112 views | 1 Likes

Spot Foto dengan Latar Keindahan Alam di Wisata Goa Pinus Batu

4 star (from 1 people)
Batu, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 06 April 2019, 07:46:04
illaariyanti
Sightseeing

Sudah ada yang pernah ke Goa Pinus Batu belum?. Wisata yang satu ini sangat cocok untuk tempat santai dan melepas penat. Nama Goa Pinus sendiri karena disana terdapat goa yang dikelilingi hutan pinus.

How to Get There

Kota Batu terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang setiap hari khususnya akhir pekan banyak dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan wisatawan asing. Kota Batu yang letaknya dikelilingi perbukitan dan pegunungan ini memang sangat cocok dijadikan tempat liburan karena udaranya yang sejuk.

Nah, kali ini saya mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Kota Batu, yaitu Goa Pinus. Wisata yang cukup terkenal di kalangan anak muda ini masih satu lokasi dengan kawasan Wisata Paralayang Gunung Banyak dan Taman kelinci, jika mencari wisata ini di media sosial pasti kalian tidak akan sulit menemukan karena banyak yang menampilkan foto mereka saat disana. Goa Pinus ini terletak di Kawasan Pujon, Gg Mbah Ba'i, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Dari pusat Kota Batu ke tempat wisata jaraknya sekitar 25 menit atau 10 menit perjalanan. Banyak petunjuk arah/palang ke wisata Goa Pinus, atau jika masih bingung bisa juga melihat google maps dan bertanya ke warga sekitar untuk lebih jelasnya. Jika kalian ingin kesana saya sarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena masih belum ada kendaraan umum/angkutan yang menuju ke sana. Akses menuju ke Goa Pinus sudah cukup nyaman dilalui karena sudah 90% beraspal, hanya di beberapa bagian saja yang rusak sehingga harus berhati-hati.

 













What to Do

Goa Pinus ini dulunya adalah goa bekas galian penambangan pasir yang sudah lama ditinggalkan dan kini diubah menjadi tempat wisata yang cukup populer. Goa yang ada di sana tidak seperti goa-goa yang lain, ukurannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1 meter, jadi harus membungkuk jika ingin masuk goa.

Tiket masuk ke Goa Pinus yaitu Rp 5.000/orang dan tiket parkirnya juga Rp 5.000/kendaraan, buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB. Pemandangan alam pegunungannya yang memukau dan rimbunnya pohon-pohon pinus serta udaranya yang sejuk membuat tempat wisata ini cocok untuk refreshing dan melepas segala penat.

Saat masuk pertama ke Goa Pinus, saya langsung disambut oleh pos kayu yang unik, pos kayu ini terbuat dari batang-batang kayu pinus yang dibentuk meruncing dan disusun hingga membentuk lingkaran yang mirip seperti mulut goa.

goa pinus batu

Selain pos kayu unik, masih banyak spot foto unik dan keren lainnya dengan latar pemandangan alam hutan pinus yang memanjakan mata. Seperti beberapa tempat istirahat, sebut saja joglo. Joglo ini didesain unik, berbahan dasar kayu dan atapanya yang terbuat dari jerami yang dikeringkan yang gunanya untuk tempat duduk, tapi bisa juga digunakan untuk foto-foto. Letaknya di tebing Goa Pinus, dari atas joglo saya dapat melihat keindahan panorama pedesaan dari ketinggian.

goa pinus batu

Ada juga gardu pandang yang sangat menarik dijadikan spot foto, selain untuk berfoto, dari gardu pandang ini saya juga bisa melihat indahnya Gunung Arjuno, perbukitan, sawah, rimbunnya hutan pinus, serta menikmati udara segar dan sepoi-sepoi angin. 

goa pinus batu

goa pinus batu

Spot foto lainnya yang tak kalah menarik juga banyak seperti perahu melayang, gazebo akar, sangkar lingkaran dan masih banyak lagi yang lainnya. Fasilitas yang disediakan antara lain area parkir, warung dan toilet. Karena masih dikembangkan, akan ada tambahan fasilitas lain ke depannya.

 

Tips and Trick

1. Jagalah kebersihan tempat wisata

2. Gunakan alas kaki yang nyaman dan santai

3. Datanglah saat pagi hari, karena udara masih sangat sejuk dan segar

4. Siapkan kendaraan dengan baik karena jalanan yang dilalui cukup berkelok-kelok dan naik turun

5. Tidak banyak warung disekitar tempat wisata, disarankan untuk membawa bekal secukupnya

6. Bawa kamera /HP, bawa juga perlengkapan foto seperti tongsis dan tripod bila diperlukan

Where to Stay

Bagi yang ingin menginap tidak perlu bingung dan khawatir, karena disekitar tempat wisata Goa Pinus banyak terdapat penginapan seperti villa, hotel dan homestay dengan harga yang dapat disesuaikan dengan budget kita.

Gallery (4)

Comments (1)