115 views | 1 Likes

Pesona Danau Diateh: Pemandangan dan Suasananya Ala Eropa Banget

4 star (from 1 people)
Solok, Sumatera Barat, Indonesia
Category: lake

Posted on 04 April 2019, 12:06:44

Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa cukup di Danau dianteh kalian bisa menikmati indah nya pesona danau seperti di eropa

How to Get There

Well, masih seputaran liburan gue di Padang nih guys. Kemarennya gue udah share pengalaman gue pergi ke Danau Singkarak yang indahnya kebangetan ini. Masih di Solok nih guys, ternyata ada danau yang ngga kalah keren dari Danau Singkarak ini yaitu Danau Diateh. Wah, Sumatera Barat emang kaya akan danau yang indah ya guys.

Danau Diateh ini lokasinya ada di pinggir jalan lintas Sumatera Barat - Muaralabuh. Kalo dari kota Padang aksesnya ngga terlalu susah kok. Kalian tinggal menuju ke arah selatan dan akan melewati Pabrik semen terbesar dan tertua di Indonesia, yaitu PT Semen Padang. Nah, jalanan dari pabrik ini mulai nanjak guys sampe kawasan Sitinjau Laut. Kawasan Sitinjau Laut ini emang cukup ekstrim jalannya guys, tanjakannya tajam dengan bukit dan jurang di sisinya. Apalagi kalo sore hari, jalanan ini berkabut. Jadi harus extra hati-hati kalo nyetir disini guys. Tapi, kalo pas lagi ngga berkabut kalian bisa menikmati indahnya panorama kota Padang dari ketinggian.

What to Do

Danau Diateh ini ternyata punya kembaran lho guys, yaitu Danau Dibawah. Kedua danau ini kerap juga disebut sebagai Danau Kembar yang lokasinya juga cukup berdekatan karena hanya dipisahkan oleh bukit, jaraknya sekitar 2 kilo meteran. Danau Diateh berarti Diatas dan Danau Dibawah lokasinya ada dibawahnya. Danau Diateh ini memiliki ketinggian sekitar 1531 mdpl sedangkan Danau Dibawah tingginya hanya 1462 mdpl. 

wisata di sumatera baratwisata di sumatera barat

Lokasi Kedua danau ini ada di kawasan Bukit Barisan dengan iklim yang basah dan cenderung punya curah hujan tinggi. Ngga heran kalo udara di wilayah ini sejuk banget, bahkan cenderung dingin sih menurut gue soalnya suhunya sampe 14-16 derajat celcius. Kawasan di sekitar Danau ini dikelilingi oleh lahan pertanian hortikultura sayuran dan buah-buahan. Jadi ngga usah heran kalo disekitar pekarangan penduduk terlihat hamparan perkebunan.

wisata di sumatera barat

Danau Kembar ini dikelilingi oleh bukit dan pegunungan yang pastinya cocok banget buat kalian yang hobi hiking atau camping. Udaranya seger banget dan pastinya bebas polusi. Perjalanan menuju bukitnya pun bener-bener memanjakan mata, soalnya kalian bakal disuguhi pemandangan perkebunan teh yang hijau membentang.

wisata di sumatera barat
Untuk menikmati Danau Diateh, pemerintah setempat udah membangun villa-villa cantik di pinggir danau yang juga dikelilingi oleh hutan pinus. Kalian bisa bejalanan di pinggiran danau buat foto-foto atau sekedar bersantai sambil menikmati keindahan danau. Ohya, kalian juga bisa menikmatinya dengan naik perahu motor untuk mengelilingi Danau Diateh ini. Keren banget pemandangannya.

wisata di sumatera barat

Danau Dibawah juga punya pemandangan yang ngga kalah keren lho guys. Spot yang gue kunjungi untuk menikmati danau ini adalah sebuah bukit yang memisahkan kedua danau ini. Dari bukit ini Danau Diateh juga terlihat cukup jelas. Disini ada beberapa sarana wisata seperti gazebo dan tempat duduk untuk bersantai. Dari atas sini pemandangannya super keren guys, bener-bener kayak lagi diluar negeri lah pokoknya. 

wisata di sumatera barat

Beda dengan Danau Diateh, Danau Dibawah ini ngga boleh dilewati perahu motor soalnya kedalamannya mencapai 300 meter yang cukup membahayakan bagi penumpang. Sedangkan Danau Diateh kedalamannya cuma 47 meter aja, jadi masih aman-aman aja guys.

Disepanjang danau ini juga kalian bakal nemuin banyak banget pedagang buah-buahan khas daerah sini, yaitu markisa. Kalian bisa membelinya buat oleh-oleh keluarga di rumah guys, soalnya markisa di daerah sini cukup khas.

Video by Tulus Setiawan

Tips and Trick

Gimana nih? Pastinya pengen banget dong buat berkunjung ke Danau Diateh dan Danau Dibawah ini? Buat kalian yang mau kesana, gue ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan nih:

  • Bawa uang cash yang cukup.
  • Usahakan untuk menginap di villa sekitaran danau ini biar bisa berlama-lama.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jangan kotori danau ini dengan buang sampah sembarangan.
  • Kalo kalian perginya rame-rame, kalian bisa sewa mobil di pusat kota Padang untuk menuju ke kawasan danau ini.

Gallery (6)

Comments (2)