160 views | 5 Likes

PULAKI TEMPLE

4 star (from 6 people)
Buleleng, Bali, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 25 April 2019, 08:49:50
deemuul
Sightseeing

Pesona Di ujung Pulau Bali. Tempat bertemunya sisi religi dan vacation yang menyatu bersama kearifan lokal.
Pura Agung Pulaki berdiri kokoh di atas tebing batu, menghadap ke arah pantai di belakang pura terbentang gugusan bukit terjal berbatu.

How to Get There

Teman-teman semua bisa melewati beberapa jalur untuk menuju Pura Pulaki.

Pertama, melalui Kota Singaraja, jika teman-teman dari arah Gitgit atau dari Denpasar dan dari arah Kintamani teman-teman akan melewati kota Singaraja. Akses dari kota singaraja sangat mudah menuju Pura Pulaki, dengan membawa sepeda motor teman-teman akan menempuh perjalanan selama +- 1jam sampai 1jam30menit sesuai dengan kecepatan berkendara teman-teman dari arah Kota Singaraja. Jalan lurus dan merupakam jalan nasional. Teman-teman tidak akan bosan karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan bukit, pantai dan juga suasana Buleleng yang khas. 

Kedua dari jalur Gilimanuk, teman-teman hanya menempuh jarak +-45 menit karena jaraknya yang dekat.

 

What to Do

Pura Pulaki terletak di Desa Banyu Poh, Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng sekitar 50 km dari kota Singaraja atau 1 jam perjalanan ke arah Gilimanuk. 

 

Tips and Trick

Menuju Pura Pulaki akan membawa kita pada suasana adventure yang ringan dan menyenangkan.

Cuaca di Pura Pulaki sendiri panas bersahaja. Jadi teman-teman yang tidak tahan panas bisa membawa perlengkapan yang sekiranya membantu seperti sunblok (wajibbbbbb) dan selendang layer atau kain pantai jika teman-teman ingin berjalan menyusuri pantai di sepanjang perjalanan akan teman-teman lihat dan pastinya akan selalu ingin berhenti untuk sekadar singgah. 

Di Pura Pulaki masih banyak ada Monyet yang menjadi ciri khas dari Pura Pulaki ini. Jadi untuk berjaga-jaga teman-teman harap hati-hati dan sebaiknya membawa barang yang tidak terlalu ramai dan juga aman dari sapaan hewan-hewan khas di pura ini. 

Saya sendiri sebagai warga lokal di Bali saat ke pura pulaki dan sudah cukup sering kesana tidak pernah membayar uang masuk atau tiket masuk karena sambil sembahyang juga kesini. Namun membayar uang parkir sebesar Rp 2.000 untuk turis lokal ada di seberang jalan dari pura ini tempat melapor masuk dan disana bisa menyewa kamben "kain" dan slendang agar bisa masuk berkeleliling pura. 

Selalu sedia uang kecil jika ingin berbelanja di warung-warung sepanjang pura ini,untuk memudahkan teman-teman dalam bertransaksi sebagai tips untuk berbelanja hemat. hehehehe

Untuk kamar kecil teman-teman bisa menemukannya di dekat parkiran, disini juga ada pura pabean yang letaknya didepan Pura Pulaki. 

 

Where to Stay

Di sepanjang perjalanan dari arah Singaraja teman-teman akan banyak menemukan hotel, villa, homestay dan sejenisnya karena teman-teman akan melewati kawasan Lovina.
Jika teman-teman ingin berkunjung ke beberpa tempat di sepanjang jalan menuju pura pulaki sangat disarankan. karena disana teman-teman bisa singgah ke Lovina untuk melihat dolphine di pagi hari dan juga bisa snorkeling melihat taman laut yang sangat asri dan juga cantik. teman-teman juga bisa hanya sekadar berjalan-jalan menikmati suasana pinggir pantai dan lovina yang selalu membuat rindu.

Gallery (15)

Comments (10)