasinya emang agak tersembunyi soalnya ada di sekitar Bukit Dago dan masuk ke wilayah administratif Taman Hutan Raya Djuanda.

curug dago

Tentu saja, kalian bisa menikmati keindahan curug ini dan menikmati sejuknya udara khas pegunungan yang seger banget. Bener-bener bisa melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Jangan lupa pastinya untuk banyak mengabadikan momen di sekitaran curug ini.

curug dago

Fyi nih guys, dibalik keindahan Curug Dago ini ternyata juga menyimpan cerita sejarah. Konon, Raja Thailand pernah mengunjungi kawasan ini pada tahun 1818 Masehi. Hal ini dibuktikan dengan adanya 2 buah prasasti batu tulis yang merupakan bekas peninggalannya. Menurut penelitian, kedua prasasti ini adalah peninggalan dari Raja Rama V yang juga dijuluki Raja Chulalonkorn.

curug dago

Curug ini menurut aku punya daya tarik tersendiri ya guys daripada curug-curug lainnya. Selain karena keindahannya, tapi juga adanya sejarah didalamnya. Emang sih air di curug ini udah ngga sejernih dulu, tapi pemandangannya masih indah kok guys. Belakangan ini juga mulai banyak pengunjung yang berdatangan ke curug ini untuk menyaksikan keindahannya atau untuk sekedar hiking. 

curug dago

So guys, kalo kalian ada rencana pergi ke Bandung, ngga ada salahnya buat memasukkan Curug Dago ini sebagai destinasi kalian di kawasan Dago, selain wisata-wisata lainnya di Dago. Wisata alam yang berpadu dengan wisata sejarah ini emang cocok banget kalian kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan.

Video by NetsGo Project

Tips and Trick

  • Karena aksesnya yang lumayan susah, aku saranin kalian buat naik motor aja kesananya.
  • Kalian juga butuh jalan kaki untuk menuju ke curug ini, jangan lupa pake alas kaki yang nyaman.
  • Jangan lupa bawa bekal.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (7)

Comments (1)