91 views | 1 Likes

Pesona Curug Ciastana: Curug di Cianjur ini Punya Dua Kolam Alami yang Indah

3 star (from 1 people)
Cianjur, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 05 April 2019, 11:05:52
sandal
Tourist

Cinjur ternyata memiliki keindahan Curug Ciastana yang mempesona.

How to Get There

Cianjur adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang punya banyak sekali potensi wisata. Beberapa waktu lalu aku sempet buat jalan-jalan ke satu-satunya candi yang ada di Cianjur, yaitu Candi Tridarma. Karena udah lama ngga main ke curug (air terjun), aku pun mutusin buat explore salah satu air terjun yang ada di Cianjur ini, yaitu Air Terjun Ciastana.

Aku mengunjungi curug ini karena direkomendasiin sama salah seorang temen yang baru aja pulang dari sini dan bilang kalo curugnya keren banget. Aku pun langsung berangkat bareng sahabat aku naik motor dari rumah.

Curug ini lokasinya ada di Jalan Curug Ciastana, tepatnya di Desa Bojongkasih. Lokasinya sih ngga jauh-jauh banget dari pusat kota Cianjur, jaraknya sekitar 40 km aja. Tapi jalanannya kecil banget guys dan berliku, kira-kira kalo kesana butuh waktu 1-2 jam perjalanan. Rute yang kami tempuh emang agak rumit guys dan jalannya kecil jadi cuma bisa dilewati oleh motor. Selain itu medannya juga lumayan susah soalnya jalannya berbatu dan penuh liku. Bener-bener penuh tantanganlah perjalanan kali ini.

What to Do

Bisa dibilang Air Terjun Ciastana ini cukup unik. Meskipun lokasinya terpencil, kami bener-bener ngga merasa menyesal udah dateng kesini. Istimewanya lagi, wisata ini masih belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat jadi masih asri, alami dan yang paling penting adalah sepi. Jadi kita bisa berlama-lama disini untuk menikmati suasananya yang tenang tanpa diganggu banyak orang.

air terjun di cianjur

Untuk memasuki curug ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan tiket masuk. Kalian cukup bayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 aja per motornya. Harga yang cukup terjangkau sih ini menurut kami jika dibandingkan dengan pemandangan air terjun yang menawan ini. 

Curug Ciastana ini punya ketinggian tebing air terjun setinggi 50 meter dengan aliran air yang lumayan deras. Aliran airnya bisa kalian manfaatkan untuk pijatan alami dipunggung ataupun pundah. Bener-bener bisa langsung menghilangkan penat dan lelah selama perjalanan tadi. Penamaan Astana sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti makam. Memang sih ngga jauh dari curug ini ada area pemakaman warganya, tapi tenang aja kok guys, namanya ngga seseram itu, justru lokasinya sangat indah.

air terjun di cianjur

Curug ini punya dua air terjun. Dibawah air terjun utama tadi ada sebuah air terjun mini yang bentuknya cukup lebar, mirip seperti sebuah tirai yang panjang, kemudian dibawahnya ada kolam alami yang cocok banget buat bermain air. Air di kolam alami ini pun terasa sangat segar dan bener-bener dingin, khas air pegunungan gitu guys. Disekeliling curug ini dipenuhi oleh pemandangan hijau yang bener-bener menyejukkan mata.

curug ciastana

Meskipun Curug Ciastana ini udah dapat perhatian dari pemerintah setempat, tapi masih belum ada fasilitas yang memadai lho guys. Untungnya kami kemaren udah jaga-jaga untuk bawa bekal dari rumah karena memang belum ada warung penjual makanan disekitar sini. 

curug ciastana

Setelah lelah bermain air dan foto-foto, kami pun segera menikmati bekal yang kami bawa dari rumah tadi sambil bersantai dan mengeringkan badan dengan handuk. Main air disini emang bener-bener bikin lapar guys. 

Aku sih rekomen banget buat kalian yang suka petualangan buat mengunjungi wisata Curug Ciastana ini. Tempatnya yang masih asri dan alami bener-bener bisa menghilangkan penat akan pekerjaan lho guys.

Video by Cep Kurnia Salim

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan roda dua dan pastikan keadaan motornya bagus.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Bawa action cam.
  • Bawa bekal.
  • Bawa baju ganti.
  • Jangan kotori air disini atau buang sampah sembarangan.

Gallery (4)

Comments (1)