84 views | 1 Likes

Mampir di Air Terjun Dengdeng, Sekeren Itu Ternyata!

4 star (from 1 people)
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 05 April 2019, 14:29:04
mummyz
Tourist

Kalau mengunjungi tempat keren tuh perjuangannya harus ekstra juga ya hihi. Untuk menuju ke Air Terjun Dengdeng, perjuangan nggak berhenti disitu....

How to Get There

Pernah dengar nama Air Terjun Dengdeng? Atau malah amsih asing sama namanya? Selain disebut Air Terjun Dengdeng, wisata ini juga disebut Curug Dengdeng. Masih ada di Jawa kok tenang saja. Wisata Air Terjun Dengdeng berlokasi di derah Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Air Terjun Dengdeng memliki lokasi yang deket sama pantai, nggak heran kalo emang untuk menuju kesini butuh perjuangan yang cukup ekstra ya. Dari pusat Tasikmalaya Jawa Barat, kami membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di Air Terjun Dengdeng. Jarak tempuhnya sekiat 50 kilometer. 

jalanan yang dilalui cukup mulus dan mudah banget treknya. Tapi kalo beberapa kilometer mendekati lokasi wisata Air Terjun Dengdeng, kalian jangan kaget dengan kondisi jalannya ya. Jalanannya masih bentuk makadam dari bebatuan gitu. Di sepanjang jalan, pengunjung akan menikmati rindangnya pepohonan di kanan kiri jalan. Kalau kalian kesusahan nyari lokasinya, bisa tanya ke warga setempat ya, biar ga nyasar hehe. Meskipun di jalan cukup lama, tapi dijamin ga akan bosen dah dengan pemandangan dan suasana yang asik.

Youtube : Agus Buldan

What to Do

Kalau mengunjungi tempat keren tuh perjuangannya harus ekstra juga ya hihi. Untuk menuju ke Air Terjun Dengdeng, perjuangan nggak berhenti disitu. Saat tiba di kawasan wisata, kalian bisa memarkirkan kendaraan di rumah warga, nitip gitu ya maksudnya. Warga kawasan Air Terjun Dengdeng semuanya ramah dan murah senyum banget. Itu juga jadi nilai lebih sih untuk kawasan ini. Karena pensaran, iseg aja nyeletuk ke ibuknya "air terjunnya masih jauh bu?" "lumayan nak, jalan kaki ke arah sana ya". Wehehe oke, petualangan dimulai! 

Dari rumah warga atau kampung, kami masih harus jalan kaki melewati hutan dan sungai sungai. Oh iya, ada anak anak yang menawarkan diri sebagai pemandu jalan. Boleh lah, akhirnya kami menggunakan jasa anak anak warga setempat. Anak anak ini begitu menjaga lingkungan, baik dari sampah maupun menjaga kelestariannya. Kalian jangan sampe kalah sama mereka ya!

30 menit sudah kami jalan kaki menuju lokasi Air Terjun Dengdeng. Wah bener bener kagum pas udah nyampe lokasinya. Air Terjun Dengdeng memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Nggak sia sia deh capek jalan kaki tadi haha. Kalau ditanya soal rame atau enggaknya, standard ya. Rame tapi pengunjung tetep bisa menikmati keindahan Air Terjun Dengdeng dengan puas kok. 

Buat kalian yang mau main air, jangan lupa bawa baju ganti dari rumah ya. Siapa sih yang nggak tergoda kalau liat aliran airnya yang jernih banget? Air Terjun Dengdeng terdiri dari beberapa undakan yang tentunya bisa kalian nikmati semua. Anak anak yang jadi pemandu akan lebih paham jalan yang harsu dilalui dan jalan yang aman atau bahaya untuk dilalui. 

kalau cuaca lagi bagus dan kondisi tubuh fit, nggak ada salahnya kalian nyobain sampe ke dasar Air Terjun Dengdeng. Suasananya yang tenang asli bikin males pulang. Suara gemercik airnya tuh emang nenagin banget. Apalagi lokasinya yang seakan berada di tengah hutan. Cocok banget buat kalian yang pengen melepas penat, Air Terjun Dengdeng bisa jadi tujuan. 

Karena pemandangan yang bagus dan sangat fotogenic, Air Terjun Dengdeng banyak diburu oleh wisatawan sebagai spot foto keren. Oleh karena itu jangan lupa bawa camera kesayangan kalian ya kalau main ke Air Terjun Dengdeng. Lumayan kan bisa bawa oleh oleh foto pas pulang hehe. 

Tips and Trick

  1. Gunakan pakaian yang nyaman
  2. Jangan lupa bawa camera
  3. Siapkan kondisi tubuh yg fit dan kendaraan yg memadai
  4. Ramah dan sopan santun kpd warga setempat
  5. Jangan buang sampah sembarangan
  6. Lestarikan wisata Indonesia

Gallery (4)

Comments (1)