88 views | 1 Likes

Air Terjun Kali Pancur: Jalanannya Serasa Anak Alam Banget!

4 star (from 1 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 12 April 2019, 14:33:43
Leah
Sightseeing

Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam an bener bener nggak kerasa capenya, justru seru kalo dateng bareng temen gini. Setelah tiba, kami langsung...

How to Get There

Holaa, setelah main ke Yogyakarta, gue nggak mau ketinggalan momen untuk mampir ke Semarang. Biasa, Semarang emang selalu bikin gue gagal moveon wkwk. Kali ini main dulu deh di Semarang, tapi nggak sama keluarga kayak kemaren ya. Sama temen kecil kali ini. Acaranya bener bener dadakan tapi untungnya nggak wacana sih. 

Gue dan temen temen berangkat dengan menggunakan kendaraan roda 2, maklum traveler sejati haha. Kali ini kami bakal menuju ke Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sangat disarankan pake kendaraan pribadi nih guys kalo kesini, karena kayaknya bakal susah cari kendaraan umum, mengingat jalanannya yang bisa dibilang cukup pelosok. 

Oh iya, kami berangkat nekat dengan menggunakan bantuan mbah google aja. Sebenernya satu dari temen gue udah ada yang pernah kesini tapi katanya lupa jalan wkwk. Dengan mengikuti araan mbah google dan arahan penunjuk jalan, syukurnya kami sampe di lokasi tanpa nyasar.

Btw aku belum ngomong ya mau kemana haha, jadi tujuan kemaren pas di Semarang adalah menuju ke Air Terjun Kali Pancur. Perjalanannya seru banget guys. Pemandangan yang sejuk dan asri gini mungkin bakal susah ditemui di Jakarta. Ah rasanya pengen pindah rumah kesini wkwk. 

What to Do

Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam an bener bener nggak kerasa capenya, justru seru kalo dateng bareng temen gini. Setelah tiba, kami langsung parkir di tempat yang tersedia. Nggak langsung ketemu sama air terjun kami harus jalan kaki dulu sejauh kurang lebih 1 kilometer. Jalanannya cukup sulit dilalui, kalo musim hujan gini nambah deh tantangannya yakni licin. Yap pengunjung kudu hati hati banget ya. Persiapan tubuh dan kondisi yang fit juga sangat diperlukan guys. 

Untuk biaya parkir tadi, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 2000,- saja untuk motor dan Rp 5000,- untuk mobil. Sedangkan untuk tiket masuk hanya dibandrol Rp 3000,- aja per orang. Murah kaliii wkwk. Kalau dilihat sekilas, lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur udah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari awal yakni tempat parkir kendaraan yang luas dan tertata, kemudian adanya warung makanan dan minuman serta fasilitas toilet juga menambah kelengkapan fasilitas di Air Terjun Kali Pancur. 

Nggak terasa jalan sambil ngobrol dan nikmati pemandangan, eh sampai juga di Air Terjun Kali Pancur. Waduh, udah gak kuat nih gue sama suasana yang sekeren ini. Pemandangan indah ditambah dengan suara gemercik air dan udara yang menusuk bikin gue seneng banget sih jujur. Seketika ngerasa jadi anak alam, padahal cuma main ke Air Terjun lo wkwk. #kurangexplore banget ya gue. 

Karena gue kemaren dateng di musim hujan, jadi debit air yang mengalir sangat deras, dan airnya berwarna kecoklatan. Mungkin kalau musim kemarau bisajadi air yang jatuh cenderung berwarna bening ya. Karena lokasi Air Terjun Kali Pancur yang berada di perbukitan atau pegunungan gitu, jadi rawan banget turun kabut. Kalo udah turun mah dinginnya sampe ke tulang. Dingin banget. Buat kalian yang nggak betah an sama dingin, kalian bisa bawa jaket atau yang lainnya ya. 

Banyak yang bilang kalau wisata yang satu ini memiliki keindahan yang jarang ditemukan di air terjun lain. Tempatnya yang bersih dan masih alami bikin orang orang seneng buat main ke wisata alam Air Terjun Kali Pancur. Karena minimnya tempat sampah disini, bukan berarti kalian bisa membuang sampah sembarangan ya guys. Bawa balik sampahnya, atau masukin tas sampe nemu tempat sampah. Sayangi bumi guys, apalagi wisata yang cantik kayak Air Terjun Kali Pancur, wajib dijaga sob!

Puas menikmati wisata alamnya, saatnya nyebur. Yak, gaada larangan buat main air ataupun berenang disini. Yang penting tetap waspada dan hati hati. Jangan lupa, abadikan keindahan Air Terjun Kali Pancur dengan jepretanmu!

Tips and Trick

  • Jangan lupa siapkan baju ganti
  • Pastikan kondisi tubuh fit untuk melakukan perjalanan
  • Gue rekomendasiin pake kendaraan pribadi

https://www.youtube.com/watch?v=e8BWXusky04

Gallery (4)

Comments (1)