91 views | 0 Likes

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

5 star (from 1 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 10 April 2019, 12:29:34
gizeline
Tourist

Pas pertama masuk ke kawasan klenteng ini, aku langsung merasa kayak lagi ada di Tiongkok soalnya semuanya serba merah dan bangunan-bangunannya penuh...

How to Get There

Throwback ke liburan beberapa bulan lalu nih guys, soalnya udah lama juga ngga liburan, maklum lagi musim hujan. Hehehe.. Anyway, beberapa bulan lalu aku pergi ke Semarang dan sempet pergi ke beberapa wisatanya seperti Pantai Marina dan Ungaran. Selain itu, aku juga sempet pergi ke wisata Semarang yang cukup ikonik yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Nah, kebetulan karena waktu itu aku berangkatnya pagi-pagi banget, jadi belum sempet sarapan. Untungnya di depan Klenteng ada penjual Mie Kopyok khas Semarang yang rasanya enak.

Fyi guys, selama di Semarang kemaren aku stay di Front One Hotel yang ada di Jalan Raya Walisongo no 421, Semarang dan untuk menuju ke Klenteng Sam Poo Kong yang ada di Jalan Simongan no 129 aku naik grab car. Jaraknya sih ngga jauh-jauh banget guys, sekitar 4 kilo meter dari tempat aku nginep. 

Masuk ke Klenteng ini, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tiket yang menurutku cukup terjangkau sih.

What to Do

Pas pertama masuk ke kawasan klenteng ini, aku langsung merasa kayak lagi ada di Tiongkok soalnya semuanya serba merah dan bangunan-bangunannya penuh ornamen khas negeri tirai bambu tersebut. Keren banget guys, bener-bener bisa jadi spot foto yang instagramable.

Sedikit cerita, klenteng ini adalah bekas tempat persinggahan dan tempat pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng Ho atau sering disebut sebagai Cheng Ho. Tempat ini sering juga disebut sebagai Gedung Batu soalnya punya bentuknya mirip Gua Batu besar yang ada di sebuah bukit batu. Sekarang, tempat ini dijadikan sebagai tempat peringatan dan tempat sembahyang juga berziarah.

Komplek Klenteng ini terdiri dari beberapa anjungan yaitu Klenteng Besar serta gua Sam Poo Kong, terus juga ada Klenteng ThoTee Kong dan ada empat tempat yang digunakan sebagai tempat memuja. Gaya dan bagunan di klenteng ini memang bernuansa Tiongkok, terlihat dari cat merah yang dominan. Apalagi ada beragam ornamen dan fasilitas yang ditambahkan oleh warga Kong Hu Cu yang tinggal di daerah ini untuk keperluan sembahyang.

Sayangnya, kemaren aku ngga bisa masuk ke semua klenteng itu soalnya emang lagi dipake ibadah. Jadi hanya bisa melihat dan berfoto di area luar klenteng aja, hal ini dikarenakan bisa ngga ganggu umat yang sedang beribadah di dalam klenteng.

Trus bisa ngapain dong disini? Seperti yang udah aku sebutin diatas, kawasan Klenteng Sam Poo Kong ini punya banyak spot instagramable yang bakal membuat hasil fotomu seolah-olah lagi ada Tiongkok. Disini juga udah ada tanda yang berbentuk lingkaran di permukaan tanah buat titik pengambilan gambarnya. Kalian tinggal siapkan kamera yang bagus aja.

Hal lain yang bisa kalian lakukan disini adalah foto-foto pake kostum khas Tiongkok. Di loket utama kalian bakal nemuin tempat persewaan kostum khas Tiongkok yaitu Cheongsam dengan harga mulai dari Rp 100.000 udah lengkap dengan jasa fotografernya. Lagi-lagi, sayang sekali kemaren aku ngga sempet cobain soalnya antri banget dan aku harus buru-buru berangkat menuju Salatiga.

Youtube by CNN Indonesia

Jadi guys, kalo kalian lagi liburan di Semarang jangan lupa buat mampir ke Klenteng Sam Poo Kong ini ya. Karena selain bisa foto-foto, kalian juga bisa belajar sejarah disini. Happy Traveling!



Tips and Trick

  • Klenteng ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 20.00.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan.
  • Jangan mengganggu kegiatan sembahyang.

Gallery (8)

Comments (0)