79 views | 1 Likes

Desa Bayan Lombok: Desa Unik Kaya Tradisi

4 star (from 1 people)
Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 24 April 2019, 11:58:43
hennysusanti
Sightseeing

desa bayan lombok

How to Get There

Jalan-jalan ke kawasan Lombok Utara lagi nih guys. Kemarennya aku dan teman-teman udah explore salah satu desa wisata di Lombok Utara yaitu Kampung Kerujuk. Nah, kali ini aku dan temen-temen bakal explore desa wisata lagi nih di Lombok Utara, yaitu Desa Bayan.

Desa Bayan berada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Barat. Kalo kalian berangkat dari pusat kota Mataram, perjalanan yang dibutuhkan skeitar 2 jam perjalanan. Cukup lama sih dan saranku kalian yang dateng dari luar Lombok bisa sewa kendaraan dari Mataram untuk menuju ke desa ini.

 

What to Do

Desa Bayan punya luas sekitar dua ribuan hektar yang membentang dari kaki Gunung Rinjani hingga ke pantai utara. Jadi kalo kalian berencana mendaki Gunung Rinjani, kalian bisa melewati desa ini guys. Desa ini dikenal sebagai pemukiman asli Suku Sasak yang hingga saat ini masih memegang teguh adat istiadat dan tradisi leluhur. Hal ini nampak dari arsitektur mereka yang masih sangat sederhana. Meskipun mereka masih menjunjung tinggi tradisi, tapi mereka juga ngga menutup diri pada budaya modern.

desa bayan lombok

Disini kalian bisa melihat masjid tertua di Pulau Lombok yang menjadi daya tarik paling dicari oleh wisatawan. Masjid Bayan ini dibangung oleh Syeh Gaus Abdul Razak pada abad ke-16. Masjid ini berbentuk persegi dengan dinding yang terbuat dari anyaman bambu setinggi 125 cm dan berdiri diatas batu fondasi setinggi pinggang orang dewasa. Atap masjid ini bentuknya seperti meru dan diatasnya ada hiasan kayu yang berbentuk seperti mahkota. Bentuk bangunan atapnya menggambarkan pengaruh Hindu-Jawa yang datang sebelum Islam.

desa bayan lombok

desa bayan lombok

Untuk tempat wudhunya, di depan masjid di sisi utara pintu masjid ada sebuah gentong yang didudukkan dan diikat di pohon Kamboja. Lantai masjidnya pun masih terbuat dari tanah dimana didalamnya ada sebuah bedug besar yang umurnya udah tua tapi masih terjaga dengan baik. Unik banget pokoknya masjid ini.

desa bayan lombok

Tradisi lain yang masih berlaku hingga saat ini adalah menggunakan pakaian adat. Jadi, pengunjung yang datang dan mengikuti beragam kegiatan, kita diwajibkan untuk memakai pakaian mereka yang berupa ikat kepala dan songket untuk cowok. Kalo cewek, cukup menggunakan kemben dan sarung aja.

desa bayan lombok

Selain itu, di desa ini juga ada tradisi yang bernama Wetu Telu yang kalo di bahasa Indonesia artinya Waktu Tiga. Wetu Telu ini adalah praktik masyarakat Suku Sasak dalam menjalankan agama Islam. Kepercayaan ini menjelaskan bahwa segala jenis hidup di dunia ngga lepas dari tiga hal penting, yaitu Menganal, Menteluk dan Mentiuk, artinya melahirkan, bertelur dan berbiji. Hingga saat ini, filsafat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Desa Bayan.

Masyarakat Desa Bayan juga dikenal sangar ramah kepada siapa aja. Mereka akan mengundang siapapun yang ingin duduk di Berugaq rumahnya untuk ngobrol sambil mencicipi hidangan khas yang mereka sediakan. Oiya, Berugaq ini adalah bangunan terbuka yang mirip gazebo di area rumah yang digunakan untuk melakukan beragam aktivitas dengan orang selain keluarga inti.

desa bayan lombok

Perjalanan ke Desa Bayan ini cukup menyenangkan dan pastinya bisa menambah ilmu pengetahuan seputar budaya dan tradisi di desa ini. Indonesia emang kaya banget ya guys akan budayanya. Kita harus bangga dan bantu melestarikannya.

Video by Indonesia Morning Show NET

Tips and Trick

  • Jangan lupa untuk siapkan kamera yang bagus.
  • Siapkan bekal, makanan atau minuman ringan.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Ikuti peraturan yang berlaku di desa ini.

Gallery (6)

Comments (0)