96 views | 1 Likes

Pulau Dodola, Morotai

4 star (from 1 people)
Pulau Morotai, Maluku Utara, Indonesia
Category: Menjelajah Pantai

Posted on 05 April 2019, 13:46:09
Ai_doang
Sightseeing

Morotai merupakan salah satu pulau terluar Indonenesia yang berada di Provinsi Maluku Utara dan merupakan saksi sejarah Perang Dunia II. Selain itu Pulau Morotai menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa mulai dari keindahan bawah lautnya hingga kei

How to Get There

Untuk menuju Pulau Morotai sebelum menuju ke Kota Ternate, karena kota ini merupakan pintu masuk menuju daerah - daerah yang ada di Provinsi Maluku Utara.



Dari Kota Ternate ke Pulau Morotai dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi, baik transportasi laut maupun udara.

1. Tranportasi Udara.

Hampir setiap hari terbang dari Bandara Sultan Babullah Ternate ke Bandara Pitu Pulau Morotai selaluaada, dengan jadwal penerbangan pukul 08.55 dan tiba pukul 09.40. Tarif pindah-pindah Rp. 350.000 - Rp. 500.000.

2. Transportasi Laut.

Untuk menggunakan transportasi terlebih dahulu menuju Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Ada dua kapak yang reguler yang malayani rute Kota Ternate dan Morotai, yaitu KM. RATU MARIA dengan jadwal penerimaan pukul 17.00 WIT dan KM. GEOFANI berangkat pukul 20.00 WIT dengan waktu tiba di Pelabuhan Daruba, Morotai sekitar pukul 06.00 WIT. Tarif tiket kapak sebesar Rp. 170.000 dengan satu tiket mendapatkan 1 tempat tidur, atau bisa menggunakan kamar sendiri (kamar ac untuk 2 orang) dengan tariftarif Rp. 300.000 (Luar harga tiket).

3. Via Halmahera.

Untuk menuju Pulau Morotai via Halmahera terlebih dahulu harus menuju ke kapal speedboat yang ada di Kota Baru, kemudian dilanjutakan menuju Kota Sofifi (Ibu Kota Provinsi Maluku Utara) dengan menggunakan speedboat (tiket Rp. 50.000), atau dapat juga dikirim ke kapal feri di Bastiong kemudian melanjutkan ke Kota Sofifi dengan menggunakan kapal feri (tiket Rp. 20.000) dan jadwal speedboat atau kapal feri Selanjutnya Dari Sofifi naik angkutan Darat / Mobil umum menuju Kota Tobelo, Halmahera Utara dengan waktu tempuh 4 jam (tarif Rp 90.000) menggunakan carteran (tarif Negonya Rp.500.000) dengan jadwal setiap jam. Selanjutnya menuju ke Pulau Morotai dengan menggunakan Speeadboat (tiket Rp. 100.000) melalui feriferry (tiket Rp. 30.000). 




What to Do

Selama di Pulau Morotai kita bisa menjelajahi jejak sejarah peninggalan Perang Dunia II juga menikmati keindahan alamnya. Salah satu keindahan alam yang dapat dinikmati adala keindahan pulau - pulau kecil yang berda di sekitaran Pulau Morotai, sebut saja Pulau Dodola kecil dan dodola besar, Pulau Zum - zum Mac. Arthur, Pulau Kolorai dan lain -lain.

1. Pulau Dodola 



Pulau dodola terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Dodola besar dan kecil. Panorama pasir timbul yang dikeluarkan pulau ini akan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung ke sini. Selain panorama pasir timbul kita juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang sangat luar biasa di sisi selatan Pulau dodola kecil.

2. Pulau Zum - zum (Mack. Arthur)


Pulau ini merupakan saksi sejarah seorang Jendral sekutu yaitu Jendral Mack. Arthur yang bersembunyi karena dikejar oleh Tentara Jepang. Selain merupakan tempat bersejarah pulau ini, kendi menyimpan keindahan bawah laut yang sangat luar bias.

2. Pulau Kolorai



Pulau ini berada di antara Pulau Zum - zum dan Pulau Dodola, jadi mulai salah satu pulau yang benar-benar dikunjungi untuk dibelu oleh - oleh olahan ikan. Pulau Koloraipun menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa jadi sayang jika dilewatkan.

Tips and Trick

Untuk pulau hopping bisa menggunakan speedboat di kapal speedboat Daruba dengan tarif Rp. 800.000 - Rp. 1.500.000 tergantung lama durasi penyimpanannya. Kapasitas Speedboat untuk 20 orang.

Jika hopping island hanya berdua atau sendiri dan harga speedboat terasa agak mahal, bisa sewa perahu dengan tarif Rp. 300.000 - Rp. 500.000

Untuk ke pulau Dodola atau menginap di Pulau dodola dibawa membawa bekal makanan yang cukup, karena tidak ada warung makanan di sini, hanya ada ibu yang menjualan kopi atau pop mie.

Untuk menikmati pulau seakan milik pribadi senang datang jangan saat akhir pekan.

Where to Stay

Villa yang ada di pulau dodola

Gallery (5)

Comments (2)