189 views | 1 Likes

Wisata Bontang Kuala: Explore 3 Pulau Cantik dan Alami di Kalimantan Timur

4 star (from 1 people)
Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 23 April 2019, 11:01:51
redjo
Tourist

wisata yang ada di kalimantan timur ini memang sangat memukau, nah mau tau keindahan pulau cantik?

How to Get There

Kalo ada long weekend, rasanya diri ini bersalah banget kalo ngga dimanfaatkan untuk jalan-jalan, mengingat Indonesia sendiri cukup kaya akan pariwisatanya yang pastinya membius siapa pun. Awal bulan kemarin, saya sempat ke Pontianak dan mengunjungi Air Terjun Mananggar yang disebut-sebut sebagai Niagaranya Borneo. Minggu lalu, saya pun melakukan perjalanan yang bisa dibilang cukup dadakan karena tanpa persiapan yang matang sebelumnya menuju Pulau Segajah di Bontang.

Dari Banjarmasin, saya naik pesawat menuju Samarinda kemudian dilanjutkan dengan kendaraan pribadi dari Samarinda menuju Bontang. Kebetulan saya berangkat bareng saudara-saudara saya di Samarinda. Tapi bagi kalian yang bingung cari transportasi, kalian bisa sewa kendaraan di pusat kota Samarinda untuk menuju ke Bontang Kuala.

wisata kalimantan timur


What to Do

Bontang Kuala dikenal sebagai kampung air yang juga mendapat julukan sebagai desa nelayan. Beda dengan perkampungan nelayan lainnya yang terlihat kumuh, perkampungan nelayan disini terlihat rapi dan bersih. Pas udah sampe sana, ada beberapa perahu yang menawarkan kami buat berwisata ke pulau-pulau cantik yang ada disekitar. Padahal niat kami hanya menuju ke Pulau Segajah, tapi ternyata ada juga pulau-pulau lain yang ngga kalah cantik seperti pulau Geladi dan Pasilan. Well, kami pun langsung menyewa perahu dengan harga sekitar Rp 500.000 untuk mengunjungi 3 pulau itu.

wisata kalimantan timur

Pada pemberhentian pertama kami mengunjungi Pulau Segajah. Pulau ini bisa dibilang cukup unik lho guys, soalnya pulau ini hanya ada saat siang sampe sore hari aja atau saat air laut sedang surut. Jadi pulau ini hanya bisa dikunjungi selama beberapa jam aja. Pihak pengelola juga udah menetapkan aturan khusus untuk berkunjung ke pulau yang satu ini. Untungnya, kita sampe sana pas masih siang, panas sih tapi kapan lagi bisa menikmati keindahan Pulau Segajah ini. Ohya, pulau ini diberi nama Segajah karena bentuknya menyerupai gajah.

wisata kalimantan timur

Pulau Segajah ini punya hamparan pasir putih yang halus. Air lautnya juga jernih sampe kelihatan banyak bintang laut yang menghuni perairannya. Bahkan banyak juga kami temui ikan berwarna-warni disini. Karena udah ngga sabar, kami pun langsung menceburkan diri untuk menikmati keindahan bawah lautnya. 

wisata bontang
wisata bontang

Puas snorkeling di Pulau Segajah, kami beralih ke Pulau Geladi yang jarak tempuhnya sekitar 20 menit. Geladi disini punya arti Gelembung Laut Abadi, hal ini dikarenakan selalu muncul gelembung-gelembung kecil dari dasar laut yang berjumlah banyak. Pulau ini cocok banget dijadikan spot snorkeling ataupun diving. Perairan di pulau ini kaya akan terumbu karang yang masih sangat alami.

wisata bontang

Lanjut ke pulau yang terakhir yaitu Pulau Pasilan yang jarak tempuhnya sekitar 15 menit dari Pulau Geladi. Pulau ini dulunya tempat perusahaan minyak dan sekarang udah ngga ada lagi perusahaannya. Disini ada sebuah pos penjagaan untuk mengawasi perairan Bontang Kuala. Di dasar perairan pulau ini masih terdapat benda-benda bekas perusahaan minyak seperti pipa bekas dan besi berkarat. Disini juga ada beberapa terumbu karang buatan untuk melestarikan dan memperbanyak terumbu kawasan di kawasan ini.

wisata bontang

Perjalanan menjelajah tiga pulau ini memang jadi yang paling berkesan buat saya, apalagi karena udah lama ngga snorkeling juga. Jadi rasanya super happy bisa kembali ke laut. So, buat kalian yang doyan snorkeling atau diving, jangan lupa buat mampir ke Bontang ya guys.

Video by maria vie

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa peralatan snorkeling atau diving sendiri.
  • Bawa kamera underwater.
  • Pake sunblock.
  • Jangan rusak terumbu karang.
  • Jangan kotori pulau dan lautnya.

Gallery (7)

Comments (2)