73 views | 0 Likes

Menapaki Saksi Sejarah Pemerintahan Darurat RI di Bukittinggi

0 star (from 0 people)
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 16 April 2019, 11:05:35

Istana Bung Hatta ini dulunya bernama Gedung Tri Arga. Saat sebelum Indonesia merdeka, gedung ini digunakan untuk Residen Padangse Bovenlanden dan...

How to Get There

Masih seputaran cerita liburan di Padang, gue kemarennya udah share beberapa cerita gue selama liburan di Padang dan pergi ke dua danau kece disana, yaitu Danau Diateh dan Danau Singkarak. Lalu liburan berlanjut ke Bukittinggi untuk berwisata sejarah. Kalian pasti udah tahu dong ya kalo Bukittinggi ini punya sebuah wisata ikonik yaitu Jam Gadang. Tapi yang mau gue bahas disini adalah wisata sejarah yang lokasinya ngga jauh dari situ, yaitu Istana Bung Hatta.

Istana Bung Hatta ini berlokasi di pusat kota Bukittinggi tepatnya di Bukit Cangang Kayu Ramang. Lokasinya masih ada satu kawasan dengan Jam Gadang yang jadi ikon kota Bukittinggi, tepatnya ada di seberangnya. Jadi gampang banget kalo mau kesini, kalian bisa naik angkot ataupun taxi online menuju kesini.

What to Do

Istana Bung Hatta ini dulunya bernama Gedung Tri Arga. Saat sebelum Indonesia merdeka, gedung ini digunakan untuk Residen Padangse Bovenlanden dan Asisten Residen Agam. Sebelum kemudian sekitar tahun 1947 sampe 1948 bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Saat Belanda berhasil menduduki Kota Yogyakarta, Bukittinggi emang dijadikan sebagai kota pemerintah darurat Republik Indonesia dan Istana Bung Hatta ini adalah salah satu basis Pemerintah Indonesia. Bangunan ini juga pernah menjadi tempat tinggal Bung Hatta pada masa-masa revolusi. Disini juga beliau memimpin perjuangan pemerintah dan rakyat di wilayah Sumatera Barat khususnya. 

Saat ini Istana Bung Hatta ini udah direnov soalnya saat Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948, saat Soekarno, Mohammad Hatta dan Sjahir, bangunan ini dibakar bersamaan dengan bangunan lainnya di Bukittinggi. Sekitar tahun 1961, bangunan ini mulai direhab dan mulai banyak perubahan di dalamnya. Meskipun arsitekturnya masih berciri khas Belanda, tapi beberapa bangunan di dalamnya ada yang dirubah. Misalnya ada bagian ruangan terbuka yang dulunya dipake jadi taman, sekarang ditutup dengan membuatkan atap joglo.

Kemudian kamar-kamarnya pun ditambah, dari yang dulunya hanya ada 8 kamar, sekarang udah ada 12 kamar. Atap bangunannya juga tebuat dari atap sirap, sementara di halaman depannya ada koridor yang disanggar oleh pilar-pilar besar. Bener-bener mirip istana guys.

Nah buat kalian yang demen banget sama wisata sejarah, wajib banget nih mampir ke Istana Bung Hatta ini. Kalian bisa foto-foto didepannya dimana ada patung Bung Hatta yang tersenyum ramah menyambut seluruh pengunjung yang datang. Atau kalo kalian mau masuk ke dalam, kalian juga bisa langsung masuk tapi harus ijin dulu ya sama penjaganya. 

Istana Bung Hatta ini cocok banget buat kalian yang suka foto-foto cantik, pasalnya bangunan istana ini cukup unik dan menarik jadi bisa background foto yang keren buat feed kalian. Selain berkunjung ke istana ini, kalian juga bisa foto-foto di sekitaran Jam Gadang. Jadi biar pada tahu ya kalo emang beneran liburan ke Bukittinggi. Soalnya gue biasanya emang suka foto di landmark kota biar ada kenangannya gitu kalo udah pernah kesini. Hahaha..

So, guys kalo kalian main ke Bukittinggi, jangan lupa mampir ke Istana Bung Hatta ya. 

Tips and Trick

  • Istana Bunga Hatta buka setiap hari mulai jam 08.00 - 17.00.
  • Kalo kalian datengnya dari luar kota, biar bisa keliling-keliling, gue saranin buat sewa kendaraan dari pusat kota Padang.
  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus.
  • Jangan kotori setiap tempat yang kalian kunjungi.
  • Sempatkan untuk menjelajah wisata alam di sekitar Padang dan Bukittinggi.

 

Gallery (5)

Comments (2)